Gemar Membaca Majalah Anak Sejak Kecil Membuat Saya Merasakan Manfaat Membaca Saat Dewasa. Membaca Itu Mengasyikkan!

photo credit: roth associate in psychology

Gemar Membaca Majalah Anak Sejak Kecil Membuat Saya Merasakan Manfaat Membaca Saat Dewasa. Membaca Itu Mengasyikkan!

474
Memang tidak mudah menumbuhkan minat baca kepada setiap orang. Namun, jika dibiasakan sejak kecil, membaca bukanlah hal yang membosankan

Gemar membaca sudah menjadi kebiasaan saya sejak kecil. Bagi saya, membaca adalah kegiatan yang mengasyikkan. Memang tidak mudah menumbuhkan minat baca kepada setiap orang. Namun, jika dibiasakan sejak kecil, membaca bukanlah hal yang membosankan. Berikut kisah saya yang mengenal bacaan melalui majalah anak-anak. Semoga menginspirasi ya, Sahabat Trivia.


Perkenalan dengan majalah anak-anak

photo credit: boombastis

Ayah saya selalu menyediakan majalah anak-anak setiap bulan. Saya senang sekali. Kadang dongeng dalam majalah itu saya baca berulang kali, lalu kuceritakan pada ayah, ibu, dan teman-teman. Saya tinggal di desa. Kala itu belum ada toko yang menjual buku bacaan, majalah, dan sejenisnya. Ayah saya mendapatkan majalah anak jika beliau pulang setelah bertugas melewati kota. Meski kadang hanya majalah bekas, tapi saya selalu menanti dan antusias menerimanya.


Membaca membuat saya berimajinasi

photo credit: the telegraph

Dari kebiasaan membaca cerita-cerita di majalah anak itu, khayalan saya berkembang. Saya sering membayangkan jika saya menjadi tokoh ceritanya. Kadang jika tak puas dengan cerita itu, saya akan mengganti beberapa bagian cerita dan menceritakannya kembali pada ayah. Saya masih ingat saya bahkan pernah mengarang cerita sendiri yang terinspirasi dari cerita yang saya baca di majalah. Saya menceritakan dongeng itu pada teman-teman sekolah. Saat jam istirahat, sambil makan jajan di bawah pohon rindang yang ada di halaman sekolah, mereka menikmati cerita saya. Tentu saja saya tak bilang kalau itu karangan saya. Saya mengaku kemarin membaca kisah seru dari majalah baru. Saya tak menyangka teman-teman menunggu kelanjutan ceritanya.

Ketika pelajaran Bahasa Indonesia dan ada tugas membuat cerita, saya sering mengambil tokoh atau ide dari beberapa kisah di majalah yang pernah saya baca. Saya juga pernah mewakili sekolah untuk ikut lomba membuat karangan. Meski tidak menang, saya senang karena hobi mengarang cerita tersalurkan.


Berbagi bacaan ke teman-teman adalah hal yang menyenangkan

photo credit: billings public library

Untuk ukuran anak kecil yang tinggal di desa, saya termasuk beruntung bisa mempunyai bahan bacaan di rumah. Teman-teman saya senang bermain ke rumah untuk bersama-sama ikut membaca. Kadang bukan hanya membaca majalah anak saja, beberapa majalah orang tua saya yang berkaitan dengan kedinasan pun kami baca. Maklum orang tua saya adalah guru. Beberapa bulan sekali mendapat jatah majalah, entah dari Pemda atau Dinas Pendidikan.


Kebiasaan membaca yang bermanfaat hingga dewasa


Setelah saya dewasa, ternyata pengaruh kebiasaan membaca sewaktu kecil dulu begitu besar bagi saya. Apalagi ketika saya menyukai kegiatan menulis. Kemampuanku bercerita telah dimulai sejak kecil dan terinspirasi dari dongeng dan kisah di majalah. Belajar dari pengalaman masa kecil, kini saya menyediakan berbagai buku untuk anak-anak saya. Mulai dari buku aktivitas, bacaan ringan, hingga komik saya kenalkan pada mereka. Mereka juga senang jika kuajak ke toko buku atau ke perpustakaan.

BACA JUGA


Bacaan Anak 90-an yang Dulu Hits. Pasti Kamu Nggak Pernah Kelewatan Baca Ini Deh!

Bacaan Anak 90-an yang Dulu Hits. Pasti Kamu Nggak Pernah Kelewatan Baca Ini Deh!

Dulu, anak 90-an mungkin memang belum melek gadget dan teknologi. Tapi, jangan remehkan anak 90-an. Mereka juga memiliki bacaan yang membuat ...

Read more..

Sahabat Trivia, apakah kalian juga pengalaman menarik tentang hobi membaca? Setuju, kan, kalau membaca itu merupakan hal yang mengasyikkan dan bermanfaat?

#30DayWritingChallenge





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Gemar Membaca Majalah Anak Sejak Kecil Membuat Saya Merasakan Manfaat Membaca Saat Dewasa. Membaca Itu Mengasyikkan!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Nevita Siswanti | @nevitasiswanti

Silahkan login untuk memberi komentar