Gunung Agung Siaga! Waspada! Kamu pun Bisa Kena Imbasnya dan Kehilangan Hal-Hal Berikut Ini!

Photo credit: Netralnews

Gunung Agung Siaga! Waspada! Kamu pun Bisa Kena Imbasnya dan Kehilangan Hal-Hal Berikut Ini!

1.3K
Gunung Agung dikabarkan berstatus siaga. Kamu yang sedang ada di Bali, tetap waspada ya!

Gunung Agung yang berada di Karangasem, Bali ternyata sedang dalam status siaga nih, Sahabat Trivia. Kamu yang sekarang sedang berkunjung ke Bali atau bertempat tinggal di Bali, rasanya harus terus waspada dan pantau informasi tentang kesiagaan gunung satu ini nih, Sahabat Trivia. Sutopo Purwo Nugroho selaku Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan bahwa TNI, Polri, Basarnas, kementrian dan dinas yang ada sedang merencanakan kontinjensi yang berfungsi sebagai salah satu tahap agar upaya penanggulangan bencana menjadi efektif.

Peningkatan status aktivitas Gunung Agung dari "waspada" menjadi "siaga" ini guna mensosialisasikan kepada warga setempat untuk selalu berhati-hati terhadap bencana yang mungkin akan terjadi. Sedikitnya sudah ada 44 warga dari Dusun Lebih, Desa Sebudi, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem mengungsi secara mandiri ke Kabupaten Klungkung. Lokasi tersebut adalah lokasi yang telah ditangani oleh BPBD setempat. Dengan keadaan saat ini, ternyata ada banyak imbas dan kehilangan yang mungkin didapati, seperti hal-hal berikut ini.


1. Potensi wisata

Photo credit: wisata bali

Bali dikenal dengan destinasi wisatanya yang selalu bikin rindu. Dengan ada kabar ini tentu saja banyak orang yang merasa khawatir dengan kegiatan wisata dan lokasi-lokasi wisata yang mungkin saja akan ditutup sementara demi keselamatan para pengunjungnya.


2. Kondisi alam

Photo credit: ngetripyuk

Kondisi alam pun nantinya akan berubah jika status Gunung Agung mencapai puncaknya. Baik dari tumbuhan, hewan, hingga kondisi pedesaan yang juga ikut merasakan dampaknya.


3. Kuliner khas

Photo credit: Blibli

Selain potensi wisatanya yang mungkin saja akan ditutup atau lebih buruknya tidak ada lagi, kuliner khas sekitar juga mungkin saja akan semakin sulit untuk kita temui. Nah, kalau sudah begini, jadi nggak bisa bawa oleh-oleh atau mencicipi makanan khas daerah tersebut.


4. Budaya sekitar

Photo credit: trekearth

Semakin sulit mengunjungi destinasi wisata, semakin sulit menemukan makanan khas. Semakin sulit juga untuk bisa melihat kebudayaan sekitar. Orang-orang kini mungkin sedang sibuk mengungsi ke suatu tempat yang jauh lebih aman bagi para warga yang biasa melestarikan budaya yang ada.


5. Ciri khas desa

Photo credit: Mongabay

Hal ini juga akan sulit kita temui karena para warga desa yang semakin hari semakin banyak yang mengungsi untuk keselamatan mereka. Namun, tentu saja hal ini patut kita maklumi karena mereka memang harus selamat dari bencana yang bisa datang kapan saja.

BACA JUGA


Kisah Pendakian di Gunung Slamet Membuat Saya Enggan Mendaki Gunung Kembali. Wajib Dibaca Bagi Sahabat Trivia yang Gemar Mendaki Gunung!

Kisah Pendakian di Gunung Slamet Membuat Saya Enggan Mendaki Gunung Kembali. Wajib Dibaca Bagi Sahabat Trivia yang Gemar Mendaki Gunung!

Belajar dari pengalaman ini, lagi-lagi aku diingatkan untuk harus selalu mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik dan matang. Agar ...

Read more..

Nah, bagi Sahabat Trivia yang memiliki kerabat atau sedang berada di kawasan yang mungkin akan terkena imbas dari Gunung Agung, ada baiknya mempersiapkan diri untuk segera mengungsi ke lokasi yang jauh lebih aman dan nyaman. Terus waspada ya, Sahabat Trivia!


Mau tahu topik-topik kekinian yang diulas secara mendalam? Cari tahu di Tahu Banget!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Gunung Agung Siaga! Waspada! Kamu pun Bisa Kena Imbasnya dan Kehilangan Hal-Hal Berikut Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rezita Rani | @rezitarani

Silahkan login untuk memberi komentar