Jadi Bahagia Setiap Saat Yuk! Latih Diri  Selalu Berpikir Positif dengan 5 Langkah Ini

photo credit: WomensPick

Jadi Bahagia Setiap Saat Yuk! Latih Diri Selalu Berpikir Positif dengan 5 Langkah Ini

1.3K
Banyak sekali di sekitarmu hal-hal kecil yang patut disyukuri, misalnya saja kamu sehat, memiliki teman yang setia, memiliki keluarga yang perhatian, memiliki tempat tinggal dan bisa makan pada waktunya.

Sebenarnya konsep dari sikap mental positif pertama kali dikembangkan sekitar tahun 1937 oleh seorang penulis Amerika sekaligus pengusaha bernama Napoleon Hill. Gagasan itu dikembangkan berdasarkan pengalamannya bahwa untuk menjadi sukses dalam setiap sisi kehidupan, kunci utamanya adalah kamu harus bersikap positif. Nah, dengan memiliki pola pikir seperti itu, maka otomatis kamu menjadi lebih optimis untuk mengerjakannya, dan apabila ternyata tidak sesuai dengan targetmu, kamu juga tidak akan cepat menyerah dan menganggap kegagalan itu sebagai pelajaran.

Seperti itulah gambaran umum mengenai sikap mental positif. Tentu saja untuk memiliki sikap mental positif, kamu harus melatih pola pikir dan sikapmu terlebih dahulu. Nah, Sahabat Trivia berikut ini beberapa hal yang bisa kamu latih dalam dirimu agar menjadi orang yang memiliki sikap mental positif.


1. Jangan lupa untuk bersyukur

photo credit: picjumbo

Bersyukur merupakan tanda bahwa kamu bahagia dan merasa cukup dengan hidup yang kamu jalani. Mengurangi untuk tidak banyak mengeluh atau mengasihani diri sendiri hanya karena melihat kehidupan orang lain yang mungkin memiliki sesuatu yang tidak kamu miliki. Sebaliknya, jika kamu menghabiskan sebagian waktumu dengan membandingkan kehidupanmu dengan orang lain, maka kamu akan berakhir dengan perasaan rendah diri. Padahal banyak sekali di sekitarmu hal-hal kecil yang patut disyukuri, misalnya saja kamu sehat, memiliki teman yang setia, memiliki keluarga yang perhatian, memiliki tempat tinggal dan bisa makan pada waktunya. Kamu bisa menuliskan hal-hal kecil yang patut kamu syukuri karena mungkin saja ada beberapa orang yang justru ingin merasakan hal-hal kecil itu sepertimu.


2. Jauhi apa saja yang bisa membawa pengaruh negatif

photo credit: Like Success

Tidak bisa dipungkiri, jika media sosial terkadang bisa mempengaruhi pikiran seseorang. Kadang kamu jadi ikut merasa kesal saat melihat postingan negatif atau justru merasa iri saat melihat postingan temanmu. Kamu tak harus langsung menutup semua akun media sosialmu, tapi kamu bisa menentukan apa yang ingin kamu lihat dan apa yang tidak. Kamu bisa memanfaatkan fitur filter di media sosialmu untuk memilih siapa yang ingin kamu ikuti atau tidak.


3. Ingatlah akan apa yang telah kamu capai sejauh ini

photo credit: Addicted 2

Jika selama ini kamu berpikiran bahwa sukses itu adalah jika sudah memiliki pekerjaan dengan gaji fantastis, rumah mewah, atau mobil keluaran terbaru maka pemikiranmu itu salah. Sukses tidak semata-mata diukur dengan materi, yang terpenting adalah apa yang telah kamu capai selama ini melalui perjuangan yang kamu lakukan. Hal itu bisa dibilang sebagai suatu kesuksesan karena yang terpenting, kamu telah berhasil menaklukkan hal yang mungkin pada awalnya adalah suatu ketidakmungkinan atau hal-hal yang awalnya hanya bisa kamu impikan. Dengan kata lain, kamu telah sukses mencapai impian atau tujuanmu, karena tujuan hidup tiap orang pastinya berbeda-beda. Jika kamu telah menyadarinya, maka ini bisa menjadi kunci untuk merencanakan hidupmu selanjutnya. Ingat, tidak ada kata akhir karena hidup adalah berjuang.


4. Jika kamu pernah melakukannya sekali, maka kamu bisa melakukannya lagi

photo credit: GED

Ada sebuah kisah nyata dari penulis terkenal Amerika, Ernest Hemingway, di masa mudanya dulu ia pernah dirundung keraguan dan kesulitan untuk menulis yang baru. Tapi kemudian, ia mengatakan pada dirinya sendiri bahwa ia pernah melakukan itu sebelumnya, dan akhirnya ia mendapatkan energi positif untuk kembali menulis. Tentu saja kisah ini juga berlaku untuk semua orang dalam bidang apapun, termasuk kamu.Jadi, ingatlah selalu jika kamu pernah melakukan sesuatu dan berhasil, lalu kamu ingin melakukannya lagi, maka kemampuanmu sebenarnya tidak hilang sama sekali. Kamu hanya perlu mengasahnya kembali dibarengi dengan pemikiran yang positif bahwa kamu pasti bisa melakukannya lagi.


5. Bacalah juga buku-buku yang penuh inspirasi

photo credit: Pinterest

Ada kesamaan yang dimiliki hampir semua orang sukses, yaitu mereka senang membaca, terutama membaca buku yang memberi inspirasi. Mereka membaca buku karena mereka sadar bahwa banyak pengetahuan yang bisa diterapkan dari buku tersebut. Tentu saja pengetahuan bisa benar-benar mengubah hidupmu menjadi lebih baik, sebab semakin banyak kamu tahu, maka semakin banyak hal positif yang bisa kamu lakukan.

BACA JUGA


Bukan Materi, Kesuksesan Adalah Keberhasilan Menjalani Hidup Seutuhnya. Inilah 10 Kebiasaan Mereka yang Telah Meraih Kesuksesan

Bukan Materi, Kesuksesan Adalah Keberhasilan Menjalani Hidup Seutuhnya. Inilah 10 Kebiasaan Mereka yang Telah Meraih Kesuksesan

Tak sedikit dari kita yang masih menilai kesuksesan dari materi maupun lingungan pergaulan seseorang. Mungkin tidak salah, tapi tidak juga ...

Read more..

Sebenarnya hidup menyediakan banyak peluang dan kegagalan yang bisa menjadi pelajaran berharga. Jadi, siapa pun yang ingin menikmati kesuksesan hidup yang tidak hanya sekadar materi, maka kamu harus mengubah pola pikirmu terlebih dahulu dan melatih dirimu untuk selalu optimis.











Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Jadi Bahagia Setiap Saat Yuk! Latih Diri Selalu Berpikir Positif dengan 5 Langkah Ini". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Irma Hapsari | @irmahapsari

Silahkan login untuk memberi komentar