Ingin Menjadi Penulis Skenario? Coba Gapai Mimpi Tersebut Melalui Langkah Sederhana Berikut Ini!

photo credit: cnn indonesia

Ingin Menjadi Penulis Skenario? Coba Gapai Mimpi Tersebut Melalui Langkah Sederhana Berikut Ini!

459
Seorang penulis naskah harus mempunya imajinasi dan kreativitas yang tinggi. Proses pembuatan skenario film sebenarnya tidak terlalu mudah dan membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Berminat menjadi penulis skenario? Naskah adalah salah satu komponen penting dalam dunia perfilman. Bisa dibilang naskah adalah nyawa dari suatu drama. Menjadi seorang penulis naskah drama adalah pekerjaan yang susah-susah gampang karena kamu dituntut tidak hanya menyelesaikan suatu tulisan, melainkan juga bagaimana tulisan itu dapat membawa orang lain masuk ke dalam suasana tersebut walaupun hanya membacanya.

Seorang penulis naskah harus mempunya imajinasi dan kreativitas yang tinggi. Proses pembuatan skenario film sebenarnya tidak terlalu mudah dan membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Untuk menghasilkan suatu skenario yang matang, seorang penulis bisa menghabiskan waktu 3-5 bulan. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu coba untuk membuat skenario yang baik.


Cari benang merah dari sebuah buku

photo credit: Thought of Film

Jika kamu ingin mengangkat cerita di buku untuk dijadikan suatu film, kamu harus mencermati dan mencari fokus dari buku tersebut. Kemudian tuangkan ke dalam tulisan berbentuk naskah. Jika kamu tidak menyaring dan memasukan semua materi, maka di dalam film akan terdapat banyak cerita. Sealin itu, ceritamu menjadi tidak fokus dan akan keluar dari alur yang sesungguhnya.


Tentukan ide cerita

photo credit: Bintang

Jika kamu membuat suatu film yang tidak berdasarkan dari buku, kamu harus menentukan ide ceritanya sendiri. Buatlah ide cerita semenarik mungkin yang bisa membuat filmmu menarik ditonton. Misalnya, sepasang kekasih yang menjalin cinta dan saling sayang namun terhalang oleh agama.


Merumuskan naskah

Kamu harus membuat suatu rangkaian dari ide cerita dan disusun sedemikian rupa sehingga cerita yang kamu buat tidak berantakan. Ini bagian yang penting dalam pembuatan skenario.


Buatlah plot atau alur cerita

photo credit: Rimbarga Di Kalbu

Langkah selanjutnya adalah membuat plot atau alur cerita. Buatlah alur cerita yang menarik dari awal, pertengahan, serta akhir cerita. Jika sudah menemukan alur cerita drama, secara tidak langsung kamu akan menemukan masalah yang akan dijadikan topik utama dalam film. Kamu bisa menyusun awal masalah, puncak masalah, dan ending atau penyelesaian masalah tersebut.


Tentukan setting dan penokohan

photo credit: Tribun News

Menentukann setting juga sangat diperlukan dalam film. Penentuan setting mempermudah proses pengambilan gambar serta peralatan–peralatan apa saja yang diperlukan. Jangan lupa tentukan karakter dari masing–masing tokoh. Kamu harus menjelaskan secara rinci karakter yang ada di ceritamu.


Tentukan masalah yang ada dalam cerita

photo credit: Sohulja

Setiap film pasti ada masalah yang dibahas. Kamu harus bisa membuat semenarik mungkin. Jika perlu buatlah masalah itu senyata mungkin yang biasa terjadi dalam kehidupan sehari–hari agar penonton dapat dengan mudah masuk dalam cerita yang ada dalam film tersebut.


Tentukan ending cerita

photo credit: KapanLagi

Kamu harus menetukan klimaks dari masalah dan bagaimana masalah itu selesai Apakah sad ending atau happy ending. Ingat, tak semua cerita harus happy ending, kok.


Sasaran

photo credit: IMDb

Dalam proses ini ,penting bagi kamu untuk menentukan sasaran film tersebut dibuat. Apakah untuk anak-anak, remaja, dewasa, atau keluaraga. Jangan sampai salah sasaran, ya!


Pesan

photo credit: Kompas Entertaintment

Sebaik-baiknya film adala film yang mengandung pesan bagi penikmatnya. Kamu bisa menyispkan sedikit pesan bermakna bagi penonton agar film anda bisa berbekas di dalam hati mereka.


Percaya diri

Kamu harus percaya diri bahwa naskah buatanmu akan sukskes dan berkesan bagi penonton. Kamu akan menjadi positive thinking. Yakinlah pada skenario yang kamu buat bisa memberi nyawa pada film.


Terus belajar dan kembangkan kreativitas

Kembangkan apa yang ada dalam idemu sekreatif mungkin, terus belajar, dan jangan cepat puas. Ingatlah bahwa menulis adalah sebuah proses.

BACA JUGA


Sering Mengalami Writer’s Block? 7 Kegiatan Berikut Akan Membuatmu Terbebas dari Penyakit yang Menghantui Penulis Ini!

Sering Mengalami Writer’s Block? 7 Kegiatan Berikut Akan Membuatmu Terbebas dari Penyakit yang Menghantui Penulis Ini!

Menulis memang sebuah kesenangan, bahkan menjadi kebutuhan bagi sebagian orang. Maka, jangan sampai writer’s block membuat aktivitas ...

Read more..

Nah, semoga Sahabat Trivia bisa segera mencoba menulis skenario pertamamu ya! Selamat mencoba!





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ingin Menjadi Penulis Skenario? Coba Gapai Mimpi Tersebut Melalui Langkah Sederhana Berikut Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


FiGo AriAn | @figoarian863

Silahkan login untuk memberi komentar