Generasi Millennial Juga Harus Berpartisipasi dalam Pilkada Lho. Berikut Cara-Cara yang Harus Kamu Lakukan Agar Tak Sampai Salah Pilih!

photo credit: inspiratorfreak

Generasi Millennial Juga Harus Berpartisipasi dalam Pilkada Lho. Berikut Cara-Cara yang Harus Kamu Lakukan Agar Tak Sampai Salah Pilih!

682
Partisipasi anak-anak muda atau generasi millennial dalam pilkada akan membantu daerah bersangkutan menerima dampak-dampak baik dari sebuah kebijakan pemimpin yang terpilih.

Generasi millennial adalah mereka yang tumbuh dan berkembang di era digital dan teknologi mutakhir. Pola pikir mereka begitu cepat, sebanyak cepatnya arus informasi yang bergulir setiap harinya. Anak-anak muda, sejak dulu hingga sekarang selalu digadang-gadang sebagai garda terdepan revolusi bangsa dan memiliki identitas penting dalam proses perubahan. Kemajuan sebuah bangsa akan bergantung pada pemuda-pemudanya.

Hal tersebut berkaitan dengan partisipasi mereka dalam mendukung jalannya pilar demokrasi di negara demokrasi seperti Indonesia ini. Salah satu bentuknya adalah pilkada. Keapatisan anak muda dalam pelaksanaan pilkada, akan membawa dampak yang signifikan bagi masyarakat luas. Sementara, data mengatakan bahwa tidak kurang dari 30% jumlah pemilih pemula dalam pilkada tahun lalu, dan 25% persentasi pemilih muda dalam Pilkada DKI Jakarta 2017, seperti yang ditutukan oleh Direktur Eksekutif Saiful Muzani Research and Consulting (SMRC), Djayadi Hanan. Hal ini dapat disimpulkan bahwa partisipasi anak muda dalam pilkada begitu diperhitungkan.

Beberapa hari yang lalu kita bersama-sama telah menonton debat calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta. Topik ini menjadi sangat hangat dibahas diberbagai media sosial maupun percakapan orang-orang. Sebagai anak muda, yang selain memiliki hak pilih dalam pilkada DKI Jakarta 2017, juga memiliki tanggung jawab yang cukup besar dalam mewujudkan Jakarta yang lebih baik dengan berpartisipasi mengikuti proses pilkada dengan baik dan sesuai asas.

Anak muda generasi millennial memiliki beberapa karakteristik di bawah ini yang memungkinkan mereka turut berpartisipasi dalam pilkada DKI Jakarta 2017.


Peka terhadap isu

photo credit: communitytable

Anak muda yang ‘berisi’ selalu berbincang mengenai ide-ide dan isu-isu, termasuk isu politik, isu-isu lain seperti tentang lapangan pekerjaan, perlindungan kesehatan, pencemaran lingkungan, dan lain sebagainya. Kondisi lingkungan sekitar selalu menjadi pusat perhatian sehingga anak-anak muda yang peka isu tak jarang ditemui sedang berbincang dan memikirkan solusi terhadap masalah yang sedang terjadi.

Dengan selalu mengikuti dan memperhatikan apapun yang terjadi di sekitar, anak muda dapat menjadikan proses pilkada sekaligus ajang partisipasi kegiatan politik sebagai solusi atas isu-isu tersebut dengan memilih calon-calon pemimpin yang baik dan dapat dipercaya masyarakat.


Tidak buta dengan politik

photo credit: kompasiana

Anak muda selalu digadang-gadang sebagai agen perubahan, pun juga dituntut untuk mengerti politik, sehingga anak muda dapat berpartisipasi dalam pilkada dengan baik. Dengan memahami situasi politik, anak muda dapat menilai bahwa kepentingan warga negara adalah di atas apa pun. Bahwa politik merupakan sarana untuk membangun nilai-nilai yang baik yang dapat mensejahterakan rakyat. Politik adalah sarana membangun dan memperjuangkan nilai-nilai. Dan apa-apa yang berhubungan dengan politik, seperti biaya sekolah, harga obat, fasilitas kesehatan, harga-harga komoditas ditentukan dalam keputusan politik, salah satunya adalah pilkada.

Dengan berpartisipasi pada pilkada DKI Jakarta 2017, anak muda dapat melek politik sehingga keadaan lingkungan dan warga negara menuju ke arah yang makin baik.


Berpikir kritis

photo credit: gudlak

Anak muda akan selalu akrab dengan ide dan pikiran-pikiran yang idealistis dan visioner. Ditambah lagi, anak muda diberikan akses untuk bisa mengecek fakta dan juga ribuan informasi mengenai calon pemimpin yang akan dipilih. Anak muda yang berpartisipasi dalam pilkada atau pemilu lainnya akan menjadi kritis dalam mengkaji baik-buruknya calon-calon pemimpin yang akan dipilihnya. Dalam mencapai idealisme anak muda di generasi millennial ini, mereka sudah sewajarnya turut andil dalam proses keputusan politik, yakni pilkada DKI Jakarta 2017.


Bijak terhadap media

photo credit: echi

Banyaknya media yang menampilkan berita, mengenai visi dan misi para calon pemimpin terkadang terasa begitu memihak. Kita sebagai anak muda harus lebih teliti lagi menyerap informasi dengan membaca berbagai media dan mulai berpikir dengan membandingkan baik buruknya para calon-calon pemimpin.

Kamu juga bisa mengunjungi laman web resmi portal publikasi pemilihan kepala daerah 2017 untuk memperoleh informasi mengenai para cagub dan cawagub.


Diskusi terbuka yang netral

photo credit: One Indonesia

Informasi mengenai cagub dan cawagub yang akurat dapat dilakukan dengan diskusi terbuka yang netral dari para cagub dan cawagub sebagai ajang tanya jawab antara calon pemimpin dengan rakyat. Dengan diskusi terbuka yang netral, para pemilih pemula atau anak-anak muda generasi millennial dapat melihat dan memilih dengan bijak mana calon pemimpin yang dapat mendengar dan menerima kritikan serta masukan dari warga negara, termasuk anak-anak muda.

BACA JUGA


Aplikasi Gratis Wajib Instal Para Perempuan Milenial, Jalani Hidup Dengan Cerdas dan Menyenangkan

Aplikasi Gratis Wajib Instal Para Perempuan Milenial, Jalani Hidup Dengan Cerdas dan Menyenangkan

Selektif dalam memilih aplikasi yang terinstall di smartphone dapat membuat hidupmu jauh lebih mudah loh

Read more..

Jadi, kamu tidak akan apatis lagi dan memutuskan untuk berpartisipasi di pilkada DKI Jakarta 2017 ini kan, Sahabat Trivia?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Generasi Millennial Juga Harus Berpartisipasi dalam Pilkada Lho. Berikut Cara-Cara yang Harus Kamu Lakukan Agar Tak Sampai Salah Pilih!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Qiqi NurIndahSari | @qiqinurindahsari

Hi,Q! www.qiqinurindahsari.com

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week