Inspirasi dari Angkie Yudistia. Runcingkan Mimpimu untuk Melawan Keterbatasan!

photo credit: thisable

Inspirasi dari Angkie Yudistia. Runcingkan Mimpimu untuk Melawan Keterbatasan!

220
Meskipun banyak rintangan dari lingkungan sekitar, jadikanlah itu sebuah motivasi dan dorongan semangat untuk kita tetap melanjutkan mimpi kita. Percayalah setiap satu rintangan, ada seribu jalan untuk melewatinya.

Memiliki kekurangan bukanlah akhir dari segalanya. Bukan juga sesuatu yang harus diratapi. Bahkan bukan menjadi satu alasan menghentikanmu dari mimpi-mimpi yang kita punya. Bangkit dan mencoba menerima kekurangan adalah pilihan yang tepat. Meskipun banyak rintangan dari lingkungan sekitar, jadikanlah itu sebuah motivasi dan dorongan semangat untuk kita tetap melanjutkan mimpi kita. Percayalah setiap satu rintangan, ada seribu jalan untuk melewatinya.

Kamu bisa contoh Angkie Yudistia, seorang perempuan cantik kelahiran 5 Juni 1987 ini harus kehilangan fungsi pendengaran di usia 10 tahun. Angkie tak pernah tahu secara pasti penyebab kerusakan indra pendengarannya. Ia mengatakan, belum ada penelitian yang valid yang dapat menyingkap penyebabnya. Dugaan terbesar, ia mengalami efek samping dari tingginya mengkonsumsi antibiotik. Semasa kecil ia mendapat daerah endemik malaria dan sering diberi antibiotik ketika demam.

photo credit: viva

Masa-masa sulit dia alami selama masih sekolah. Teman-teman sering meledeknya karena tidak dapat mendengarkan percakapan, mengucilkannya, dan menjadikannya bahan tertawaan. Menjalani hari di sekolah seperti itu membuat dia terluka. Ketika ia terluka, ia selalu berbagi perasaan dengan bundanya. Berkat dorongan semangat ibundanya, Angkie pun paham, ia tak akan bisa mengerem mulut orang untuk melontarkan perkataan yang menyakiti. Kesadaran itu menjadi bekalnya untuk menghadapi hari-hari yang sulit. Kala ada ocehan yang tak berkenan di hatinya, Angkie membalasnya dengan baik.

Di usia remaja, Angkie mulai menerima kekurangan yang dia miliki. Perlahan Angkie mengembangkan kelebihan yang dia miliki hingga membuat orang tak lagi terfokus pada kekurangan Angkie. Di usia 21 tahun, dia tertolong dengan alat bantu dengar hingga dia berhasil menjadi finalis None Jakarta mewakili wilayah Jakarta Barat. Di tahun yang sama, dia juga terpilih sebagai The Most Fearless Female Cosmopolitan 2008 dan segudang prestasi ia ukir.

photo credit: tmpo

Angkie menulis buku Invaluable Experience to Pursue Dreams (Perempuan Tuna Rungu Menembus Batas) dalam rangka Delegasi Indonesia di ajang Asia Pacific Center of Disability (Thailand) dan International Young Hard of Hearing (Perancis) pada tahun 2011. Buku itu memuat pengalaman Angkie menapaki pasang surut kehidupannya sebagai tuna rungu, memperlihatkan setiap orang memiliki masa depan asalkan mau berusaha. Ia memang tidak mengatakan segalanya akan berjalan mulus ketika difabel mencoba menata masa depan.

Selain berkampanye melalui buku, Angkie juga bergerak bersama Thisable Enterprise. Mereka menciptakan program corporate social responsibility (CSR) untuk difabel. Mereka menghubungkan rencana CSR perusahaan agar sesuai dengan kebutuhan dan keinginan difabel yang ingin mengembangkan diri dan menjadikan keberadaannya bermakna di masyarakat.

"Tough people will win, siapapun bisa asal niat. Saya yang difabel pun bisa," ujarnya.

Dengan kekurangan yang Angkie miliki bisa membuat dirinya terus bersinar. Bahkan dia dapat membuat mimpi-mimpi yang sempat redup menjadi terang kembali.

BACA JUGA


Karakter yang Wajib Kamu Miliki dari Sekarang Biar Jadi Orang Hebat dan Sukses di Masa Depan

Karakter yang Wajib Kamu Miliki dari Sekarang Biar Jadi Orang Hebat dan Sukses di Masa Depan

Nah, untuk itu, kamu pun perlu mempersiapkan itu semua dari sekarang. Nggak boleh kamu tunda-tunda ni, Sahabat Trivia

Read more..

Sudah sia jadi lebih hebat mulai dari sekarang, Sahabat Trivia?



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Inspirasi dari Angkie Yudistia. Runcingkan Mimpimu untuk Melawan Keterbatasan!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


rahma annisa | @annrahma

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week