Hukuman Masa Sekolah yang Sering Diterapkan di Indonesia, Kamu Pernah Dapat Hukuman yang Mana?

Photo Credit : tebakanimenesia

Hukuman Masa Sekolah yang Sering Diterapkan di Indonesia, Kamu Pernah Dapat Hukuman yang Mana?

747
Hampir sebagian besar siswa pernah mendapat hukuman dari guru, baik karena ngobrol di kelas, lupa membawa buku, tidak mengerjakan PR, hingga pelanggaran tata tertib. Kamu pernah dapat hukuman yang mana, Sahabat Trivia?

Akhir-akhir ini beredar kabar mengenai beberapa siswa sekolah dasar yang dihukum dengan sengatan listrik hingga membuat seorang siswa trauma dengan kejadian tersebut. Hukuman memang lazim diterapkan di lembaga pendidikan untuk mengantisipasi siswa berbuat kecurangan dan menegakan tata tertib. Namun sungguh disayangkan, mengingat hukuman yang diberikan hendaknya bersifat edukatif dan membuat jera siswa.

Hampir sebagian besar siswa pernah mendapat hukuman dari guru, baik karena ngobrol di kelas, lupa membawa buku, tidak mengerjakan PR, hingga pelanggaran tata tertib. Berikut 7 hukuman yang sering diterapkan di Indonesia!


1. Berdiri dengan satu kaki

Hukuman ini merupakan salah satu hukuman populer di sekolah dari zaman dulu sampai sekarang. Hukuman berdiri dengan satu kaki biasanya disertai dengan menjewer terlinga sendiri hingga pelajaran berakhir. Siswa yang mendapat hukuman seperti ini merupakan siswa yang malas mengerjakan PR atau membuat gaduh di kelas. Hayo, apakah Sahabat Trivia juga pernah dapat hukuman berdiri dengan satu kaki?

Photo Credit : bambifiles


2. Jewer telinga

Hukuman jewer telinga ini sering diberikan pada siswa yang suka ngobrol hingga tidak memperhatikan guru yang sedang menerangkan. Selain jewer telinga, biasanya ada hukuman yang lebih keras yaitu jewer telinga dengan arah memutar hingga menimbulkan bekas panas di telinga. Hukuman ini biasanya berlaku untuk siswa putra yang melakukan pelanggaran berat.


Photo Credit : kompasiana


3. Diusir keluar kelas

Bagi sebagian siswa, hukuman keluar kelas membuat mereka malu karena dianggap sudah melakukan kesalahan berat, tapi bagi sebagian lagi hukuman ini justru membuat mereka senang karena mereka dapat pergi ke kantin atau melakukan aktivitas lain di luar kelas. Duh, kalau sudah begini tingkat bandelnya sudah dalam taraf keterlaluan ya, Sahabat Trivia!


Photo Credit : ruangguru


4. Sit up dan push up

Hukuman sit up dan push up biasanya diberikan jika siswa berurusan dengan guru olahraga. Bagi siswa yang gemar berolah raga, hukuman ini tentu tidak masalah. Berbeda dengan siswa yang jarang berolah raga, hukuman sit up dan push up dalam jumlah tertentu ini merupakan hukuman paling melelahkan.


Photo Credit : prokal


5. Membersihkan lingkungan sekolah

Hukuman membersihkan lingkungan sekolah seperti menyapu kelas, memunguti sampah, sampai membersihkan toilet ini cukup ampuh membuat siswa jera. Selain itu, hukuman ini menguntungkan kita semua karena lingkungan sekolah semakin bersih.


Photo Credit : pinterest


6. Potong rambut

Hukuman potong rambut biasanya dialami oleh siswa laki-laki di SMP maupun SMA yang memiliki rambut di luar batas panjang rambut yang diperbolehkan sekolah. Guru tidak segan-segan memotong rambut secara sembarangan bahkan memangkas habis rambut. Alhasil, siswa yang terkena hukuman akan merasa malu karena menjadi bahan tertawaan teman-temannya.


Photo Credit : wowkeren


7. Menulis permintaan maaf

Meski hukuman menulis permintaan maaf ini cukup simpel, tapi cukup melelahkan, karena biasanya guru meminta siswa menulis permintaan maaf dalam beberapa lembar kertas. Selain itu, biasanya hukuman ini disertai dengan menulis surat pernyataan siswa atau bahkan orang tua untuk tidak mengulangi kesalahan.

Photo Credit : rumahdanie

BACA JUGA


Tipe-tipe Anak SMA, Mulai dari Si Kelelawar Sampai yang Berprestasi. Dari 10 Tipe Ini, Mana yang Sesuai dengan Kamu ?

Tipe-tipe Anak SMA, Mulai dari Si Kelelawar Sampai yang Berprestasi. Dari 10 Tipe Ini, Mana yang Sesuai dengan Kamu ?

Pasti di sekolah SMA akan ada seorang teman yang memiliki tipe unik seperti si jahil dan si rusuh. Nah, kamu dan teman kamu termasuk tipe ...

Read more..

Selain tujuh hukuman di atas, pastinya masih banyak hukuman lain yang sering diterapkan di sekolah. Hukuman sendiri bertujuan agar membuat siswa jera, bukan membuat siswa menjadi trauma seperti yang terjadi di beberapa kasus di Indonesia. Nah, Sahabat Trivia pernah dapat hukuman seperti apa di sekolah dulu?




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Hukuman Masa Sekolah yang Sering Diterapkan di Indonesia, Kamu Pernah Dapat Hukuman yang Mana?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dini Ardianty | @diniardianty

A bibliophile, full time writer, and vegetarian

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week