Hati-Hati Berita Hoax! 5 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan Sebelum Percaya Apalagi Menyebarkan Berita Kontroversial

Mirro

Hati-Hati Berita Hoax! 5 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan Sebelum Percaya Apalagi Menyebarkan Berita Kontroversial

1.3K
Nah, biar kamu nggak kena jebakan betmen lagi alias kemakan berita bohong, lakukan 5 hal berikut ini.

Berita hoax memang seringkali dibuat oleh suatu golongan untuk kepentingan-kepentingan tertentu. Bisa jadi karena iseng, mencari popularitas, atau juga karena kebencian terhadap tokoh tertentu, contohnya berita hoax tentang meninggalnya Mario Teguh yang pernah santer beredar bulan lalu. Nah, biar kamu nggak kena jebakan betmen lagi alias kemakan berita bohong, lakukan 5 hal berikut ini.


1. Stay calm, belum tentu berita yang beredar itu beneran

photo credit: Mirro

Era informatika membuat berita jadi gampang banget tersebar ke mana-mana. Mau itu berita penting sekelas Badai di Busan, sampai berita nggak penting sekelas Ayu Ting-Ting berduaan sama Raffi Ahmad, semuanya ada! Tapi ingat deh. Nggak semua berita yang tersebar di masyarakat itu beneran, kan? Jangan panik dulu.


2. Masuk akal nggak ya? Think rationally!

photo credit: Big Think

Ketika menerima informasi, salah satu bagian dari tubuh kita yang menyaring masuk akal atau tidaknya suatu berita adalah otak kita. Nah, di sini rasionalitas pikiran kamu akan diuji untuk menangkap benar tidaknya sebuah berita. Proses ini sama halnya dengan ketika kamu mengobrol dengan orang yang dihadapanmu. Mau dia bohong atau jujur, pikiranmu sendiri kan yang bisa menilai?


3. Cek kevalidan sumber berita yang menyebarkan

photo credit: slism

Meskipun cuma kabar angin, tapi pastinya ada dong sumber berita yang membuat berita itu jadi santer? Coba periksa kembali apakah media/orang yang menyebarkan itu cukup bisa dipercaya kebenarannya atau tidak. Misalnya berita meninggalnya Mario Teguh yang disebarkan oleh portal berita online yang kredibilitasnya tidak bisa dipertanggungjawabkan.


4. Cari referensi lain dari berbagai sumber

photo credit: BBC

Punya smartphone canggih cuma buat instagram-an, nge-path, sama chattingan sama gebetan? Please don’t! Coba deh, kroscek kabar angin yang kamu dapetin dengan berseluncur ke dunia maya. Bener nggak sih beritanya? Atau cuma kabar angin belaka?


5. Tunggu statement resmi dari pihak yang jadi korban

Setiap berita pasti punya level of annoying yang beda-beda. Ada yang pantas untuk dicuekin, ada juga yang sampai dibutuhkan konferensi pers untuk menanggapinya. Kalau memang sampai mengganggu banget, korban/tokoh yang kamu suka pasti akan mengklarifikasi kebenarannya kok. Tenang, kebenaran pasti akan terungkap!


Itu tadi lima rahasia biar kamu nggak jatuh di lubang yang sama alias ketipu berita hoax lagi. By the way, berita hoax apa sih yang selama ini paling ngeselin buat kamu? Share di kolom komentar ya!


#NulisTiapHari #TriviaWritersChallenge


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Hati-Hati Berita Hoax! 5 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan Sebelum Percaya Apalagi Menyebarkan Berita Kontroversial". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dea Martha Maesita | @deamaesita

Love to write since Junior High School. Work as a Social Media Specialist & Web Content Editor at one of start-up company in Jakarta. Catch me on: imajidea.com

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week