Hal-Hal Kecil yang Bisa Kamu Lakukan dan Meninggalkan Kesan Terindah Pada Orang Lain

photo credit: allswalls

Hal-Hal Kecil yang Bisa Kamu Lakukan dan Meninggalkan Kesan Terindah Pada Orang Lain

412
Saya ingat sekali kutipan tentang merubah dunia yang menurut saya bagus banget. Kutipan dari Victoria Osteen "You hold the keys of change within you. You be the change you want to see." yang artinya "Jadilah perubahan itu sendiri - mulai dari diri sendiri, mulai dari hal yang kecil saja. Dan rasakan perubahannya."

Dunia ini bukanlah dunia yang menyenangkan. Tidak sedikit orang mengatakannya, entah itu di status sosial media mereka ataupun dalam pembicaraan bersama teman ataupun rekan kerja mereka. Bukan, bukan mereka mengeluh, tapi memang kenyataan.

Dalam beberapa hal, dunia ini akan memiliki banyak hal yang mungkin tidak sesuai dengan keinginan kita. Dan kita tidak jarang juga pada akhirnya menyerah dan mengeluh mengenai keadaan ini di mana-mana. Andai saja dunia ini berubah. Andai saja dunia ini sesuai keinginan kita. Andai saja....

Tapi, kenyataannya, perubahan itu tidak mudah. Perubahan itu tidak tampak. Di sinilah, kalimat-kalimat di atas bisa dijadikan pegangan dalam hidup. Kenapa? Karena kita mengharapkan perubahan dari luar kita, sedangkan:

You hold the keys of change within you. You be the change you want to see. Victoria Osteen.

Perubahan itu tidak perlu besar. Mulailah dengan hal kecil yang kita bisa lakukan. Hal kecil yang akan membuat semua perubahan itu tampak dalam hidup dan sekitar kita.


1. Tersenyumlah

photo credit: huffingtonpost

Tersenyum dan tampilkan wajah terbaikmu. Wajah yang menyenangkan orang lain. Saya sendiri sih lebih suka melihat seseorang yang tersenyum manis dan berbagi senyuman itu ke sekeliling. Bukan berarti kita berpura-pura tersenyum di saat sedang sedih.

Banyak yang bilang kalau senyum itu menular. Jadi kenapa tidak menularkan virus senyum ke orang-orang di sekitar kita?


2. Berterima kasih

Ucapkan terima kasih kepada mereka yang telah menolong kita. Mereka telah mengorbankan sesuatu dalam hidup kita untuk menolong kita kan? Masa sih kita tidak menghargainya?

photo credit: pexels

Ucapkanlah "Terima Kasih" kepada orang yang tepat di waktu yang tepat.


3. Memaafkan dan meminta maaf

Memaafkan seseorang yang telah berbuat salah kepada kita mungkin akan sulit dilakukan - biasanya kalau terkait sang mantan nih. Tapi, memaafkan orang lain adalah bentuk nyata dari pernyataan bahwa kamu itu lebih dewasa dari dia dan sudah move on darinya.

photo credit: hercampus

Di sisi lain, jika kamu yang membuat salah, kamu harus siap untuk meminta maaf. Jangan menunggu orang itu meminta ke kamu. Menyadari kamu telah berbuat salah dan meminta maaf kepada orang lain adalah sikap dewasa lainnya. Salah satu hal kecil dalam hidup yang bisa membuat perubahan itu nyata.


4. Mendengarkan

Mendengarkan ketika yang lain bicara, photo credit: pexels.

Mulailah mendengarkan, tidak hanya sebatas mendengar, apa yang dikatakan orang. Dengarkan dengan baik dan ambil yang memang baik untuk dirimu.

Do LISTEN, not just HEAR!

Dan juga, bukalah diri sebagai tempat buat orang lain yang sedang membutuhkan teman. Dengarkanlah curhat mereka dengan baik. Memang, kita lebih terbiasa untuk berbicara, tapi sesekali, cobalah untuk diam dan lebih mendengarkan.


