Ini 7 Buku yang Wajib Kamu Baca Sebelum Berusia 25 Tahun. Jangan Lupa Masukkan dalam Wish List 2018-mu Ya!

photo credit: bustle

Ini 7 Buku yang Wajib Kamu Baca Sebelum Berusia 25 Tahun. Jangan Lupa Masukkan dalam Wish List 2018-mu Ya!

534
7 buku ini cocok untuk menemanimu ketika melewati quarter life crisis.

Tahun baru tentu saja meninggalkan nuansa tersendiri bagi masing-masing orang. Namun, pergantian tahun sekaligus menjadi pertanda bahwa usia setiap orang akan bertambah. Mereka yang telah dewasa akan bertahmbah tua, dan yang muda akan memasuki usia dewasa.

Nah, usia angka 25 tahun biasanya jadi pertanda dimulainya krisis dalam hidup. Orang-orang menyebutnya sebagai quarter life crisis. Tetapi kamu tak perlu khawatir. Karena jika kamu mampu melewati fase ini, kamu akan menjadi semakin matang dan dewasa. Kamu hanya perlu keberanian dan kebijaksanaan dalam melakukan pilihan dalam hidup. Untuk itu, berikut ini Trivia hadirkan 7 buku yang sebaiknya kamu baca sebelum berusia 25 tahun. Yuk, simak ulasannya!


1. "The Catch in the Rye" – JD Salinger

photo credit: goodreads

"The Catcher in the Rye" merupakan salah satu novel sepanjang masa yang wajib dibaca oleh siapa pun. Khususnya mereka yang masih belum berumur 25 tahun, karena novel ini termasuk genre coming of age. Buku ini ditulis oleh salah seorang penulis terkenal Amerika bernama JD Salinger. Ceritanya berfokus pada tokoh Holden Caulfield yang sedang dilanda kegalauan masa muda. Holden kabur dari rumahnya dan memulai petualangan yang membuatnya banyak merenung. Novel ini secara tak langsung mengajarkan kita tentang cara berpikir kritis dan berani.


2. "Kamu: Cerita Yang Tidak Perlu Di Percaya" – Sabda Armandio

photo credit: goodreads

Seperti halnya "The Catcher in the Rye", buku ini juga termasuk dalam jajaran novel coming of age. Bedanya, penulisnya adalah Sabda Armandio yang merupakan penulis muda berbakat asal Indonesia. Novel ini bercerita tentang tokoh aku yang mengenang masa mudanya bersama sahabatnya dulu ketika SMA. Membaca novel ini akan banyak mengajarkanmu tentang makna kehidupan masa muda.


3. "Supernova: Akar" – Dee

photo credit: goodreads

Dewi Lestari atau yang akrab disapa Dee merupakan penulis kondang Indonesia yang karyanya jarang mengecewakan pembacanya. Salah satunya adalah novel seri "Supernova" edisi "Akar". Inilah salah satu seri Supernova yang banyak disukai oleh pembaca. Dalam novel ini kita akan dipertemukan dengan tokoh utama bernama Bodhi yang melakukan sedang melakukan petualangan jati diri. Bodhi berusaha untuk mencari asal usul atas dirinya dan makna di balik kehidupan. Novel ini cocok sekali untuk kamu baca menjelang usia 25 tahun.


4. "The 100-Year-Old Man Who Climbed Out Of The Window And Disappeared" – Jonas Jonasson

photo credit: goodreads

Buku selanjutnya datang dari penulis novel asal Swedia bernama Jonas Jonasson. Bukunya yang berjudul "The 100-Year-Old Man Who Climbeb Out Of The Window And Disppeared" merupakan novel yang sangat menarik. Ceritanya tentang seorang kakek yang kabur dari panti jompo sebelum ulang tahunnya yang ke-100. Meskipun tokohnya adalah seorang kakek berumur 100 tahun, namun sebetulnya buku ini lebih banyak mengekspos kehidupan si kakek ketika masih muda. Pada usia itulah pilihan hidupnya banyak ditentukan. Buku ini sarat akan humor dan pelajaran tentang pentingnya memilih keputusan dalam hidup.


5. "Sapiens" – Yuval Noah Harari

photo credit: goodreads

Kali ini beralih ke buku non-fiksi bergenre sejarah. Buku "Sapiens" karya sejarahwan Yuval Noah Harari ini wajib sekali kamu baca sebelum berusia 25 tahun. Di dalam buku ini dijelaskan sejarah panjang umat manusia melewati berbagai tantangan zaman, mulai dari zaman batu hingga zaman teknologi. Buku ini akan membuat kamu paham akan pola proses bertahan hidup manusia di selama berabad-abad. Informasi dalam buku ini penting untuk bahan pertimbangan ketika membuat pilihan dalam hidup dalam usia 25 tahun.


6. "The 7 Habits of Highly Effective People" – Stephen R. Covey

photo credit: goodreads

Buku selanjutnya adalah buku genre pengembangan kepribadian berjudul "The 7 Habits of Highly Effective People" yang ditulis oleh Stephen Covey. Buku ini akan mengajarkanmu untuk mengembangkan tujuh kebiasaan positif dalam dirimu. Tentu buku ini bisa menjadi refrensi yang baik untuk melewati quarter life crisis.


7. "Sophie World" – Jostein Gaarder

photo credit: goodreads

Buku yang terakhir adalah sebuah novel filsafat berjudul "Sophie's World" karya Jostein Gaarder. Barangkali ketika mendengar kata filsafat, kesan kita akan menganggap buku ini sebagai novel berat. Padahal, bahasanya ringan dan menyenangkan. Ceritanya tentang gadis bernama Sophie yang tiba-tiba mendapatkan surat dari seseorang yang sangat misterius. Petualangan Sophie ini membawa pembaca kepada perenungan dunia filsafat. Dari sini kita akan banyak diajak untuk berpikir dan merenung. Buku ini menjadi penting kita baca untuk melewati quarter life crisis karena banyak hikmah yang terkandung di dalamnya.

BACA JUGA


Deretan Buku yang Bisa Bikin Kamu Nostalgia ke Masa Kanak-Kanak. Buku yang Terakhir Pasti Bikin Merinding!

Deretan Buku yang Bisa Bikin Kamu Nostalgia ke Masa Kanak-Kanak. Buku yang Terakhir Pasti Bikin Merinding!

Berbicara tentang masa kecil, pas banget nih untuk membahas buku-buku yang akan membuatmu mengingat masa kecilmu. Kira-kira, buku apa saja ...

Read more..

Berikut tadi adalah 7 buku yang wajib banget kamu baca menjelang quarter life crisis. Tentu, wawasan dalam buku-buku tersebut sangat berguna sekali ketika kamu ingin membuat pilihan dalam hidup. Jadi, selamat membaca dan melewati quarter life crisis!





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ini 7 Buku yang Wajib Kamu Baca Sebelum Berusia 25 Tahun. Jangan Lupa Masukkan dalam Wish List 2018-mu Ya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rakhmad Permana | @rahmadmercy

Domisili di Subang. Kegiatan sehari-harinya adalah bermain dengan ikan-ikan di kolam milik kakeknya.

Silahkan login untuk memberi komentar