Hari Nasional Museum Indonesia. Ayo, ke Museum-Museum Keren Indonesia Ini Buat Destinasi Wisatamu!

photo credit: Aneka Tempat Wisata

Hari Nasional Museum Indonesia. Ayo, ke Museum-Museum Keren Indonesia Ini Buat Destinasi Wisatamu!

280
Penetapan tanggal 12 Oktober sebagai Hari Nasional Museum Indonesia didasarkan atas Musyawarah Museum se-Indonesia atau yang disebut dengan (MMI), pada tanggal 12-14 Oktober 1962, Yogyakarta.

Hari ini, 12 Oktober ditetapkan sebagai Hari Nasional Museum Indonesia. Ayo, kamu sudah tahu belum? Penetapan tanggal 12 Oktober sebagai Hari Nasional Museum Indonesia didasarkan atas Musyawarah Museum se-Indonesia atau yang disebut dengan (MMI), pada tanggal 12-14 Oktober 1962, Yogyakarta. Nah, di saat itu pula pertemuan tersebut menghasilkan 10 resolusi penting bagi dunia permuseuman. Sekarang ini, museum-museum sudah kece banget lho! Ada banyak museum di Indonesia yang keren dan wajib banget kamu datangi. Jadi, jalan-jalannya jangan cuma pergi ke mall saja. Seru-seruan juga di museum. Dijamin nggak kalah asyiknya kok. Malahan, bisa lebih ramai dan asyik kalau kamu pergi ke sana bersama teman-teman atau keluarga kamu.

Banyak sekali rekomendasi museum-museum Indonesia yang bisa kamu kunjungi. Kalau kamu lagi mampir ke salah satu kota, jangan lupa juga buat tamasya ke museumnya.


Museum Tsunami, Aceh

photo credit: Pedoman Wisata

Museum Tsunami di Aceh ini dibuat untuk mengenang bencana hebat yang pernah terjadi di Aceh tanggal 26 September 2004. Letaknya ada di pusat kota Banda Aceh. Museum ini dibangun oleh BRR Nad – Nias dan didesain oleh M.Ridwan Kamil lho, Sahabat Trivia. Bukan hanya menjadi sebuah bangunan monumen, tapi museum ini juga menjadi simbol kekuatan bagi masyarakat Aceh dalam menghadapi sebuah bencana besar yang telah menimpa mereka. Oh iya, selain menjadi museum tempat ini juga dijadikan sebagai tempat pendataan, pusat penelitian, dan pembelajaran tentang tsunami Aceh. Jika kamu perhatikan dari atas, bangunan ini akan tampak seperti gelombang tsunami. Jika dilihat dari bawah akan tampak seperti kapal penyelamat yang besar.


Taman Pintar, Jogja

photo credit: Taman Pintar

Kalau kamu mau liburan ke museum dan mengajak adik kecil atau keponakan kamu, Taman Pintar ini wajib banget kamu hampiri. Dulunya, Taman Pintar ini adalah sebuah pusat perbelanjaan yang kemudian direlokasi pada tahun 2004. Ada 3 gedung utama dengan berbagai macam wahana di Taman Pintar Yogyakarta ini, yaitu Gedung Kotak, Gedung Oval, dan Gedung Memorabilia. Mau tahu apa saja isinya, cobain sendiri datang ke sana ya!


Museum TB Silalahi, Medan

photo credit: kiponamura

Saat kamu masuk ke museum ini maka kamu akan langsung disambut oleh patung T.B Silalahi dengan pakaian perwira dan didampingin oleh seekor singa. Tujuan museum ini dibangun adalah untuk memberikan motivasi kepada anak-anak muda mengenai perjuangan T.B Silalahi anak gembala yang bisa menjadi jenderal, selain tentunya untuk melestarikan budaya batak. Bakalan seru banget nih karena kamu bisa mengenai berbagai macam budaya batak. Hal menarik yang ada ada museum ini adalah adanya replika hutan batak. Kayaknya makin matching kalau kamu ke sana dengan outfit daerah batak deh!


