Heboh Kabar Harvey Weinstein Lecehkan Artis-Artis Hollywood. Lindungi Dirimu, Berikut 5 Bentuk Pelecehan yang Harus Kamu Tahu!

Photo credit: Okezone Celebrity

Heboh Kabar Harvey Weinstein Lecehkan Artis-Artis Hollywood. Lindungi Dirimu, Berikut 5 Bentuk Pelecehan yang Harus Kamu Tahu!

285
Industri hiburan di Hollywood nampaknya sedang tidak kondusif, karena seorang produser ternama, Harvey Weinstein tengah dikabarnya melakukan pelecehan seksual kepada beberapa artis Hollywood. Benarkah?

Kabar bahwa Harvey Weinstein, seorang produser yang tengah diisukan terlibat kasus pelecehan seksual ini nampaknya sedang jadi konsumsi hangat yang patut untuk dibahas. Pasalnya pelecehan seksual merupakan kriminalitas yang tidak bisa ditolerir lagi. Ternyata pelecehan seksual yang tengah diisukan kepada Harvey Weinstein ini sudah dirasakan para artis sejak beberapa tahun lalu. Namun, berhubung Harvey Weinstein merupakan salah satu orang di dunia hiburan yang cukup berpengaruh di Hollywood, kasus pelecehan seksual yang kerap diarahkan kepadanya hilang begitu saja. Sejumpah artis seperti, Angelina Jolie, Rose McGowan, Ashley Judd, dan beberapa lainnya bahkan mengaku pernah menjadi sasaran pelecehan seksual Harvey Weinstein. Mereka bahkan disuruh untuk melakukan kegiatan seksual yang tidak mereka inginkan bersama Harvey Weinstein.

Belakangan semakin banyak artis yang muak dengan kelakuan Harvey Weinstein yang mulai di luar kendali. Satu persatu selebriti membuka kelakuan Harvey Weinstein yang selama ini berusaha ia tutup-tutupi. Salah satu selebriti yang pernah mengungkapkan kejadian tidak pantas yang ia alami bersama Weinstein, yaitu Ashley Judd. Ia mengungkapkan bahwa dirinya bahkan pernah diajak masuk ke kamar hotel.

Akhirnya sejak The New York Time mengeluarkan laporan skandal pelecehan seksual produser film AS, Harvey Weisntein, semakin banyak korban terutama di kalangan selebriti yang membuka suara mereka. Akibat perilakunya ini, Harvey Weisntein pun harus menerima nasibnya yang didepak dari Oskar dan tidak akan pernah lagi menjadi bagian dari nominasi bahkan penghargaan dari Oskar. Kasus pelecehan seksual juga kerap terjadi di Indonesia. Korbannya kebanyakan adalah perempuan dan anak-anak. Hal inilah yang wajib dipahami oleh kita semua, terutama kamu para perempuan, apa saja bentuk-bentuk pelecehan seksual yang wajib kamu pahami.


1. Pelecehan fisik

Photo credit: 인사이트

Salah satu bentuk pelecehan fisik melalui sentuhan yang tidak diinginkan yang mengarah pada kegiatan seksual. Misalnya, mencium, menyentuh, melirik, atau menatap dengan pandangan yang penuh nafsu. Terkadang, kita suka tidak menyadari seseorang yang memperhatikan kita dengan tatapan yang penuh penasaran atau mengarah ke nafsu. Jadi, di mana pun Sahabat Trivia berada, kamu harus waspada dan berhati-hati ya, Sahabat Trivia!


2. Pelecehan dalam bentuk lisan

Photo credit: MEN

Salah satu bentuk pelecehan secara lisan adalah ketika seseorang komentar secara verbal sesuatu yan tidak diperkenankan oleh korban. Baik dalam hal mengomentari bentuk atau lekuk tubuh, penmpilan seseorang atau berkomentar tentang sesuatu yang bernada seksual. Catcall juga salah satu jenis pelecehan seksual bentuk lisan loh, Sahabat Trivia.


3. Pelecehan isyarat

Photo credit: LINK Kerja

Jika ada seseorang yang melakukan gerakan yang mengarah pada seksual, itu tandanya orang tersebut sedang melakukan pelecehan seksual dalam bentuk isyarat kepada kamu nih, Sahabat Trivia. Salah satu tanda seseorang tengah melakukan pelecehan seksual dalam bentuk isyarat adalah mengerlingkan mata berkali-kali atau melakukan isyarat dengan jari.


4. Pelecehan dalam bentuk tertulis

Photo credit: theBERRY

Pelecehan bentuk ini mungkin sering juga kamu temukan nih, Sahabat Trivia. Pelecehan ini bisa dilakukan dengan cara mengirimkan pesan singkat atau mengomentari status di media sosial kamu dengan kata-kata yang tidak pantas seputar seksual. Selain itu, pelaku juga biasanya tidak hanya mengirimka tulisan, tapi mengirimkan foto berbau pornografi, poster, atau lain sebagainya.


5. Pelecehan dalam bentuk psikologis juga sering kali dialami banyak orang

Photo credit: Okezone Celebrity

Ini mungkin salah satu pelecehan seksual yang dilakukan oleh Harvey Weinstein. Karena seseorang yang melakukan pelecehan psikologis ini melakukan aksinya dengan cara mengajak hingga memaksa melakukan sesuatu yang tidak kamu inginkan. Lebih parah lagi, mereka melakukannya dengan tambahan mengancam korban.

BACA JUGA


Catcall, Pelecehan Terhadap Perempuan yang Tak Bisa Ditoleransi. Lindungi Dirimu dengan 5 Tindakan Ini!

Catcall, Pelecehan Terhadap Perempuan yang Tak Bisa Ditoleransi. Lindungi Dirimu dengan 5 Tindakan Ini!

Tindakan catcall tak bisa dianggap sepele. Saat jalan, lalu digoda kumpulan pria yang bertanya "Cewek, mau ke mana?" atau "Teteh, cantik ...

Read more..

Nah, setelah mengetahui batasan-batasan pelecehan seksual yang ada di atas, semoga kamu jadi semakin berhati-hati dan waspada di mana pun kamu berada. Jangan lupa kamu juga harus berhati-hati kepada orang-orang terdekat, karena pelecehan seksual bisa saja dilakukan oleh orang-orang terdekat kamu loh, Sahabat Trivia!


Mau tahu topik-topik kekinian yang diulas secara mendalam? Cari tahu di Tahu Banget!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Heboh Kabar Harvey Weinstein Lecehkan Artis-Artis Hollywood. Lindungi Dirimu, Berikut 5 Bentuk Pelecehan yang Harus Kamu Tahu!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rezita Rani | @rezitarani

Silahkan login untuk memberi komentar