Gempa Guncang Deli Serdang, Sumatera Barat Pagi ini. Berikut Ini 9 Aplikasi Terbaik untuk Prediksi Gempa. Wajib Install Di Smartphone Kamu Nih!

photo credit: chrispylogis

Gempa Guncang Deli Serdang, Sumatera Barat Pagi ini. Berikut Ini 9 Aplikasi Terbaik untuk Prediksi Gempa. Wajib Install Di Smartphone Kamu Nih!

2K
Gempa kembali mengguncang Indonesia. Kali ini gempa datang ke Deli Serdang, Sumatera Barat dengan kekuatan 4,5 SR. Berikut ini ada aplikasi yang mampu mendeteksi gempa yang wajib kamu punya di smartphone kamu nih, Sahabat Trivia.

Gempa berkekuatan 4,5 skala ritcher telah mengguncang Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara hari ini tepatnya pada pukul 01.00 WIB dini hari. Sebelumnya kita juga sempat dihebohkan dengan gempa yang terjadi di Padang yang berkekuatan 5,5 SR pada 9 Januari 2017 lalu. Kedalaman gempa yang terjadi di Deli Serdang berada di kedalamaan 10 km di bawah permukaan laut. Namun, belum ada informasi pasti apakah gempa ini berpotensi terjadi tsunami atau tidak.

Bicara soal gempa, ternyata sudah banyak loh aplikasi yang memudahkan kita untuk mendeteksi getaran bumi yang berpotensi terjadinya gempa. Nah, sepertinya aplikasi yang akan diulas berikut ini wajib ada nih di smartphone kamu, Sahabat Trivia.


Aplikasi BMKG tidak hanya untuk deteksi terjadinya gempa, tapi juga cuaca

photo credit: daily social

Aplikasi yang dikembangkan oleh BMKG Indonesia ini memudahkan kamu untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai keadaan cuaca hingga bencana seperti gempa di smartphone kamu. Informasi yang disampaikan oleh aplikasi ini, akan kamu dapatkan secara cepat dan lengkap mengenai keadaan cuaca di wilayah Indonesia. Highly Recommended!


Eartquake Alert termasuk aplikasi yang paling banyak diunduh

photo credit: Besttipstricks

Aplikasi ini bisa diunduh diberbagai smartphone dengan kapasitas yang menyesuaikan dengan versi dari sistem operasi smartphone itu sendiri. Aplikasi ini juga terhubung dengan beberapa badan geologi ternama sehingga segala informasi dari lokasi gempa, peta lokasi, alarm gempa hingga peta satelit juga tersedia di aplikasi ini. Tidak heran ya, kalau aplikasi ini cukup banyak yang diunduh.


Seismometer 6th. Seismograph bisa ada di hp kamu

photo credit: YouTube

Aplikasi yang satu ini memiliki banyak fungsi selain untuk mendeteksi gempa loh, Sahabat Trivia. Seismometer 6th juga berguna untuk mengecek kehalusan laju mobil dan tentunya getaran gempa yang terjadi. Aplikasi yang bisa kamu miliki di Android kamu ini hanya memiliki kapasitas 15 MB dan bisa dijalankan di sistem operasi Android 2,2.


Vibration Meter bisa memberi tahu kita dampak dari gempa yang terjadi juga loh

photo credit: Plimbi

Aplikasi pendeteksi gempa ini bekerja dengan sensor yang ada di smartphone kamu dalam mendeteksi getaran gempa. Aplikasi ini akan memperingatkan berapa besar getaran yang ditimbulkan oleh gempa dan aplikasi ini juga akan memberi kita informasi mengenai dampak apa yang akan terjadi setelah gempa secara rinci dan lengkap. Dengan kapasitas hanya 2,7 MB, aplikasi ini bisa kamu miliki di Android versi 2,2 ke atas milik kamu, Sahabat Trivia.


Multi Measures. Tidak hanya untuk deteksi gempa, tapi bisa digunakan saat test drive

photo credit: Plimbi

Aplikasi yang satu ini memang tidak dikhususkan untuk mendeteksi gempa saja. Multi Measures memiliki 12 alat dalam aplikasi yang memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda-beda. Nah, salah satunya adalah alat pendeteksi getaran gempa yang diberi nama seismometer sesuai dengan alat asli mengukur getaran gempa.


Earthquake Detector. Membuatmu lebih waspada terkena dampak gempa

photo credit: chrispylogis

Walau aplikasi ini terbilang sederhana, aplikasi ini memiliki fungsi yang penting loh, Sahabat Trivia. Earthquake Detector bisa memberimu peringatan jika ada getaran hebat saat gempa dan setelah gempa. Sehingga kamu bisa dengan cepat waspada dan menyelamatkan diri.


Gempaloka memberikan kamu info yang lengkap dan akurat tentang gempa

photo credit: Gadget gaul

Aplikasi ini bisa kamu miliki di ponsel layar kecil kamu seperti Blackberry. Meskipun ada di handphone dengan layar kecil, aplikasi ini cukup berguna karena menyampaikan informasi lengkap mengenai data-data gempa yang terjadi.


Yurekuru Call, aplikasi gratisnya untuk iOS

photo credit: 2Baht

Aplikasi ini merupakan aplikasi gratis yang bisa diunduh oleh para pengguna iOS. Aplikasi ini berguna untuk memperingatkan kamu dan informasi yang selengkap mungkin bila terjadi gempa, pusat dan titik gempa serta ada juga informasi akurat yang disampaikan langsung oleh BMKG Internasional.


Quakes - Earthquake Notifications

Hampir sama dengan Yurekuru Call, namun aplikasi ini lebih interaktif dan lebih baik secara penampilan grafis hingga data yang lebih akurat. Aplikasi iOS ini juga menampilkan peta yang ditandai dengan warna yang menunjukkan luas wilayah yang terkena dampak gempa.

BACA JUGA


Tips Aman Ketika Gempa Datang. Jangan Panik! Lakukan 5 Hal Ini Agar Dirimu Tetap Aman Ya

Tips Aman Ketika Gempa Datang. Jangan Panik! Lakukan 5 Hal Ini Agar Dirimu Tetap Aman Ya

Akan tetapi, ada lima hal yang bisa kamu lakukan sebagai langkah antisipasi agar dampak gempa tidak terlalu fatal

Read more..

Di antara aplikasi deteksi gempa di atas, salah satunya sudah smartphone kamu miliki atau belum, Sahabat Trivia? Untuk kamu yang mungkin tinggal di daerah yang sering terjadi gempa, rasanya wajib memiliki aplikasi ini, Sahabat Trivia. Semoga informasi ini berguna ya. Kalau kamu tahu aplikasi lain yang bisa deteksi gempa, boleh dong bagi-bagi informasi dengan komentar di kolom komentar ya!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Gempa Guncang Deli Serdang, Sumatera Barat Pagi ini. Berikut Ini 9 Aplikasi Terbaik untuk Prediksi Gempa. Wajib Install Di Smartphone Kamu Nih!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rezita Rani | @rezitarani

Silahkan login untuk memberi komentar