Hal-Hal yang Perlu Diluruskan tentang Lebaran. Sahabat Trivia Harus Tahu Nih Biar Nggak Salah Paham!

photo credit: dvh

Hal-Hal yang Perlu Diluruskan tentang Lebaran. Sahabat Trivia Harus Tahu Nih Biar Nggak Salah Paham!

540
Banyak yang salah paham dengan makna setiap kalimat itu karena seringnya ditempatkan pada tempat yang kurang tepat.

Ramadan tinggal menghitung hari nih, Sahabat Trivia. Tidak terasa sebentar lagi kita akan melaksanakan lebaran dan insyaAllah kembali fitrah ya, Sahabat Trivia!

Nah, menjelang datangnya hari Lebaran, tentu Sahabat Trivia tidak asing dengan berbagai ucapan baik yang disampaikan secara lisan maupun tulisan oleh para kerabat dan kenalan. Dari yang paling mainstream "Mohon maaf lahir dan batin" sampai yang penuh makna "Taqabbalallahu Minna wa Minkum". Banyak yang salah paham dengan makna setiap kalimat itu karena seringnya ditempatkan pada tempat yang kurang tepat. Selain dalam bentuk ucapan, Sahabat Trivia juga harus ngerti dong, apa saja makna yang terkandung dalam hari lebaran itu. Mau tahu apa saja, Sahabat Trivia? Yuk simak di bawah ini!


1. "Minal Aidzin wal Faidzin" + "Mohon maaf lahir dan batin"

photo credit: webmuhammadiyah

Dua ucapan di atas tidak asing, kan? Bahkan Sahabat Trivia mungkin sering mendengar ataupun membacanya secara sambung-menyambung. Mungkin beberapa dari Sahabat Trivia menganggap bahwa makna dari dua ucapan itu sama, satunya dalam bahasa arab, satunya lagi merupakan terjemahannya.

Wah, pemahaman tersebut kurang tepat, lho, Sahabat Trivia. "Minal Aidzin wal Faidzin" punya makna yang berbeda dengan "Mohon maaf lahir dan batin". Makna sebenarnya dari "Minal Aidzin wal Faidzin" adalah mendoakan sesama umat Nabi Muhammad SAW agar kembali ke fitrah dan meraih kemenangan di hari Lebaran itu. Sedangkan "Mohon maaf lahir dan batin" seharusnya diucapkan sebelum Lebaran tiba, sebab sebelum lebaran seharusnya diri kita sudah suci dan bersih dari kesalahan pada sesama manusia, berharap untuk dimaafkan dan memaafkan.

Sebenarnya tidak salah juga menyandingkan dua ucapan itu dalam satu ucapan, tapi jangan sampai salah mengartikan maksudnya ya, Sahabat Trivia!


2. Makna "Taqabbalallahu Minna wa Minkum"

photo credit: madinatuliman

Selain ucapan memohon maaf, ucapan "Taqabbalallahu Minna wa Minkum" ini juga pasti sering Sahabat Trivia temui saat Lebaran tiba. Apa sih, maknanya?

Jadi, "Taqabbalallahu Minna wa Minkum" mempunyai makna mendoakan sesama agar ibadah kita selama bulan suci Ramadan diterima oleh Allah SWT. Perlu Sahabat Trivia ketahui, ucapan ini adalah ucapan yang dicontohkan oleh Rasullullah SAW lho kepada para sahabat.


3. Perbedaan "Selamat hari raya" dan "Selamat Idul Fitri"

photo credit: taziex82

Hari raya dan Idul Fitri mungkin bisa disandingkan. Tapi, makna keduanya cukup berbeda lho, Sahabat Trivia jika dikaji lebih dalam. Hari raya berarti hari yang dirayakan, di mana pada hari itu banyak orang yang bersuka cita dalam merayakan sesuatu. Sementara Idul Fitri artinya kembali fitrah atau kembali suci. Maka, sebaiknya kita tidak sekadar berhari raya, tapi juga ber-Idul Fitri. Benar kan, Sahabat Trivia?


4. Makna "kebebasan" yang diperoleh saat Lebaran

photo credit: saraung

Lebaran juga identik dikaitkan dengan kata "kebebasan". Kenapa ya, Sahabat Trivia? Ada beberapa makna yang terkandung dalam kata "kebebasan" itu. Bisa jadi maknanya "bebas melakukan apapun lagi karena Ramadan telah berlalu" atau "bebas makan dan minum meski pada siang hari". Namun, makna yang patut Sahabat Trivia patri dalam jiwa adalah bahwa kebebasan tersebut adalah bebas dari dosa-dosa di masa lalu karena telah menjalani bulan penuh pengampunan, yaitu Bulan Ramadan.

BACA JUGA


Lebaran Sebentar Lagi. Waktu Kecil Dulu, Ini Dia Hal yang Pasti Kamu Tunggu dan Rindukan dari Lebaran. Sekarang Iya Juga Nggak?

Lebaran Sebentar Lagi. Waktu Kecil Dulu, Ini Dia Hal yang Pasti Kamu Tunggu dan Rindukan dari Lebaran. Sekarang Iya Juga Nggak?

Dulu, kebahagiaan-kebahagiaan kecil ini adalah 'hadiah puasa' terbaik yang pernah ada. Sekarang, masihkah sama berharga

Read more..

Bagaimana Sahabat Trivia? Sudah lebih siap menyambut Lebaran dan memahami maknanya dengan benar?




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Hal-Hal yang Perlu Diluruskan tentang Lebaran. Sahabat Trivia Harus Tahu Nih Biar Nggak Salah Paham!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Kartini K | @kartini

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week