Inilah Dampak Negatif Suka Mencontek Saat Ujian yang Tidak Kamu Sadari. Yakin Masih Mau Nyontek?

Inilah Dampak Negatif Suka Mencontek Saat Ujian yang Tidak Kamu Sadari. Yakin Masih Mau Nyontek?

831
Apakah mencontek adalah hal yang biasa kamu lakukan saat ujian? Karena sudah biasa, kamu sampai lupa diri? Banyak hal negatif yang akan membuatmu berbeda dari sebelumnya loh jika kamu masih mencontek. Simak ya!

Terbiasa melakukan hal buruk akan memberikan dampak buruk dengan kondisi fisik seseorang. Nah, mulai dari sekarang segeralah untuk berubah dan mengganti kebiasaan buruk itu dengan sesuatu yang lebih baik dan juga bermanfaat untuk orang-orang di sekitarmu ya!

Berikut ini dampak negatif akibat kamu pernah atau malah sering mencontek saat ujian. Semoga bisa membuatmu tak lagu mencontek deh ya, Sahabat Trivia.


1. Kamu tidak tahu nikmatnya berbuat jujur


Rasanya berbeda loh jika kamu mengerjakan soal ujian dengan jujur tanpa mencontek dan membuat contekan. Nah, saat kamu ujian dan kamu tidak tahu bagaimana untuk menjawab soal tersebut, berarti itu salahmu kenapa kamu tidak bertanya dan belajar di waktu sebelumnya? Nikmatnya berbuat jujur akan selalu terasa ketika kamu benar-benar bisa mengerjakan soal dengan kemampuan yang kamu miliki. Yakin ya sama kemampuanmu.


2. Cepat merasa puas, padahal kamu tidak puas


Wow, nilai ujianmu bagus ya? Tapi sayang, hasil itu dari mencontek. Lalu kamu puas dengan hal buruk yang kemarin kamu lakukan? Sampai kapan pun kamu tidak akan merasa puas ya! Ingat, kepuasan yang sebenarnya ketika kamu benar-benar giat belajar untuk ujianmu loh seberapapun nilainya.


3. Kamu tidak sabar


Bagaimana bisa sabar jika yang ada di pikiranmu hanyalah mencontek. Kamu tergesa-gesa dan berharap pengawas ujian segera keluar kelas untuk bertanya dengan teman sebelahmu atau malah mengambil posisi yang tepat untuk menyembunyikan kertas contekan? Sabar yang harus kamu tahu adalah tentang bagaimana sulitnya memahami sebuah ilmu pengetahuan. Kalau kamu tidak sabar ya kamu akan lebih cenderung memilih untuk mencotek.


4. Lebih mudah bingung dan akan terus kebingungan


Jika dosen atau gurumu memberikan kisi-kisi ujian, mungkin akan kamu siasati untuk tidak belajar dan akan mencontek. Nah, kamu akan mencari ringkasan kisi-kisi punya teman kamu untuk kamu copy tanpa harus tahu apa sebenarnya maksud dari ringkasan tadi. Dan sadarkah kamu? Ketika kamu hanya mengcopy ringkasan tersebut, tanpa harus tahu apa maksudnya, kamu akan bingung dan terus kebingungan jika kebiasaanmu adalah mencontek.


5. Mengurangi fungsi otak


Mungkin kamu tidak percaya? Tapi, apakah kamu paham dengan fungsi otak sebenarnya? Otakmu itu berfungsi untuk berpikir loh. Jika kamu terus mencontek, kapan otakmu bisa digunakan untuk berpikir dan mengasah memori otak? Nah loh!


6. Hilang rasa percaya diri yang kamu punya


Hari ini ujian dan kamu masih bersantai? Mungkin bukan bersantai ya, tetapi kamu selalu mengandalkan contekan untuk menjadi malaikatmu nanti. Eits, salah tuh. Gengsi dong jika kamu harus mencotek? Rasa percaya dirimu akan hilang karena kamu akan lebih percaya dengan orang lain dan kamu sudah tidak mempercayai kemampuanmu lagi.


7. Hilang wibawamu di depan semua orang


Yang ini sudah pasti ya. Semua temanmu yang tahu kalau kamu suka mencontek pastilah tahu kalau hasil yang selama ini kamu dapatkan itu bukanlah dari hasil usahamu sendiri. Seandainya suatu hari pun kamu dapat hasil yang bagus dari usahamu sendiri, mungkin saja teman-temanmu tetap mengira bahwa itu hasil dari mencontek juga. Sedih dan pastinya kamu nggak mau kan?

BACA JUGA


Tipe-tipe Anak SMA, Mulai dari Si Kelelawar Sampai yang Berprestasi. Dari 10 Tipe Ini, Mana yang Sesuai dengan Kamu ?

Tipe-tipe Anak SMA, Mulai dari Si Kelelawar Sampai yang Berprestasi. Dari 10 Tipe Ini, Mana yang Sesuai dengan Kamu ?

Pasti di sekolah SMA akan ada seorang teman yang memiliki tipe unik seperti si jahil dan si rusuh. Nah, kamu dan teman kamu termasuk tipe ...

Read more..

Nah, setelah baca ini, kamu yakin masih mau mencontek?


Publish
  • 1101 Words
  • Status : Edited Saved !!

Tanggal Publish :
Featured Image Download
size(min) : 800 x 400 px (ratio 2:1)
Upload Featured Image

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Inilah Dampak Negatif Suka Mencontek Saat Ujian yang Tidak Kamu Sadari. Yakin Masih Mau Nyontek?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Annida shf | @roshanaraannida

KEGAGALAN hanya terjadi bila kamu MENYERAH.

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week