Gebetanmu Penggemar Sastra? Berikut 5 Rekomendasi Buku Fiksi Indonesia yang Bisa Jadi Hadiah Terindah Baginya

Photo Credit : yosimatsu

Gebetanmu Penggemar Sastra? Berikut 5 Rekomendasi Buku Fiksi Indonesia yang Bisa Jadi Hadiah Terindah Baginya

2.1K
Bagi seorang penggemar sastra, tidak ada hal lain yang lebih menyenangkan dibanding kado berupa buku.

Bagi seorang penggemar sastra, tidak ada hal lain yang lebih menyenangkan dibanding kado berupa buku. Tapi bukan sembarang buku ya, Sahabat Trivia, karena si penggemar sastra tahu betul buku apa yang cocok untuk diberikan di momen bahagianya nanti. Agar tidak salah pilih, simak 5 rekomendasi buku fiksi yang cocok untuk kado gebetan yang akan jadi calon pacarmu.


1. Tetralogi Buru

Empat novel karya Pramoedya Ananta Toer yang berjudul Bumi Manusia, Anak Semua Bangsa, Jejak Langkah, dan Rumah Kaca ini cocok diberikan pada gebetan yang menyukai buku-buku sastra sejarah. Karena dituduh mengandung pesan Marxisme-Leninisme, tertralogi yang disusun selama penulis ditahan di Pulau Buru ini sempat dilarang beredar di Indonesia. Untuk mendapatkan Tetralogi Buru tidaklah susah karena novel-novel ini telah berkali-kali dicetak ulang dan hingga sekarang masih bisa kita jumpai di toko buku.


Photo Credit : merdeka


2. Serial Supernova

Kalau gebetanmu penggemar novel fiksi ilmiah, pasti akan sangat senang mendapat Supernova box set yang terdiri atas 6 novel seri Supernova karya Dewi Lestari. Serial yang membutuhkan waktu 15 tahun untuk mengakhiri ceritanya ini selalu ditunggu penggemar penulis muda berbakat yang juga menulis beberapa karya lain ini. Enam judul novel dalam serial ini yaitu Ksatria, Puteri, dan Bintang Jatuh (2001), Akar (2002), Petir (2004), Partikel (2012), Gelombang (2014), dan Intelegensi Embun Pagi (2016). Tidak perlu takut harga buku yang terlalu mahal, karena penerbit serial ini menyediakan box set dengan harga yang lebih murah daripada harga novel satuan.


Photo Credit : justhityou


3. Serial Bilangan Fu

Kecerdasan Ayu Utami selalu terlihat di setiap novel yang ditulisnya. Kepiawaiannya mengolah kata dan menghadirkan konflik baru selalu membuat alur cerita tidak mudah ditebak. Karya-karyanya ditulis melalui riset yang mendetail mengenai sejarah, budaya, dan pemikiran kritis. Serial Bilangan Fu yang terdiri dari novel Bilangan Fu (2008), Manjali dan Cakrabirawa (2010), Lalita (2012), dan Maya (2013). Kalau calon pasanganmu menyukai novel petualangan yang juga membahas mengenai politik, sosial, budaya, dan sejarah, Serial Bilangan Fu cocok untuk diberikan kepadanya.


Photo Credit : catatanpunyatia


4. Trilogi Ronggeng Dukuh Paruk

Mengangkat latar waktu tahun 1960-an yang penuh gejolak politik, Trilogi Ronggeng Dukuh Paruk yang terdiri dari Ronggeng Dukuh Paruk, Lintang Kemukus Dini Hari, dan Jantera Bianglala ini sangat cocok dihadiahkan untuk calon pasangan yang menyukai novel dengan lokalitas budaya Banyumas yang kuat ini. Novel yang telah diadaptasi menjadi film Sang Penari di tahun 2011 ini juga telah diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa dan menjadi bacaan wajib bagi mahasiswa jurusan Sastra Asia Timur di Universitas Bonn, Jerman.


Photo Credit : ariyanto


5. Keluarga Cemara

Generasi 1990-an pasti kenal dengan sinetron Keluarga Cemara yang tayang mulai 1996 sampai 2005 ini. Sinetron Keluarga Cemara diangkat dari novel dengan judul yang sama yang ditulis oleh Arswendo Atmowiloto. Novel yang mulanya terbit pada tahun 1980-an ini terdiri atas enam judul. Namun pada tahun 2013 Gramedia Pustaka Utama kembali menerbitkan novel ini dan membaginya dalam dua buku, yaitu seri pertama yang mencakup bagian Keluarga Cemara, Musik Musim Hujan, dan Kupon Kemenangan dan seri kedua yang mencakup bagian Tempat Minum Plastik dari Toko, Becak Emak, dan Bunga Pengantin. Sambil bernostalgia, novel yang mengandung pesan mengenai arti penting keluarga ini cocok sebagai rujukan pembelajaran bagi pasangan yang akan menempuh bahtera rumah tangga.


Photo Credit : bookoopedia

BACA JUGA


Rekomendasi Buku yang Bikin Rileks Sebelum Tidur. Baca Deh! Dijamin Lebih Tenang dan Tidur Nyenyak

Rekomendasi Buku yang Bikin Rileks Sebelum Tidur. Baca Deh! Dijamin Lebih Tenang dan Tidur Nyenyak

Buku yang baik dibaca sebelum tidur adalah buku biografi atau novel karena buku-buku genre ini menampilkan cerita yang mengalir sehingga ...

Read more..

Dari 5 rekomendasi buku fiksi di atas, mana yang paling cocok diberikan untuk calon pasanganmu, Sahabat Trivia? Jangan lupa kemas dengan unik dan sertakan quotes dari buku tersebut untuk mempermanis hadiahmu itu!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Gebetanmu Penggemar Sastra? Berikut 5 Rekomendasi Buku Fiksi Indonesia yang Bisa Jadi Hadiah Terindah Baginya". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dini Ardianty | @diniardianty

A bibliophile, full time writer, and vegetarian

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week