Ingin Cantik? Kamu Yakin Mampu Menahan Rasa Sakit dari 7 Ritual Kecantikan Ini?

Photo credit: cargocollective.com

Ingin Cantik? Kamu Yakin Mampu Menahan Rasa Sakit dari 7 Ritual Kecantikan Ini?

4.1K
Pepatah 'Beauty is pain' itu bukan hanya frasa yang dibicarakan dari bibir ke bibir, namun itu nyata adanya.

Menurutmu, apa sih definisi cantik? Secara umum, media massa sering menggambarkan bahwa perempuan cantik itu punya beberapa standar: kulit cerah dan bebas bulu, gigi rapi, badan langsing semampai, hidung mancung, dan sebagainya. Buat kamu yang terlahir tanpa kriteria tersebut, mungkin pernah berpikir untuk mengubah bagian tubuh yang kurang sempurna. Namun, perlu kamu ketahui, menjadi cantik tidaklah mudah dan murah. Hampir semuanya juga menuntutmu untuk menahan rasa sakit. Di bawah ini ada tujuh ritual kecantikan yang menyakitkan. Masihkah kamu ingin mencobanya?


Memakai Kawat Gigi


Satu senyuman punya kekuatan yang besar. Itu bisa mengubah suasana hatimu dan orang-orang di sekitarmu. Kamu pun pasti ingin terlihat sempurna, dan apapun akan kamu lakukan untuk mendapatkannya. Termasuk memakai kawat gigi agar gigi terlihat lebih rapi dan senyum jadi lebih menawan. Akan tetapi, memakai kawat gigi bukan hal yang sepele. Saat pemasangan, beberapa gigimu akan dicabut jika diperlukan.

Proses pembuatan dan persiapan, hingga kawat gigi selesai dipasang pun akan membuatmu bosan, sakit gigi, dan belum lagi biaya yang harus kamu bayarkan. Setelah itu, kamu harus rajin membersihkan gigi. Untuk jenis gigi tertentu, ada makanan yang tidak boleh kamu makan karena akan merusak kawat gigimu. Kamu pun harus rajin kontrol ke dokter gigi. Jika tidak, bisa-bisa kawat gigimu melukai bagian dalam mulutmu dan membuat sariawan.


Melakukan Facial


Memiliki wajah mulus tanpa jerawat, kerutan, dan flek hitam memang impian semua perempuan. Siapa yang tak ingin awet muda, dan merasa bersemangat ketika melihat wajah cerah di depan cermin meskipun belum menggunakan makeup? Setiap hari, wajah terpapar sinar matahari, debu, dan polusi. Belum lagi jika memakai makeup, wajah harus menanggung beban kimia yang masuk ke pori-pori kulit. Dengan begitu, jerawat dan masalah wajah lainnya lebih mudah muncul. Meskipun kamu sudah melakukan perawatan di rumah setiap pagi dan sore hari, itu tidak dirasa cukup. Maka kamu seringkali melakukan facial dengan berbagai metode. Facial pada umumnya dilakukan dengan memijat wajah dan memencet bakal-bakal komedo dan jerawat agar tidak membatu dan infeksi. Facial biasa seperti itu saja sudah terasa sakit, apalagi facial yang lebih ekstrim seperti Vampire Facial di atas.

Baca Juga: Ingin Wajah Lebih Cerah saat Kuliah? Ini 7 Langkah Mudah Facial di Rumah


Diet Ketat


Di matamu, setiap perempuan yang ramping cocok untuk memakai baju apa saja. Tak heran jika kamu pun sangat berjuang keras untuk menurunkan berat badan. Mungkin kamu akan menemui perempuan yang beruntung. Meskipun mereka makan lima kali sehari, mereka tidak perlu melakukan diet karena gen mereka memang langsing dari sananya. Saya adalah salah satu contohnya. Sementara kamu harus puas dengan porsi makanan yang sedikit, bahkan kadang tidak makan malam sama sekali. Kalau kamu memutuskan untuk diet, ingat untuk menghitung asupan nutrisi agar kesehatanmu tidak terganggu. Banyak lho, kasus perempuan yang pingsan karena diet terlalu ketat. Selain itu, kamu pun harus memperhatikan jadwal dietmu. Jangan melakukan diet menjelang hari raya keagamaan atau ulang tahun kantor. Yang ada, kamu akan rugi karena tidak bisa ikut makan-makan.


