Ikut Peringati Hari Sejuta Pohon, Kenalan dengan Remaja yang Aktif di Bidang Lingkungan Ini, Yuk!

Ikut Peringati Hari Sejuta Pohon, Kenalan dengan Remaja yang Aktif di Bidang Lingkungan Ini, Yuk!

277
Pohon merupakan elemen penting yang dibutuhkan oleh bumi dan manusia agar lingkungan tetap sehat dan minim dari bencana.

Menurut penelitian, pohon diketahui bisa mengurangi kadar CO2 di udara yang kemudian menghasilkan O2. Selain itu, pohon juga dapat menahan laju air sehingga dapat lebih banyak diserap oleh tanah. Bahkan, tegakan pohon atau pohon-pohon yang berada pada satu area tertentu dan pohon tersebut berdaun jarum, dapat membuat 60% air hujan terserap tanah. Sedangkan tegakan hutan yang berdaun lebar membuat 80% air hujan terserap oleh tanah. Dengan begitu, pohon-pohon ini membantu meningkatkan cadangan air yang nantinya akan menentukan kesejahteraan manusia.

Belakangan ini, Indonesia tampaknya sedang gencar mengkampanyekan Gerakan Sejuta Pohon yang diharapkan akan menyadarkan kembali anak muda bahkan anak-anak kecil akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Nah, tanggal 10 Januari 2018 kemarin adalah peringatan Hari Sejuta Pohon loh, Sahabat Trivia!

Sebagai generasi muda harapan bangsa, tentu salah satu tugasnya adalah menjaga negaranya agar terus lestari dan terhindar dari bahaya bencana yang memilukan hati. Yuk, bersama lebih peduli dengan lingkungan! Seperti yang dilakukan oleh remaja-remaja yang aktif di bidang lingkungan hidup berikut ini!


Annisa Hasanah

Photo credit: goodnewsfromindonesia

Berawal dari keresahan Annisa dengan anak-anak sekarang yang kurang memiliki kesadaran untuk menjaga lingkungan. Akhirnya Annisa menciptakan sebuah permainan yang ia sebut Ecofunopoly. Sedikit banyak permainan ini mirip dengan perainan monopoli, hanya saja setiap tujuan diganti dengan hal-hal yang berbau lingkungan seperti listrik, panas, sampah, berbelanja, berwisata, daur ulang, dan lokasi penanaman. Setiap berhenti pada satu kotak, berdasarkan jumlah langkah dari lemparan dadu, pemain akan mendapatkan pertanyaan-pertanyaan seputar lingkungan sesuai dengan nama kotak pemberhentiannya. Misalnya, jika pemain berhenti di kotak listrik, maka ia akan mendapatkan pertanyaan seputar penggunaan listrik. Menarik dan sangat edukatif! Cocok dimainkan oleh anak-anak hingga dewasa agar semakin sadar akan kelestarian lingkungan.


Finnegan Frayn Harries

Photo credit: Pinterest

Sudah dari dalam negeri, ada juga nih anak muda asal London, Britania Raya, yaitu Finnegan Frayn Harries atau Finn Harries. Finn memiliki saudara kembar bernama Jack. Mereka berdua terkenal karena mereka aktif sebagai YouTuber. Jack kerap mengajak Finn untuk terlibat dalam videonya, baik dalam layar maupun di belakang layar alias mengedit dan membuat video YouTube mereka agar semakin kece. Finn merupakan seorang web designer dan filmmaker. Tidak heran mereka saling membantu satu dengan yang lainnya. Nama channel YouTube Finn dan Jack adalah JacksGap. Nah, selain dikenal sebagai web designer, filmmaker, dan YouTuber, kini Finn jauh lebih dikenal sebagai aktivis yang kerap kali menyuarakan tentang Climate Change atau Perubahan Iklim.


Tasya Kamila

Photo credit: kapanlagi

Siapa yang tidak kenal dengan Tasya Kamila. Dara cantik yang satu ini awalnya dikenal sebagai artis cilik yang memiliki suara merdu. Kini, Tasya sedang disibukkan dengan kegiatan perkuliahan di Columbia University, New York. Ternyata selain aktif melanjutkan pendidikan dan sesekali muncul di televisi dan channel YouTubenya, Tasya diangkat sebagai Duta Lingkungan Hidup oleh Kementerian Lingkungan Hidup Indonesia loh!


Yohanes Kevin Indrawan

Photo credit: youth4planet

Kevin Indrawan kini dikenal sebagai YouTuber yang patut diperhitungkan karena kontennya yang cukup menginspirasi. Tidak hanya isi video YouTubenya, kehidupan dan aktivitas Kevin juga banyak menginspirasi anak muda zaman sekarang. Kevin pernah menjadi salah satu Duta Lingkungan Hidup. Dengan dijadikannya Duta Lingkungan Hidup, Kevin berkesempatan untuk berangkat ke Kutub Utara dan menyaksikan sendiri bagaimana dampak perubahan iklim di Kutub Utara. Kesempatan ini dijadikan Kevin sebagai salah satu cara memberikan kesadaran kepada anak muda Indonesia tentang perubahan iklim yang terjadi di Kutub Utara. Dampak ini tidak hanya akan terjadi di Kutub Utara dan sekitarnya, tapi ke seluruh dunia, terutama Indonesia.


Nesha K. Inchida

Photo credit: Aneka

Ternyata Kevin tidak sendirian untuk berangkat ke Kutub Utara dan menyaksikan sendiri dampak perubahan iklim secara langsung di Kutub Utara. Kevin berangkat bersama Nesha K. Inchida. Nesha merupakan seorang perempuan yang pernah bersekolah di Universitas Terbuka Inggris, jurusan IPA. Pengalaman Nesha terhadap lingkungan, seperti mengurus pusat satwa liar rehabilitasi di Sulawesi Utara, Jawa, dan Bali, dan memiliki antusiasme serta minat yang kuat terhadap alam dan lingkungan, nampaknya membuat Nesha semakin dekat dengan cita-citanya untuk menjadi peneliti dan ilmuwan kelautan.

Makin bangga deh sama anak muda zaman sekarang yang ternyata masih banyak loh yang peduli terhadap lingkungan sampai-sampai beberapa di antaranya mendapatkan kesempatan untuk menjadi Duta Lingkungan Hidup!

BACA JUGA


Kevin Liliana, Miss International 2017 yang Banggakan Indonesia. Nih, 10 Fakta Menarik Mojang Bandung yang Punya Segudang Prestasi Ini!

Kevin Liliana, Miss International 2017 yang Banggakan Indonesia. Nih, 10 Fakta Menarik Mojang Bandung yang Punya Segudang Prestasi Ini!

Cantik, cerdas, dan berbakat. Kevin Liliana banggakan Indonesia dengan dinobatkan sebagai Miss International 2017

Read more..

Kalau bukan kita yang peduli dengan lingkungan dan bumi yang tanahnya sedang kita pijak ini, siapa lagi. Jadi, yuk mulai sekarang lebih peduli dan menyayangi lingkungan sekitar!


Mau tahu topik-topik kekinian yang diulas secara mendalam? Cari tahu di Tahu Banget!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ikut Peringati Hari Sejuta Pohon, Kenalan dengan Remaja yang Aktif di Bidang Lingkungan Ini, Yuk!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rezita Rani | @rezitarani

Silahkan login untuk memberi komentar