Jangan-Jangan Kamu dan Dwi Hartanto Tak Jauh Berbeda. Coba Cek Apakah 7 Pikiran Ini Pernah Ada di Benakmu?

Photo credit: Kabarsiar

Jangan-Jangan Kamu dan Dwi Hartanto Tak Jauh Berbeda. Coba Cek Apakah 7 Pikiran Ini Pernah Ada di Benakmu?

1K
Kini dirinya bukan lagi dikenal sebagai the next Habibie karena kebohongannya yang sudah terlanjur ia sebar luaskan. Apakah sekali dalam seumur hidup kamu, kamu juga pernah melakuan apa yang dilakuan Dwi Hartanto, Sahabat Trivia?

Sejak terkuaknya kebohongan yang dilakukan oleh Dwi Hartanto beberapa waktu lalu, kini namanya pun tidak seindah dulu saat dirinya dengan bangga menceritakan kisah palsunya. Sedikit mengingatkan, Dwi Hartanto adalah seseorang yang sempat mengaku sebagai seseorang yang telah mendulang berbagai prestasinya di bidang aeronautika. Ia mengaku menjadi satu-satunya orang Indonesia yang terlibat dalam pembuatan satelit dan roket bersama para ilmuwan dan profesor ternama di Eropa. Padahal ia adalah seorang yang hanya pernah menjadi anggota dari sebuah tim beranggotakan mahasiswa yang merancang salah satu subsistem embedded flight computer untuk roket Cansat V7s milik DARE (Delf Aerospace Rocker Engineering), yang merupakan bagian dari kegiatan roket mahasiswa di TU Delft. Akhirnya kebohongannya pun terkuak ketika Dwi sendiri yang mengklarifikasi beberapa klaim yang pernah ia utarakan baik dalam media cetak, elektronik, maupun online.

Bisa dikatakan Dwi melakukan kebohongan hanya untuk mendapatkan perhatian dan pengakuan dari orang-orang. Tapi, kalau kita berkaca pada diri sendiri, bukankah kita pernah melakukan kebohongan juga demi mendapatkan pengakuan dari banyak orang? Apalagi saat masih kecil. Hanya untuk mendapatkan perhatian lebih dari orang tua, terkadang kamu rela melakukan kebohongan. Jangan-jangan kamu dan Dwi Hartanto tidak jauh berbeda nih. Kalau kamu penasaran, coba cek apakah kamu pernah memikirkan 7 hal ini?


1. Ingin mendapat pengakuan

Photo credit: Wow

Hal ini mungkin yang juga dilakuakn oleh Dwi. Dirinya berbohong agar orang percaya bahwa ia memiliki segudang prestasi dan kesempatan emas yang tidak semua orang bisa dapatkan saat usia atau posisi mereka seperti Dwi saat itu. Apakah kamu pernah memikirkan hal ini saat kecil atau bahkan kini, Sahabat Trivia? Biasanya waktu kecil dulu, agar teman percaya kita bisa melakukan suatu hal, kamu akan mengarang cerita supaya mereka percaya. Pernah nggak?


2. Senang dan ketagihan dipuji

Photo credit: Kabarsiar

Semua orang senang sekali dipuji. Pujian tentu akan membuat perasaan seseorang menjadi baik dan senang. Itu artinya, apa yang ia lakukan merupakan suatu hal yang luar biasa atau mengagumkan bagi orang lain. Namun, terkadang saking senangnya dipuji dan ingin terus mendapatkan pujian, orang rela untuk berbohong atau mengarang cerita tertentu. Kalau sudah melakukan kebohongan kecil, biasanya bakal timbul deh tuh kebohongan-kebohongan lainnya. Hal ini pernah terpikirkan oleh kamu, Sahabat Trivia?


3. Berpikir bahwa kebohongan tak apa asal menguntungkan

Photo credit: Cozer

Berbohong demi mendapatkan keuntungan tentu saja sangat tidak dibolehkan. Seperti yang sudah dikatakan pada poin sebelumnya, bahwa kebohongan kecil di awal, akan membawa kamu ke kebohongan yang jauh lebih besar. Bisa-bisa kamu bingung akan mengakhiri kebohongan kamu di mana karena orang akan terus mengingat apa yang pertama kali kamu ucapkan yang ternyata hal itu adalah sebuah kebohongan. Jadi, tidak ada yang diuntungkan deh kalau kebohongan sudah menyebar.


