Hari Ini Aku Meluruskan Hoax yang Dishare di Grup WhatsApp. Aku #PahlawanZamanNow

photo credit: blogunik

Hari Ini Aku Meluruskan Hoax yang Dishare di Grup WhatsApp. Aku #PahlawanZamanNow

310
Banyak yang mengatakan "diam itu emas", namun ternyata, di saat-saat tertentu, meluruskan sebuah berita yang salah dapat membuat kamu merasa sangat baik, loh.

Menjadi bagian dari beberapa organisasi dan kelompok, sudah merupakan hal wajar untukku memiliki banyak grup di aplikasi WhatsApp. Setiap hari, tidak hentinya anggota-anggota grup ini membagikan macam-macam hal dan berita dari berbagai sumber. Mulai dari berita terbaru tentang dunia politik, cerita-cerita artis yang on trend, sampai ke lelucon-lelucon yang mengundang tawa, selalu ada saja yang jadi bahan perbincangan di grup-grup ini, tidak terkecuali grup kostanku. Aku termasuk salah satu orang yang kurang aktif dalam obrolan-obrolan di grup dan lebih senang menjadi silent reader, kecuali di saat-saat aku merasa harus atau dituntut untuk berbicara.


photo credit: Eztalk

Beberapa waktu lalu, di grup WhatsApp kosanku yang tidak pernah sepi itu, salah seorang temanku membagikan sebuah link dari satu portal media online yang berisi tentang berita registrasi nomor prabayar dari KOMINFO yang mengharuskan kita mengirimkan nama ibu kandung. Saat itu, jujur saja aku sedang tidak terlalu berniat bergabung dalam obrolan itu karena aku sedang memiliki cukup banyak pekerjaan dan terlebih lagi aku kurang yakin dengan keaslian berita tersebut. Akhirnya, aku memutuskan untuk melanjutkan pekerjaanku dan mengabaikan obrolan tersebut tanpa benar-benar serius membaca isi dari link yang dishare oleh temanku.

Selang beberapa hari setelah berita itu tersebar, saat jam istirahat makan siang di kantor, teman-temanku tiba-tiba mengangkat topik yang sama dengan yang dibicarakan oleh grup WhatsApp kost-an. Namun, apa yang dibicarakan mereka berbeda dengan isi link yang temanku share di grup WhatsApp hari itu. Menurut beberapa sumber berita besar dan terpercaya yang mereka baca, berita tentang keharusan melakukan registrasi nomor prabayar dengan mengirimkan nama ibu kandung tersebut tidak benar adanya. Aku mulai berpikir, jadi, mana berita yang benar?


photo credit: Huffington Post

Walaupun begitu, aku masih belum juga ikut berbicara di grup dan hanya membaca serta memperhatikan update apa yang teman-temanku dapatkan tentang isu yang semakin hari semakin tidak jelas. Malam itu, aku menyibukkan diriku dengan tugas kantor yang deadline-nya tinggal beberapa hari lagi. Setelah merasa cukup dengan apa yang sudah aku kerjakan, aku pun pergi tidur tanpa membuka lagi grup WhatsApp kosanku.

Sampai akhirnya, dalam perjalanan menuju kantor pagi ini, aku membaca sebuah halaman di situs resmi KOMINFO mengenai imbauan registrasi nomor prabayar dan ternyata memang benar bahwa registrasi tersebut tidak perlu menggunakan nama ibu kandung. Secara impuls, aku langsung membuka aplikasi WhatsApp dan melihat isi pembicaraan grup yang masih ramai tersebut. Tampaknya, teman-temanku masih belum mengetahui berita yang sebenarnya.


photo credit: Metro

Pada akhirnya, setelah beberapa hari diam, aku memutuskan untuk angkat bicara dalam obrolan tersebut dan meluruskan hoax yang tidak jelas sumber aslinya itu. Aku sampaikan baik-baik kepada anggota-anggota grup WhatsApp ini bahwa sebaiknya kita hanya percaya pada berita yang sumbernya jelas. Tanpa kusadari, tanggapan yang teman-temanku berikan membuatku menghela napas lega. Mereka akhirnya mengetahui kebenaran dari berita beberapa minggu terakhir ini simpang siur dan tidak jelas. Banyak yang mengatakan "diam itu emas", namun di saat-saat seperti ini meluruskan sebuah berita yang salah dapat membuat kamu merasa sangat baik, loh. Aku bangga mengatakan bahwa hari ini, aku meluruskan hoax yang di-share di grup WhatsApp kostan. Aku #PahlawanZamanNow.

BACA JUGA


Hari Ini Aku Membukakan Pintu dan Mengangkat Belanjaan Seorang Nenek ke Dalam Angkutan Umum. Aku #PahlawanZamanNow

Hari Ini Aku Membukakan Pintu dan Mengangkat Belanjaan Seorang Nenek ke Dalam Angkutan Umum. Aku #PahlawanZamanNow

Seorang nenek mengingatkanku kembali akan istilah "Surga ada di telapak kaki ibu

Read more..

Jadi, perbuatan baik apa yang sudah Sahabat Trivia lakukan hari ini?




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Hari Ini Aku Meluruskan Hoax yang Dishare di Grup WhatsApp. Aku #PahlawanZamanNow". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Tasha Pribadi | @tashapribadi

Silahkan login untuk memberi komentar