Hanya Karena Berbeda, Hate Speech Merajalela. Jika Kamu Masih Melontarkan Komentar Menyakitkan, Mungkin Pikiran Kamu Belum Terbuka

Photo credit: Newseum

Hanya Karena Berbeda, Hate Speech Merajalela. Jika Kamu Masih Melontarkan Komentar Menyakitkan, Mungkin Pikiran Kamu Belum Terbuka

300
Melihat sosok yang berbeda dari kamu atau kebanyakan orang kadang membuat kamu memandangnya sebelah mata. Tapi, kalau sudah mengenalnya, mungkin pandangan kamu akan berubah untuk mereka.

Indonesia ini diisi dengan keberagaman, mulai dari ras, suku, adat, agama, dan lain sebagainya. Soal perilaku individu, sudah pasti juga berbeda-beda. Hobi, ketertarikan, ketidaksukaan, dan lain sebagainya pun berbeda-beda. Kadang beberapa dari kita ada yang merasa perbedaan tersebut menjadi hal yang aneh. Karena kita terlalu terbiasa dengan keseragaman, bukan keberagaman. Padahal keberagaman membuat kita menjadi kaya dan unik. Banyak orang yang dengan mudah mencaci maki orang lain di sosial media, padahal kalau saja kita bertemu dengan orang yang dicaci-maki secara langsung itu sangat tidak sopan. Atau bahkan ada juga orang yang hanya berani mencaci-maki melalui media sosial saja. Padahal ketika bertemu langsung, belum tentu mereka berani bicara seperti yang ia lontarkan di media sosial. Fenomena ini memang sedang marak terjadi dalam pergaulan kids zaman now. Sayangnya, mereka terkadang bangga dengan apa yang mereka lakukan. Padahal hal tersebut menandakan kalau pikirannya yang sempit.

Beberapa orang sangat gemar membuka media sosial hanya ingin mengomentari keburukan orang lain. Beberapa lagi membuka media sosial memang hanya untuk bersosialisasi saja. Kalau kamu pilih yang mana, Sahabat Trivia? Hate speech bisa dilontarkan kepada siapa saja yang tidak kamu sukai atau dari siapa saja yang tidak menyukai kamu. Seperti yang ada dalam video Gita Savitri Devi. Influencer cantik satu ini membuat konten video yang menyentuh dan menyadarkan kita semua tentang menyebar kebencian melalui media sosial, hate speech yang sering orang lontarkan untuk orang lain. Nah, supaya tidak semakin penasaran, langsung saja yuk lihat videonya!


Video The Hate You Give mungkin bisa membuat pikiran kamu semakin terbuka dengan keberagaman yang ada

Video credit: YouTube/Gita Savitri Devi

Nah, dari video ini, banyak sekali nilai yang bisa kita ambil bersama-sama nih, Sahabat Trivia. Berikut ini nilai yang mungkin bisa kamu ambil dan resapi sebagai sesama manusia yang wajib untuk saling menghargai agar pikiran kita tak lagi sempit.


Bedakan hate speech dan kritik

Photo credit: Newseum

Kita mungkin tidak sadar kalau yang sebenarnya sedang kita lakukan adalah hate speech, meski maksudnya adalah untuk memberi kritik. Memberi kritik bisa sangat membangun seseorang yang kamu beri kritik untuk bisa jadi orang yang jauh lebih baik lagi. Tapi, kalau hate speech, bisa membuat orang sakit hati dan kembali membenci kamu. Hate speech menjadi masalah ketika orang yang melontarkannya mulai mengancam kamu atau menyakiti kamu secara langsung. Mencari musuh memang mudah, tapi mencari teman sungguh sulit. Kalau kesulitan untuk berteman, sebaiknya jangan pula mencari musuh dengan hate speech.


Batas kebaikan orang tidak bisa disamakan

Photo credit: Bintang

Dalam video ini ada seorang waria yang sepakat dengan tindakan orang melakukan hate speech karena dalam jiwa orang tersebut ingin orang lain menjadi lebih baik, versi orang itu. Sementara batas kebaikan orang itu berbeda-beda. Jadi, untuk menjadi yang terbaik kamu bisa mulai dari diri sendiri terlebih dahulu. Siapa tahu ketika kamu sudah berhasil menjadi orang baik, orang lain bisa mengikuti jejak kamu supaya bisa jauh lebih baik lagi deh.


Semua tentang hati


Bagaimana pun, apa yang kita lakukan haruslah dengan hati. Inilah yang dilakukan oleh salah seorang yang ada dalam video di atas. Ia adalah orang yang memiliki banyak sekali tato pada tubuhnya. Hal itu membuat dirinya menadi minoritas dalam lingkungannya. Namun, hal tersebut tidak membuatnya berhenti untuk berkarya karena pada akhirnya apa yang kamu lakukan haruslah dari hati dan hati tidak pernah mengkhianati.


Bertemanlah di dunia nyata

Photo credit: Life Teen

Dunia maya tidak menajdi patokan untuk bisa mengenal orang jauh lebih dekat. Pada akhirnya, kita akan saling dan semakin kenal ketika sudah bertemu di dunia nyata dan sudah berteman di dunia nyata. Tentu rasanya akan berbeda karena kamu mungkin akan menemukan kecocokan dengan orang yang selama ini mendapatkan komentar negatif tentang diri mereka di dunia maya.


Cari persamaannya dibandingkan perbedaannya

Photo credit: The VINAZINE

Siapa yang tahu ketika kamu sudah bertemu dengan seseorang yang kamu tidak suka dan ketika melihat mereka di dunia maya, ternyata mereka memiliki hobi yang sama dengan kamu. Atau mungkin menyukai grup musik yang sama. Persamaan itu ternyata menyenangkan, bahkan kamu bisa banyak berbagi informasi tentang hal yang kamu dan dia sukai.

BACA JUGA


Ubah Senin Jadi Hari Favorit Kamu dengan 6 Cara Ini. Nggak Akan 'I Hate Monday' Lagi Deh!

Ubah Senin Jadi Hari Favorit Kamu dengan 6 Cara Ini. Nggak Akan 'I Hate Monday' Lagi Deh!

Sebenarnya, kamu nggak perlu takut lagi dengan hari Senin, coba deh beberapa hal ini yang dapat mengubah mood buruk kamu menjadi mood yang ...

Read more..

Pada akhirnya, kita mengenal orang tidak bisa hanya dari isi media sosialnya saja, tapi dari bagaimana kamu mengenal orang tersebut secara langsung. Mungkin kamu bisa menjadi sahabat atau teman yang paling akrab di dunia ini padahal sebelumnya kamu sering melontarkan komentar negatif kepada orang tersebut.


Mau tahu topik-topik kekinian yang diulas secara mendalam? Cari tahu di Tahu Banget!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Hanya Karena Berbeda, Hate Speech Merajalela. Jika Kamu Masih Melontarkan Komentar Menyakitkan, Mungkin Pikiran Kamu Belum Terbuka". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rezita Rani | @rezitarani

Silahkan login untuk memberi komentar