4. Suka menjadi pusat perhatian

Photo credit: Inovasee

Mungkin ini salah satu hal yang bisa jadi dipikirkan oleh Dwi Hartanto saat dirinya mulai mengklaim hal-hal tentang kehidupannya. Menjadi pusat perhatian orang banyak mungkin salah satu yang diinginkan orang-orang. Namun, untuk bisa menjadi pusat perhatian, ada cara yang jauh lebih berkelas ketimbang berbohong kok, Sahabat Trivia. Kamu bisa menikmati terlebih dahulu proses perjuangan yang saat ini kamu jalani demi mendapatkan suatu hasil yang maksimal. Setelah buah dari kerja keras yang sudah bisa kamu nikmati, tanpa harus berbohong kamu bakal mendapatkan segudang perhatian yang mungkin kamu harapkan sebelumnya kok!


5. Berpikir bahwa segudang prestasi adalah segalanya


Berprestasi merupakan kebanggaan tersendiri yang bisa kamu bagikan kepada orang banyak. Siapa tahu prestasi yang kamu dapatkan bisa memotivasi orang lain yang sedang menempuh jalan yang searah dengan kamu. Namun, mengaku berprestasi padahal belum ada prestasi, akan membuat kamu malu pada akhirnya. Karena ketika orang tahu apa yang kamu katakan adalah prestasi kamu selama ini. Padahal kamu belum mendulang prestasi apapun. Bukan pujian yang kamu dapatkan, justru cemoohan yang akan kamu terima.


6. Berbohong agar tidak dihakimi

Photo credit: soompi

Setiap orang pernah melakukan kesalahan atau kekhilafan. Mengakulah jika kamu bukanlah makhluk yang sempurna dan pernah melakukan kesalahan. Hal itu akan membuat kamu menjadi sosok yang disegani dan jauh lebih dihormati ketimbang membuat segudang kebohongan demi tidak dihakimi dan terbebas dari pelajaran yang mungkin akan berharga untuk kamu kelak.


7. Malu dengan keadaan yang sebenarnya

Photo credit: grid

Percayalah bahwa manusia diciptakan berbeda-beda bersama kekurangan dan kelebihan mereka masing-masing. Jangan malu hanya karena kamu berbeda dengan yang lainnya. Karena sesungguhnya, kamu pasti memiliki kelebihan yang tidak banyak orang juga miliki. Membuat kebohongan hanya karena kamu malu dengan diri sendiri mungkin membuat kamu akan terhindar dari cemoohan orang-orang sementara. Namun, ketika semua orang tahu yang kamu katakan adalah sebuah kebohongan, tentu rasa malu akan menghantui kamu seumur hidup kamu.

BACA JUGA


Terkuaknya Rahasia Dwi Hartanto si The Next Habibie Kejutkan Banyak Orang. Tanamkan 7 Hal Ini Pada Diri Sendiri Agar Tak Tergoda Jadi Seperti Dirinya!

Terkuaknya Rahasia Dwi Hartanto si The Next Habibie Kejutkan Banyak Orang. Tanamkan 7 Hal Ini Pada Diri Sendiri Agar Tak Tergoda Jadi Seperti Dirinya!

Dwi Hartanto dikenal sejak dirinya mengaku bahwa ia adalah satu-satunya orang Indonesia yang terlibat dalam pembuatan satelit bersama dengan ...

Read more..

Nah, adakah pikiran-pikiran di atas pernah terlintas dalam benak kamu, Sahabat Trivia?


Mau tahu topik-topik kekinian yang diulas secara mendalam? Cari tahu di Tahu Banget!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Jangan-Jangan Kamu dan Dwi Hartanto Tak Jauh Berbeda. Coba Cek Apakah 7 Pikiran Ini Pernah Ada di Benakmu?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rezita Rani | @rezitarani

Silahkan login untuk memberi komentar