Jangan Manja Saat Puasa! Ini 7 Contoh Toleransi yang Perlu Kamu Terapkan di Bulan Ramadhan

Jangan Manja Saat Puasa! Ini 7 Contoh Toleransi yang Perlu Kamu Terapkan di Bulan Ramadhan

1.8K
Saatnya belajar toleransi di bulan Ramadhan ini. Kamu merasa belum menjadi orang yang toleran? Pelajari 7 contoh toleransi di bulan Ramadhan berikut ini.

Mungkin kamu sudah melewati hari-hari yang menyenangkan dan menyebalkan saat sedang berpuasa. Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk beragama Islam terbesar di dunia. Oleh karena itu, banyak kemudahan yang kamu rasakan saat berpuasa disini. Namun, karena status mayoritas itulah, terkadang kita menjadi bersikap manja dengan mengharapkan toleransi dari yang tidak berpuasa. Padahal, tidak ada alasan untuk meminta dihormati hanya karena kita sedang berpuasa. Ada 7 hal yang justru perlu kita toleransi dari orang-orang yang tidak berpuasa.


1. Ada yang Makan di Hadapanmu? Santai Saja!

Photo credit: pixabay.com

Meski sudah terbiasa dengan ibadah puasa, terkadang kita merasa terganggu dengan orang yang terang-terangan makan di hadapan kita. Kita merasa marah dan tidak dihargai karena jelas-jelas saat ini sedang berpuasa. Padahal, puasa adalah ibadah yang diwajibkan kepada umat Islam. Tentu saja, orang yang berbeda keyakinan dengan kita berhak untuk tetap makan, kan? Oleh karena kita sedang berpuasa bukan berarti kita berhak membatasi semua orang agar tidak makan. Bila kita memang benar-benar niat menjalankan ibadah, tentunya tidak akan sulit melihat orang lain makan. Toh, kita sudah memiliki waktu sendiri untuk berbuka puasa.


2. Nyinyir Kepada Orang yang Membeli Minum di Siang Hari? Tahan dong!

Photo credit: safiranys.blogspot.com

Saat sedang berbelanja keperluan sehari-hari di minimarket, kamu bertemu dengan seseorang yang sedang membeli minuman dingin. Mungkin kamu akan heran dan bertanya, “Kenapa dia membeli minuman dingin di siang hari?” Tapi percayalah, itu tidak ada hubungannya denganmu. Kamu hanya perlu berpikir positif padanya. Bisa saja minuman itu akan diminumnya saat berbuka nanti. Kalau pun kamu yakin dia tidak berpuasa, kamu tidak perlu menatapnya penuh penghakiman. Berpuasa seharusnya bisa menahanmu dari prasangka yang tidak perlu, bukan?


3. Tidak Perlu Sebal Melihat Unggahan Makanan

Photo credit: z1035.com

Bila kamu adalah tipe orang yang rajin membuka media sosial, kamu akan mendapati banyak orang yang sengaja mengunggah gambar makanan. Hal itu sedikit banyak membuatmu sebal. Bahkan, memancingmu untuk berkomentar. Kamu yakin dia sebenarnya tidak puasa, apalagi check in di sebuah restoran saat siang hari. Meskipun begitu, kamu tidak perlu kesal dan menghakiminya. Berpuasa memang kewajiban bagi umat islam, tapi keputusan untuk menjalankannya kembali ke keputusan masing-masing. Oleh karena itu, kamu perlu belajar lebih santai dalam merespon apapun yang ada di media sosial, apalagi saat sedang berpuasa.


4. Warteg dan Rumah Makan Tetap Buka? Kenapa Harus Terganggu?

Photo credit: wikipedia.org

Di bulan puasa ini, memang banyak tempat makan yang memilih tutup demi menghormati orang yang berpuasa. Akan tetapi, tidak sedikit juga tempat makan yang memilih untuk buka agar tetap bisa memperoleh pendapatan. Kamu tidak bisa menahan diri untuk mencibir rumah makan yang tetap buka. Padahal, pelanggan rumah makan itu terbukti tetap banyak. Artinya, kamu perlu membuka matamu lebih lebar. Ada banyak orang yang tidak berpuasa dan tetap memerlukan makan. Jangan sampai hanya karena kamu berpuasa, kamu merasa tidak adil bila rumah makan tetap buka.


5. Merokok di Tempatnya Tidak Perlu Dibesar-Besarkan

Photo credit: pixabay.com

Saat kamu ke kampus bersama temanmu, tanpa sengaja kamu melihat beberapa orang yang sedang merokok di smoking area. Kamu segera berbisik-bisik dengan temanmu. Apalagi kalau yang sedang merokok adalah seseorang yang terkenal di kampusmu. Duh! Tiba-tiba kamu merasa kecewa. Selama dia merokok di tempat yang sudah tepat, kenapa kamu mesti kecewa? Bila kamu tahu betul dia seharusnya berpuasa, sekali lagi, kamu tidak perlu menghakiminya. Dia yang tidak menjalankan kewajibannya memiliki tanggung jawabnya terhadap Tuhannya, bukan terhadap kamu.


6. Gosip di TV Tetap Lancar? Matikan Saja TVnya

Photo credit: time.com

Meski bulan Ramadhan, tidak semua televisi memiliki acara bertemakan Ramadhan. Salah satunya adalah infotainment. Kamu yang tidak ingin ‘menodai’ puasamu dengan gosip, bisa langsung mematikan televisi. Kamu tidak perlu menyalahkan pihak televisi atau orang-orang yang tetap menonton acara gosip meski sedang berpuasa. Kamu mungkin merasa gosip akan 'menodai' puasamu, tapi belum tentu orang lain juga berpikir begitu. Segala hal negatif yang bisa mempengaruhi puasamu bisa kamu hindari kok.


7. Gerah dengan Perempuan Berbaju Terbuka? Positive Thinking Saja

Photo credit: pexels.com

Beberapa waktu lalu, saya menemukan sebuah komentar di media sosial. Ada anonim yang mengomentari seorang perempuan yang mengunggah foto dengan baju terbuka. Menurut si anonim, tidak seharusnya si perempuan mengunggah foto ‘seksi’ tersebut saat bulan puasa. Bila kamu risih dengan adanya orang yang berpakaian terbuka, kamu hanya perlu mengalihkannya dengan hal lain. Bila hal itu terjadi di media sosial, kamu hanya perlu unfollow atau tidak perlu kamu perhatikan. Kita memang sedang berpuasa, tapi bukan berarti kita jadi menghalangi orang lain untuk berekspresi.


Sudah saatnya kita lebih bijak dalam bertindak. Banyak orang yang tidak berpuasa dan tidak seharusnya kamu mencibirnya. Yuk, mulai berpuasa dengan bijak dan saling menghargai.





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Jangan Manja Saat Puasa! Ini 7 Contoh Toleransi yang Perlu Kamu Terapkan di Bulan Ramadhan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Sofiati Mukrimah | @sofiatimukrimah

Penyuka kucing, keju mozzarella di pizza, dan make up. Enggak baperan, kecuali dipancingnya keterlaluan.

Silahkan login untuk memberi komentar