Memakai Korset


Selain diet, ada hal lebih instan yg bisa dilakukan untuk membuat tubuh terlihat lebih ramping yaitu memakai korset. Korset adalah kain pembebat yang biasa digunakan di daerah perut agar perut tampak lebih rata. Mungkin kamu mengenal korset zaman sekarang yang sudah dimodifikasi agar terasa lebih nyaman. Namun tahukah kamu, penggunaan korset sebenarnya dimulai pada tahun 1890-an? Pada masa tersebut, perempuan yang ideal adalah mereka yang memiliki tubuh bak jam pasir. Dada penuh, pinggang kecil, dan pinggul besar. Untuk mencapai tubuh yang ideal, banyak perempuan menggunakan korset magnet yang membebat badan mereka dengan sangat ketat. Saking ketatnya, tak jarang organ dalam tubuh seperti paru-paru pun jadi terganggu fungsinya.


Melakukan Waxing


Memiliki rambut halus di bagian tubuh seperti tangan, kaki, dan ketiak adalah hal yang wajar bagi manusia. Namun, sepertinya masyarakat modern memiliki standar kecantikan tak tertulis untuk perempuan. Perempuan dianggap lebih menarik jika dia tak memiliki rambut di bagian tersebut. Untuk mencapai standar kecantikan tersebut, perempuan melakukan berbagai cara untuk menghilangkan rambut halus. Salah satunya dengan metode waxing, yaitu pencabutan rambut dengan menggunakan metode lilin. Metode waxing dianggap ampuh karena bisa mencabut rambut sampai ke akarnya, dan rambut halus tak akan kembali tumbuh dalam jangka waktu tertentu. Mencabut rambut halus sampai ke akarnya tak terdengar menyeramkan, namun jika kamu mencobanya tentu kamu akan menahan diri untuk tidak menjerit kesakitan.


Operasi Plastik


Setiap manusia terlahir dengan ciri fisik yang berbeda. Ada yang tinggi, ada yang pendek. Ada yang berwajah tirus, ada yang berwajah bulat. Hal itu yang membuat manusia unik, penuh perbedaan. Hal yang disayangkan adalah ketika ada ciri fisik tertentu yang dianggap lebih menarik dari yang lainnya. Contohnya, perempuan berwajah tirus dan berhidung mancung dianggap lebih cantik dibandingkan dengan perempuan berwajah bulat dan berhidung pesek. Untuk mencapai pujian ‘cantik’ tersebut, beberapa perempuan rela mengubah bentuk wajahnya dengan operasi plastik. Wajahnya disobek, tulangnya dipotong, diberi suntikan, dijahit lagi. Meskipun prosesnya cepat, namun bisa kamu bayangkan rasa sakitnya ketika tulangmu dipotong?


Memakai Sepatu Hak Tinggi


Mungkin sering mengenakan sepatu berhak tinggi, dan kamu sudah tahu rasa sakitnya. Perempuan mengenakan sepatu ber-hak dengan alasan agar kakinya terlihat lebih jenjang dan tubuhnya terlihat lebih tinggi. Selain itu, sepatu dengan hak juga dinilai sebagai atribut wajib yang dikenakan saat perempuan ingin tampil formal. Saat perempuan berjalan memakai sepatu ber-hak, beban berat tubuh akan ditahan oleh lutut dan beberapa bagian telapak kaki. Padahal seharusnya beban tubuh ditopang oleh seluruh telapak kaki. Pemakaian sepatu hak yang terlalu sering bisa memperburuk postur tubuh seorang perempuan.


Zaman dahulu, ada pepatah yang mengatakan bahwa ‘beauty is hard’. Untuk menjadi cantik, seseorang harus berusaha keras. Namun, pepatah itu digeserkan menjadi ‘beauty is pain', yang artinya seseorang harus merasa sakit jika ingin cantik. Jika kamu adalah seseorang yang rela melakukan apa saja untuk menjadi cantik, termasuk tujuh ritual yang menyakitkan di atas, itu tidak apa-apa. Asal jangan lupa untuk tetap menjaga nilai-nilai dirimu dan bersikap baik, karena cantik bukan hanya masalah penampilan.

Baca juga: Percuma Cantik Jika Kamu Punya 9 Karakter Ini




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ingin Cantik? Kamu Yakin Mampu Menahan Rasa Sakit dari 7 Ritual Kecantikan Ini?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


S Safira Shofatunnisa | @safiranys

Student who likes to eat, to write, to play with many things; cats, social media, camera, and beauty things. Currently traveling around Bandung to stop by 1000 Pokestops. Personal blog: www.safiranys.blogspot.co.id

Silahkan login untuk memberi komentar