Inovasi Alat Penjernih Air Sederhana Karya Anak Muda Indonesia Ini Sangat Bermanfaat. Bangga Deh!

Photo Credit: sageschool

Inovasi Alat Penjernih Air Sederhana Karya Anak Muda Indonesia Ini Sangat Bermanfaat. Bangga Deh!

318
Inovasi, kreatifitas, dan memiliki value yang bermanfaat bagi sesama adalah gaya berpikir out of the box. Semua membutuhkan proses yang panjang dan melelahkan. Sang pemenang adalah menaklukan kekhawatiran tersebut menjadi kenyataan dilandasi kerja keras, fokus, dan optimis.

Berawal dari tugas mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di kelas IX Madrasah Tsanawiyah Attaqwa 03 Babelan, Kabupaten Bekasi, Bapak Dahli Ahmad sebagai salah satu guru PPKn tersebut, membentuk suatu kelompok sebagai tugas project siswa berkaitan materi Otonomi Daerah.

Terlepas dari metode pembelajaran pada umumnya yakni ceramah dan diskusi. Bahan project yang menjadi tugas siswa didasari dari penerapan model pembelajaran project citizen. Menurut Dasim Budimansyah dalam bukunya Inovasi Pembelajaran Project Citizen (Dasim Budimansyah, 2009: 1-2), project citizen adalah satu instructional treatment yang berbasis masalah untuk mengembangkan pengetahuan, kecakapan, dan watak kewarganegaraan demokratis yang memungkinkan dan mendorong keikutsertaan dalam pemerintahan dan masyarakat sipil (civil society). Sebagai model dipilih topik generik “public policy” (kebijakan publik), yang memang berlaku di negara manapun. Misi dari model ini adalah mendidik para siswa agar mampu untuk menganalisis berbagai dimensi kebijakan publik, kemudian dengan kapasitasnya sebagai “young citizen” atau warga negara muda mencoba memberi masukan terhadap kebijakan publik di lingkungannya. Hasil yang diharapkan adalah kualitas warga negara yang ‘cerdas, kreatif, partisipatif, prospektif, dan bertanggung jawab.”

Alat penjernih air adalah salah satu ide yang menjadi kesepakatan bersama oleh seluruh siswa sebagai bahan proyek penelitian. Inisiator alat penjernih air digagas oleh Mia Alvianita, Putri Rizqia, dan Mustari Hamdi serta Pak Dahli Ahmad sebagai guru pendamping. Ide tersebut dilatarbelakangi oleh minimnya ketersediaan air bersih di lingkungan Kabupaten Bekasi.

Photo Credit: Dahli Ahmad
Photo Credit: Dahli Ahmad

Berkat kerja keras, konsisten, kedisiplinan, fokus dan dukungan dari berbagai pihak dalam menggarap project alat penjernih air sehingga bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Semangat juang tersebut membuahkan hasil dengan mendapatkan suatu penghargaan dari Young Change Maker – Ashoka Indonesia pada tahun 2011.


Berikut gambaran alat penjernih air yang dimaksud. Semoga menjadi bahan inspirasi kamu untuk tetap terus aktif dalam berkarya dan berinovasi.


Nah, bagaimana menurut kamu setelah melihatnya? Share juga yuk, langkah apa yang akan kamu lakukan untuk menciptakan perubahan dimulai dari lingkungan sekitar kita.

Mengutip suatu ungkapan dari Goenawan Mohamad, “Menjadi Indonesia adalah menjadi manusia yang bersiap memperbaiki keadaan, tetapi bersiap pula untuk melihat bahwa perbaikan itu tidak akan sempurna dan ikhtiar itu tidak akan pernah selesai.

BACA JUGA


Yuk, Berprestasi di Tahun 2017! 8 Prestasi Anak Muda Indonesia Ini Bisa Jadi Inspirasimu

Yuk, Berprestasi di Tahun 2017! 8 Prestasi Anak Muda Indonesia Ini Bisa Jadi Inspirasimu

Tahun 2017 baru saja datang. Tentu banyak target serta harapan yang kamu buat untuk menjalani tahun baru ini. Baca yuk kisah inspiratif ini ...

Read more..

#NulisTiapHari #TriviaWritersClub


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Inovasi Alat Penjernih Air Sederhana Karya Anak Muda Indonesia Ini Sangat Bermanfaat. Bangga Deh!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Muhamad Handar | @MuhamadHandar

Selalu berbuat baik dan bermanfaat bagi orang lain :)

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week