Ingin Jadi Vegetarian? Selain Lezat, Kandungan 7 Makanan dari Bahan Kacang-kacangan Ini Bisa Gantikan Protein dalam Daging

Photo Credit : resepmasakanpraktisrumahan

Ingin Jadi Vegetarian? Selain Lezat, Kandungan 7 Makanan dari Bahan Kacang-kacangan Ini Bisa Gantikan Protein dalam Daging

1K
Protein tidak hanya diperoleh dari daging, 7 makanan berbahan kacang-kacangan ini juga memiliki kandungan protein yang tinggi dan dapat diolah menjadi makanan yang lezat.

Sebagian besar orang takut untuk menjadi vegetarian dengan alasan gizi yang tidak terpenuhi dengan baik, terutama protein yang biasanya didapat dari daging merah. Tapi, tidak perlu khawatir, karena protein tidak hanya didapat dari sumber makanan hewani, melainkan juga dari sumber manakanan nabati. Salah satu sumber protein nabati yang cocok bagi vegetarian adalah makanan dari bahan kacang-kacangan. Apa saja sumber protein yang bisa menjadi pengganti daging tersebut? Simak 7 makanan dari bahan kacang-kacangan pengganti protein untuk vegetarian berikut.


1. Tempe

Tempe merupakan makanan andalan bagi para vegetarian. Rasanya yang gurih membuat makanan khas Indonesia ini disukai banyak orang. Berbahan dasar kedelai yang utuh, kandungan protein tempe cukup besar, yaitu 31 gram protein per 4 potongnya. Jika dibandingkan, protein dalam 2 potong tempe sama dengan protein dalam 4 potong dada ayam.


Photo Credit : wartakesehatan


2. Tahu

Empat potong tahu setara dengan 20 gram protein. Makanan berbahan dasar kedelai dengan tekstur lembek ini dapat diolah menjadi berbagai menu sehat dengan cara ditumis dengan sayur, dikukus, ataupun langsung disantap dengan saus. Selain enak, makanan yang terbuat dari susu kedelai dan keunggulan ini tergolong murah dan mudah didapat.

Photo Credit : healthytimes


3. Kacang Merah

Kacang merah mengandung 16 gram protein percangkirnya. Dengan kandungan protein yang cukup banyak, kacang merah sering kali dijadikan menu pengganti gizi daging yang baik. Selain dapat dihidangkan menjadi makanan, kacang merah juga dapat dijadikan dessert seperti es kacang merah atau puding kacang merah.


Photo Credit : infokuberita


4. Edamame

Edamame atau kedelai dari Jepang ini merupakan salah satu makanan yang kaya akan vitamin A, vitamin C, serat , dan protein. Selain enak, edamame juga bisa menjadi camilan rutin karena rendah lemak dan karbohidrat.

Photo Credit : livestrong


5. Kacang Hijau

Tumbuhan dengan nama latin Vigna Radiata ini lazimnya diolah menjadi bubur, dicampur dengan santan, gula, serta beras ketan hitam. Kandungan protein dalam setiap 100 gram kacang hijau sebesar 7 gram protein. Protein dalam kacang hijau memiliki profil asam amino lengkap dan dapat diserap tubuh lebih cepat.

Photo Credit : klikdokter


6. Kacang Polong

Selain memiliki protein tinggi, kacang polong juga rendah lemak dan rendah kalori. Secangkir kacang polong mengandung 7,5 gram protein atau setara dengan kadar protein yang terdapat dalam segelas susu sapi. Biasanya kacang polong ditumis dengan sayuran dan diolah dengan bumbu-bumbu khas Indonesia yang menjadikannya semakin lezat untuk disantap.


Photo Credit : obatalternatifjantung


7. Susu Kedelai

Selain tahu dan tempe, salah satu pengolahan hasil ekstraksi kedelai lainnya adalah susu kedelai. Selain protein, susu kedelai juga mengandung lemak, karbohidrat, kalsium, phosphor, zat besi, provitamin A, Vitamin B kompleks (kecuali B12), dan air. Jika dibandingkan dengan susu sapi yang hanya memiliki protein sebesar 2,90%, kandungan protein dalam susu kedelai adalah 4,40% dalam setiap gelasnya. Dengan kata lain, kandungan protein setiap 100 ml susu kedelai sebesar 4,64 gram. Selain dapat disajikan dalam keadaan hangat, susu kedelai juga dapat ditambah es batu atau es serut untuk mengimbangi cuaca yang panas.


Photo Credit : indonesianface

BACA JUGA


Demi Kesehatan, Tobey Maguire dan 4 Selebriti Ini Telah Menjadi Vegetarian. Tertarik untuk Ikutan?

Demi Kesehatan, Tobey Maguire dan 4 Selebriti Ini Telah Menjadi Vegetarian. Tertarik untuk Ikutan?

Menjadi vegan dan vegetarian memang tidak mudah, namun demi kesehatan, kelima selebriti ini memutuskan untuk mencoret daging dari daftar ...

Read more..

Setelah mengetahui tujuh sumber protein nabati di atas, Sahabat Trivia tidak perlu ragu lagi kehilangan sumber protein yang sangat dibutuhkan tubuh untuk pembentukan otot, tulang, kulit, dan menjaga metabolisme tubuh ini. Selain memiliki jumlah protein yang tidak kalah dari protein dari daging, makanan olahan berbahan kacang-kacangan juga tidak kalah lezat untuk diolah menjadi berbagai hidangan. Tertarik menjadi vegetarian? Selamat mencoba!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ingin Jadi Vegetarian? Selain Lezat, Kandungan 7 Makanan dari Bahan Kacang-kacangan Ini Bisa Gantikan Protein dalam Daging". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dini Ardianty | @diniardianty

A bibliophile, vegetarian

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week