Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sehabis Lulus Kuliah. Kamu yang Sarjana Muda, Wajib Baca Ini!

Photocredit: licdn

Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sehabis Lulus Kuliah. Kamu yang Sarjana Muda, Wajib Baca Ini!

290
Wahai sarjana muda, mari merapat!

Dengan segala kerumitan skripsi yang kamu hadapi, akhirnya kamu bisa memakai toga di hari kelulusanmu nanti. Euforia kebahagiaan masih terasa untuk beberapa hari ke depan. Tapi, jangan terlalu lama ya, Sahabat Trivia karena masih ada yang harus kamu hadapi. Sehabis lulus, kamu pun menyandang gelar pengangguran dan mulai dalam pencarian kerja. Proses ini pun bergantung pada keberuntungan. Jika kamu beruntung, maka dengan cepat pekerjaan datang. Jika tidak, jangan menyerah ya Sahabat Trivia. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui sehabis lulus kuliah agar saat masuk dalam dunia pengangguran kamu nggak terkaget-kaget.


Cari kerja nggak segampang yang dikira

Cari Kerja Nggak Segampang Yang Dikira - Photo credit: olrecruitment
Photo credit: olrecruitment

Saat pencarian kerja, kamu akan memasukkan CV ke beberapa perusahaan dan ikut mendatangi job fair. Perasaan capek pastilah yang kamu rasakan nanti. Tetapi, demi masa depan, apapun pasti akan dilakukan. Belum lagi kamu harus menunggu untuk mengetahui kelanjutan CVmu. Momen seperti ini merupakan momen di mana kamu merenungkan diri. Di mana euforia kelulusanmu tidak ada artinya jika kamu belum mendapatkan pekerjaan. 


Perusahaan sangat kritis dan selektif dalam memilih calon pekerja

Perusahaan Sangat Kritis Dan Selektif Dalam Memilih Calon Pekerja - Photocredit: Style.tribunnews
Photocredit: Style.tribunnews

Sebagai fresh graduate, Kamu sudah menargetkan perusahaan yang akan menjadi tujuanmu. Tetapi, perlu diingat bahwa kamu tidak sendiri. Apalagi jika kamu melamar di perusahaan besar. Banyak sainganmu yang juga ikut mendaftar ditambah harus akan melewati serangkaian tes yang sangat melelahkan. Setiap perusahaan memiliki tahapan tes yang berbeda-beda, tetapi yang paling horor bagi calon pencari kerja adalah wawancara user. Jika kamu tidak lulus pada tahapan ini, sesungguhnya itu menyakitkan, Sahabat Trivia karena tahapan inilah yang umumnya menjadi penentu akhirmu.


Ada kalanya kamu ditolak perusahaan

Ada Kalanya Kamu Ditolak Perusahaan - Photo credit: careerattraction
Photo credit: careerattraction

Setelah mengirim CV ke berbagai perusahaan baik secara online maupun mendatangi job fair, ada kalanya CVmu diabaikan begitu saja. Banyak faktor yang membuat pihak HRD tidak melihat CVmu, Salah satunya kurang menarik. Saat-saat seperti ini harusnya kamu lebih introspeksi diri sehingga ke depannya menjadi lebih baik lagi. 


Saat interview, tidak jarang kamu diremehkan

Saat Interview, Tidak Jarang Kamu Diremehkan - Photo credit: Today
Photo credit: Today

Interview berguna untuk menggali lebih dalam mengenai dirimu. Para interviewer akan menanyakan segala hal seperti keluargamu, latar belakang pendidikan, kemampuan, bahkan pacar sekalipun. Selain itu, juga ada beberapa pertanyaan yang menjebak yang mengharuskanmu memilih di antara 2 pilihan dan terkadang pertanyaan tersebut dibarengi kesinisan sang interviewer. Mereka akan terkesan meremehkanmu yang tujuan sebenarnya adalah untuk menguji dirimu apakah kamu layak atau tidak.


Terkadang rencanamu tidak sesuai kenyataan

Terkadang Rencanamu Tidak Sesuai Kenyataan - Photocredit: elisamortiz
Photocredit: elisamortiz

Rencana yang sudah kamu rangkai jauh sebelum kamu wisuda terkadang belum tentu terealisasikan. Banyak faktor yang menjadi penyebab, baik itu dirimu sendiri maupun lingkungan. Kalau sudah begini, yang hanya bisa kamu lakukan adalah bersabar dan menunggu waktu. 

BACA JUGA


Grand Launching Rumah Millennials Akan Segera Hadir. Ini Dia 4 Alasan Kamu Nggak Boleh Melewatkannya!

Grand Launching Rumah Millennials Akan Segera Hadir. Ini Dia 4 Alasan Kamu Nggak Boleh Melewatkannya!

Definisi seperti apa yang tepat menggambarkan generasi baru ini? Nah, kalau kamu mau tahu jawabannya, kamu harus datang ke acara Grand ...

Read more..

Itu tadi beberapa hal yang harus kamu ingat sebagai sarjana muda. Akan banyak rintangan yang kamu lewati dan yang paling utama, jangan menyerah, terus berusaha, dan berdoa. Selamat datang di dunia pekerjaan Sahabat Trivia!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sehabis Lulus Kuliah. Kamu yang Sarjana Muda, Wajib Baca Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Zara Widya | @zarawdy

Visit hey-raa.blogspot.co.id

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week