5. Jangan bicara

Jangan bicara kalau kamu tidak yakin bahwa yang kamu ucapkan itu baik. Jangan bicara kalau kamu yang kamu cuitkan bisa menjadi bensin pembakar kemarahan orang lain.


Saya teringat ucapan teman saya yang beragama Islam pernah mengatakan bahwa sebelum berbicara, pikirkan 3 hal ini.

Apakah yang akan dikatakan mengandung kebaikan? Jika iya, katakanlah. Apakah yang akan dikatakan mengandung keburukan, seperti menggunjingkan orang lain? Jika iya, lebih baik diam. Dan terakhir, apakah yang akan dikatakan sudah jelas hukumnya? Jika belum jelas, lebih baik berdiam diri.

Saya suka dan selalu menggunakan 3 hal itu sebagai panduan saya ketika bicara. Termasuk dalam dunia sosial media. Ingat, "Mulutmu harimaumu", yang mungkin kini telah menjadi "Sosial mediamu, harimaumu".


6. Jangan menghakimi

Tidak ada manusia yang sempurna. Saya tidak sempura. Dia tidak sempurna. Mereka pun tidak sempurna. Jika kamu sudah bisa menahan diri dari ucapan yang tidak perlu diucapkan, ada baiknya kamu pun juga jangan selalu menghakimi.

Seringkali, saya termasuk di dalamnya, dan menilai orang dari kulit luarnya.

Don't judge the book from its cover.


Saya sering menemukan kalau saya membeli buku dan melakukannya. Melihat sampul buku yang menarik. Kalau tidak menarik, ya tidak beli. Hingga suatu hari, saya mengambil sembarang buku yang tampilannya penuh dengan huruf dan satu angka 7 yang besar. Dan ternyata, buku 7 Habits itu adalah buku yang sangat bagus untuk pengembangan diri.

Menilai seseorang seperti kita menilai buku dari sampulnya itu seringkali kita lakukan (termasuk saya juga kok). Kita menilai orang lain dari fisiknya, kulitnya, penampakan wajahnya, pakaian yang dikenakan, kendaraan yang dibawa dan lainnya. Coba saja menilai seorang Alm. Bob Sadino dari tampak luar, kamu mungkin akan salah kaprah dan malu pada akhirnya.


7. Bertemanlah


Seorang dosen saya mengatakan bahwa salah satu hal yang terpenting itu adalah memeliki networking - jaringan pertemanan yang luas. Perluas networking kamu.

Siapa kamu, sebenarnya ditentukan dari siapa teman-teman kamu. Jadi, bertemanlah dengan semua orang. Buka hati untuk mengenal semua orang yang ada di sekitarmu. Kamu akan mendapatkan banyak pengalaman berharga dari mereka semua.

BACA JUGA


Pesan Barrack Obama di Kongres Diaspora Indonesia. Mantan Presiden Amerika Serikat Ini Kasih Pesan-Pesan Inspiratif Berikut Kepada Generasi Muda Indonesia

Pesan Barrack Obama di Kongres Diaspora Indonesia. Mantan Presiden Amerika Serikat Ini Kasih Pesan-Pesan Inspiratif Berikut Kepada Generasi Muda Indonesia

Beberapa hari yang lalu, di Indonesia sedang berlangsung Kongres Diaspora Indonesia, tepatnya di Jakarta dengan Barrack Obama sebagai ...

Read more..

7 hal ini bisa kamu lakukan kok dan bisa kamu mulai sekarang, setelah kamu membaca ini, Sahabat Trivia. Jangan menundanya dan berharap bahwa dunia akan menjadi lebih baik. Mulai saja dari diri kita sekarang. Do it now!






Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Hal-Hal Kecil yang Bisa Kamu Lakukan dan Meninggalkan Kesan Terindah Pada Orang Lain". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Febriyan Lukito | @febriyanlukito

Blogger Indonesia, content writer and life learning blogs: febriyanlukito.com - tulisanbloggerindonesia.com - tempatnongkrongseru.com - pikiranrandom.com

Silahkan login untuk memberi komentar