Filosofi Kopi 2 dan Film-Film Indonesia dengan Selipan Makanan Tradisional yang Bikin Lapar

Photo credit: IndonesiaShow

Filosofi Kopi 2 dan Film-Film Indonesia dengan Selipan Makanan Tradisional yang Bikin Lapar

568
Seperti Filosofi Kopi 2, film-film yang mengeksplorasi kuliner ini secara tidak langsung menjadi tontonan yang meningkatkan kecintaan warga pada negeri sendiri serta ajang promosi budaya lokal ke dunia internasional.

Ben dan Jodi datang lagi! Dua bersahabat ini sudah bisa kamu temui kembali di bioskop-bioskop kesayangan dalam film Filosofi Kopi 2 yang disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko. Berdasarkan trailer filmnya, kamu akan tahu bahwa Ben dan Jody kedatangan teman baru. Mereka adalah Tarra yang diperankan oleh Luna Maya dan Brie yang diperankan oleh Nadine Alexandra. Tonton trailernya di bawah ini, yuk!


Courtesy: Visinema Pictures

Antusias penonton pada film yang dibintangi oleh Chicco Jerikho dan Rio Dewanto ini tak lain dan tak bukan karena temanya yang sangat familiar dengan rakyat Indonesia yaitu kopi. Mulai dari warung-warung di pinggir jalan dengan display sederhana sampai kafe-kafe di tengah kota besar yang ditata dengan dekorasi kekinian, racikan kopi selalu diminati banyak orang. Kopi memang bisa dibilang sebagai jati diri bangsa ini. Ia menjadi komoditi ekspor dan selalu menemani hari-hari warga dari berbagai kalangan, tua muda, laki-laki perempuan, udik, borjuis, millenial, semuanya.

Seperti Filosofi Kopi 2, film-film yang juga mengekplorasi kearifan lokal dengan menyelipkan keragaman kuliner Indonesia ini secara tidak langsung menjadi tontonan yang meningkatkan kecintaan warga pada negeri sendiri. Bersama Filosofi Kopi 2, film-film ini juga bisa jadi ajang promosi budaya lokal ke dunia internasional.


1. Filosofi Kopi (2015)

Photo credit: BookMyShow

Tentu tidak ada Filosofi Kopi 2 jika tidak didahului oleh Filosofi Kopi yang pertama. Melalui film inilah Ben dan Jodi pertama kali menyapa penikmat film di Indonesia. Filosofi Kopi merupakan film adaptasi dari cerita pendek karya Dewi Lestari yang dikenal dengan nama pena Dee. Berkisah tentang perjuangan Ben dan Jodi dalam melunasi tagihan kedai kopi mereka tanpa meninggalkan prinsip yang mereka yakini hingga akhirnya mereka bertemu dengan kopi tiwus Pak Seno.


2. Tabula Rasa (2014)

Photo credit: tabularasafilm

Film ini mempertemukan dua kebudayaan yang berbeda melalui makanan. Hans yang seorang pemuda dari Serui, Papua, dengan mimpi menjadi pemain bola profesional dibawa nasib bertemu dengan Mak, pemilik rumah makan Padang. Setelah menonton film ini, kamu pasti kangen makan nasi Padang.


3. Athirah (2016)

Photo credit: IMDb

Film garapan Riri Riza yang diadaptasi dari novel biografi Hajjah Athirah Kalla karya Alberthiene Endah ini memiliki judul internasional Emma’ (Ibu) dan diputar di beberapa festival film internasional seperti di Vancouver, Busan, dan Tokyo. Mengambil isu poligami, film ini disajikan dengan cara mengeksplorasi makanan seperti sayur ikan kuah kuning dan juga menampilkan indahnya kain tradisional Bugis.


4. Ada Apa Dengan Cinta? 2 (2016)

Photo credit: Travel - Dream

Meskipun banyak yang mengaku cerita dalam sekuel film hit Ada Ada Dengan Cinta (AADC) ini membosankan, tetapi ekplorasinya mengenai kuliner dan destinasi wisata cukup detail, jadi sayang jika dilewatkan. Mulai dari makanan khas Jogja seperti sate klathak sampai pentas seni Papermoon Puppet Theatre bisa kamu saksikan bersamaan dengan perjalanan Cinta dan Rangga. Ada juga seniman kopinya, loh!


5. Mama Cake (2012)

Photo credit: gambarberkata

Film yang disutradarai oleh Anggy Umbara ini menceritakan perjalanan trio Raka, Willy, dan Rio dari Jakarta ke Bandung demi Mama Cake, kue yang mungkin saat ini seperti kue-kue kekinian milik selebriti tanah air. Pada awal film ini kamu akan mendapati ketiganya makan makanan khas Indonesia seperti sayur kacang panjang, sayur nangka, serta lalapan mentimun dan daun singkong. Selain itu, kamu juga akan diajak berpikir berat melalùi adegan ringan sepanjang film.


6. Petualangan Sherina (2000)

Photo credit: KapanLagi

Generasi 90an pasti tidak àsing dengan film ini. Nah, kamu yang ngaku generasi-Z juga tak boleh melewatkannya. Inilah film yang dibintangi oleh Sherina saat masih usia kanak-kanak. Ia diceritakan sebagai murid pindahan dari Jakarta yang terpaksa mengikuti ayahnya tinggal di Bandung karena alasan pekerjaan. Selain eksplorasi alam Bandung yang sejuk dan hijau, Riri Riza selaku sutradara film ini juga tidak lupa menyelipkan kelezatan panganan khas seperti kue serabi.

BACA JUGA


Selain Filosofi Kopi The Series, Mini Drama Indonesia Pilihan Berikut Ini Bisa Kamu Tonton Gratis di Youtube Lho!

Selain Filosofi Kopi The Series, Mini Drama Indonesia Pilihan Berikut Ini Bisa Kamu Tonton Gratis di Youtube Lho!

Filosofi Kopi The Series, kamu yang nungguin banget aksi Ben dan Jodi, wajib banget buat tonton mini dramanya sebelum filmnya rilis, Sahabat ...

Read more..

Nah, dari enam film di atas adakah yang sudah kamu tonton dan jadi favorit kamu, Sahabat Trivia? Kamu setuju nggak kalau bioskop-bioskop tanah air perlu lebih banyak lagi menayangkan film-film seperti Filosofi Kopi 2 dan enam film di atas?





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Filosofi Kopi 2 dan Film-Film Indonesia dengan Selipan Makanan Tradisional yang Bikin Lapar". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Henny Alifah | @hennyalifah

Writer and Knitter

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week