Museum Kata Andrea Hirata, Belitung

photo credit: Gaya Hidup

Kamu yang tonton film Laskar Pelangi, pasti tahu kan nama Andrea Hirata? Film "Laskar Pelangi" yang sukses di pasaran, semakin melambungkan Belitung sebagai tempat kelahiran sang penulis yang juga merupakan setting dari film "Laskar Pelangi". Museum ini didirikan oleh Andrea Hirata yang terletak di Jalan Raya Laskar Pelangi No.7, Gentong, Belitung Timur. Museum ini menyimpan berbagai macam jenis literatur, di antaranya literatur seni, musik, anak, dan masih banyak lagi yang lainnya. Oh iya, di sekitar bangunan Museum Kata Andrea Hirata ini juga ada rumah-rumah yang umurnya sudah 200 tahun lebih lho. Duh, jadi pengin ke sini deh!


Museum Angkut, Malang

photo credit: Aneka Tempat Wisata

Museum Angkut ini menjadi museum pertama di Asia Tenggara yang mengangkat tema transportasi. Dibuka untuk umum pada tanggal 9 Maret 2014, memiliki banyak jenis koleksi moda transportasi seperti becak, pedati, sepeda onthel, dan masih lagi yang lainnya. Uniknya lagi, museum ini mendatangkan berbagai jenis transportasi dari berbagai belahan dunia, dari yang tradisional sampai modern. Kamu yang suka foto-foto, museum ini jadi tempat yang kece banget. Sudah lihat kan banyak orang yang foto-foto di Museum Angkut ini.


Museum Mini Sisa Hartaku, Yogyakarta

photo credit: Wisata Indonesiana

Di Museum Mini Sisa Hartaku, kamu bisa melihat benda-benda yang tersisa setelah tragedi meletusnya Gunung Merapi. Museum ini berada di daerah Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Awalnya museum ini adalah sebuah rumah milik pasangan Kimin dan Wati yang menjadi salah satu korban dari korban letusan Gunung Merapi di tahun 2010. Pasangan suami-istri ini awalnya tidak sama sekali berencana untuk menjadikan rumah mereka menjadi museum. Setelah, situasi dinyatakan aman, mereka pun kembali ke rumah di bulan April 2011 dan membersihkannya. Rumah yang merupakan perjuangan keluarganya itu pun sangat ingin dijaga dan dirawat, meskipun hanya tersisa puing-puing.

Salah satu yang menarik saat kamu berkunjungi ke sini adalah sebuah jam dinding yang tersisa dari tragedi letusan. Jam tersebut menunjukkan pukul 00.05 WIB, waktu yang menunjukkan erupsi Gunung Merapi itu terjadi. Masih banyak lho benda-benda peninggalan menarik lainnya, dijamin bikin kamu penasaran dan takjub dengan ganasnya letusan Gunung Merapi yang terjadi di tahun 2010 silam.


Museum Kartun Indonesia, Bali

photo credit: antiketombe

Kalau ke Bali, jangan cuma mampir ke pantainya saja, cobain deh datang ke Museum Kartun. Tahu nggak sih, ternyata Museum Kartun ini menjadi yang satu-satunya di Indonesia dan juga Asia Tenggara lho. Wah, kamu patut berbangga nih! Apalagi buat kamu yang suka banget sama kartun, mata kamu akan dimanjakan dengan berbagai tema kartun yang menarik. Oh iya, di museum ini juga menyimpan koleksi kartun karya Presiden Soekarno. Bila kamu ingin dibuatkan karikatur, di sini juga ada lho pelukisnya yang bisa membuatkan. Diresmikan pada tahun 2008, karya-karya yang ada di sini hanya berasal dari para kartunis Indonesia. Sudah ada 200 karya anak bangsa yang ada di museum ini. Pokoknya nggak akan nyesel deh kalau berkunjung ke sini!

BACA JUGA


7 Museum yang Asyik Sekali untuk Dikunjungi di Bandung

7 Museum yang Asyik Sekali untuk Dikunjungi di Bandung

Sejarah harus kita pelajari agar kita mengerti kejadian di masa kini dan berusaha yang terbaik untuk masa depan. Ayo pelajari sejarah di ...

Read more..

Jadi, mau ke museum mana dulu nih kamu?




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Hari Nasional Museum Indonesia. Ayo, ke Museum-Museum Keren Indonesia Ini Buat Destinasi Wisatamu!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Qiqi NurIndahSari | @qiqinurindahsari

Hi,Q! www.qiqinurindahsari.com

Silahkan login untuk memberi komentar