Hal-Hal yang Harus Kamu Perhatikan Ketika Melamar Pekerjaan. Hati-Hati, Jangan Sembarangan Melamar Pekerjaan Ya, Sahabat Trivia!

Hal-Hal yang Harus Kamu Perhatikan Ketika Melamar Pekerjaan. Hati-Hati, Jangan Sembarangan Melamar Pekerjaan Ya, Sahabat Trivia!

305
Banyak lowongan yang dibuka oleh perusahaan yang sayangnya kurang maksimal untuk kamu perjuangkan karena kamu sendiri tidak begitu tahu apa saja yang harus kamu perhatikan ketika kamu akan melamar pekerjaan.

Kamu mahasiswa tingkat akhir atau mungkin fresh graduate? Kamu pasti akan mulai memikirkan bagaimana jenjang kariermu selanjutnya. Hal pertama yang akan kamu lakukan tentu melamar pekerjaan. Sebelum mulai melamar pekerjaan di beberapa tempat, ada baiknya kamu mengetahui hal apa saja yang harus kamu persiapkan. Berikut hal-hal yang harus kamu perhatikan ketika kamu akan melamar pekerjaan. Simak ya!


1. Pilih lowongan pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikanmu

photo credit : Island Exhibit Link

Mungkin akan ada banyak orang yang berpendapat bahwa tidak semua jurusan di masa kuliah adalah sesuatu yang akan digeluti dalam dunia kerja. Padahal, perusahaan juga melihat jurusan yang kamu ambil saat kuliah untuk mengisi posisi di kantor mereka. Jadi, daripada kamu harus ditendang dari daftar nominasi, lebih baik kamu pilih pekerjaan yang sesuai dengan bidangmu ya, Sahabat Trivia!


2. Kamu harus tahu, kandidat seperti apa yang sedang dibutuhkan perusahaan tersebut

photo credit : Sentech Services

Jika kamu lebih tahu tentang detail seperti apa yang sedang dibutuhkan oleh perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan, maka kamu akan berkesempatan mendapatkan pekerjaan yang tadi kamu inginkan. Nah, cari tahu juga tentang bagaimana kriteria lengkap dan juga tugas-tugas yang akan kamu lakukan. Dengan begitu, kamu akan punya nilai lebih dan dianggap paling menguasai dari kandidat yang lain.


3. Perhatikan CV dan juga email yang kamu kirimkan

photo credit : Corner Stone on Demand

Kamu juga harus bisa memahami konsep mutlak yang HRD suka. Mereka akan mengalihkan pandangannya jika ada pelamar kerja yang sesuai dengan standar. Siapkan CV yang terbaru dan juga tidak terlalu pajang, buatlah semenarik dan serapi mungkin. Perhatikan juga alamat email yang kamu gunakan untuk mengirim lamaran, jangan sampai menggunakan alamat email yang alay atau dengan nama-nama yang tidak lazim. Jangan biarkan subjek email kosong ya! Lampirkan CV-mu dan jangan sampai kamu lampirkan di badan email.


4. Perhatikan juga kelengkapan berkasmu ya!

photo credit : CMA CGM

Jangan sampai ketinggalan untuk melampirkan berkas-berkas yang akan mendukungmu untuk melamar pekerjaan ya! Kalau bisa, kamu sudah mendapatkan sertifikasi bahwa kamu memang telah teruji dan untuk menjadi pilihan mereka. Kamu bisa mengikuti banyak kegiatan yang akan mengasah skill kamu akan lebih terasah lagi. Dengan begitu, kamu akan lebih unggul dari yang lainnya. Iya, kan?


5. Jika kamu berhasil dan dipanggil interview, begini tipsnya!

photo credit : Wisdom Times

Nah, jangan lupa untuk berterimakasih dengan semua pihak yang telah membuat kamu masuk seleksi interview mereka ya! Setelah ini, kamu harus menyiapkan beberapa hal untuk masa wawancara. Jangan berpenampilan yang tidak pantas, pakailah kemeja, dan juga dandanan yang biasa saja. Perbaiki sikap dan jawablah semua pertanyaan dengan lantang namun meyakinkan.

BACA JUGA


Drama Jepang Pilihan Tentang Berbagai Macam Profesi Ini Bisa Jadi Inspirasi Kamu yang Masih Bingung Mau Jadi Apa

Drama Jepang Pilihan Tentang Berbagai Macam Profesi Ini Bisa Jadi Inspirasi Kamu yang Masih Bingung Mau Jadi Apa

Cerita tiap drama spesifik mengenai dunia profesi tersebut, sehingga kamu pun memiliki sedikit banyak bayangan akan seperti apa pekerjaan ...

Read more..

Bagaimana Sahabat Trivia? Semoga kamu lolos seleksi ya! Bersiaplah untuk menyongsong masa depanmu yang cerah, Sahabat Trivia!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Hal-Hal yang Harus Kamu Perhatikan Ketika Melamar Pekerjaan. Hati-Hati, Jangan Sembarangan Melamar Pekerjaan Ya, Sahabat Trivia!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Annida shf | @roshanaraannida

KEGAGALAN hanya terjadi bila kamu MENYERAH.

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week