Jangan Pernah Remehkan Anak Filsafat. Ini Nih 6 Alasan Anak Jurusan Filsafat Layak Dijadikan Teman Hidup!

show biz liputan 6

Jangan Pernah Remehkan Anak Filsafat. Ini Nih 6 Alasan Anak Jurusan Filsafat Layak Dijadikan Teman Hidup!

32K
Anak filsafat cocok dijadikan sandaran hidupmu. Karena, mereka pastinya adalah orang yang banyak menyerap pelajaran bijak dari para pemikir filsafat.

Jurusan ilmu filsafat yang ada di berbagai universitas di Indonesia sering dipandang sebelah mata. Jurusan filsafat dinilai tak bisa menawarkan masa depan yang cerah. Bahkan, jurusan filsafat sering dianggap tidak jelas karena ilmu yang diajarkan terlalu abstrak atau mengawang-awang. Sedangkan dunia kerja membutuhkan ketrampilan konkret yang benar-benar bisa dipraktekkan.

Namun, anggapan seperti itu tak sepenuhnya benar karena banyak juga tokoh sukses di Indonesia yang memiliki latar belakang pendidikan filsafat. Mereka tetap bisa meraih masa depan cemerlang meskipun lulusan jurusan filsafat. Dari ranah sastra, kita mengenal nama Eka Kurniawan. Eka Kurniawan adalah lulusan filsafat UGM dan penulis fiksi yang mendunia karena karya-karyanya. Eka Kurniawan bahkan sempat diundang ke acara-acara diskusi buku mancan negara. Sedangkan dari ranah hiburan kita mengenal nama Dian Sastrowardoyo. Iya, aktris cantik yang menjadi ikon film Ada Apa Dengan Cinta ini merupakan lulusan filsafat Universitas Indonesia. Dian Sastrowardoyo juga memiliki kemampuan akting luar bisa.

Hal ini membuktikan bahwa anak dari jurusan filsafat itu bisa menjadi apa pun sesuai dengan potensi mereka. Selain itu, anak jurusan filsafat cocok sekali dijadikan sebagai teman hidup. Berikut ini adalah enam alasan mengapa anak jurusan filsafat layak dijadikan teman hidup.


1. Berpikiran matang

berita tagar

Pada tahun ajaran pertama biasanya anak jurusan filsafat akan disuguhi oleh berbagai mata kuliah pengantar. Salah satu yang penting adalah mata kuliah pengantar ilmu logika. Ilmu logika adalah ilmu tentang cara berpikir lurus dan terukur. Maka dari itu, anak jurusan filsafat terlatih untuk berpikir cukup matang sehingga tidak gegabah dalam mengambil keputusan. Mereka terlatih berpikir matang dengan ilmu logika. Hidup harus ditentukan oleh keputusan tepat yang pikirkan matang-matang. Nah, anak jurusan filsafat adalah jagonya.


2. Setia

shutterstock

Anak filsafat itu juga setia. Karena anak filsafat dituntut untuk teguh dalam memegang prinsip hidup mereka. Selain itu, mereka juga tipe orang yang mau diajak berjalan beriringan seperti kata-kata filsuf terkenal Albert Camus.

Jangan berjalan di belakangku karena aku tidak akan memimpinmu. Jangan berjalan di depanku karena aku tidak akan mengikutimu. Berjalanlah disisiku sebagai sahabatku


3. Bisa menjadi tempat sandaran

ariatribratakharisma

Anak filsafat cocok dijadikan sandaran hidupmu karena mereka pastinya adalah orang yang banyak menyerap pelajaran bijak dari para pemikir filsafat. Mereka banyak belajar filsafat dari zaman Yunani Kuno sampai posmodern sehingga mereka bisa menjadi bahu untuk bersandar dan bersedia menceritakanmu cerita filosofis yang penuh makna.


4. Pandai memecahkan masalah

sandler

Anak jurusan filsafat terbiasa dengan mata kuliah yang menuntut mereka berpikir kompleks. Oleh karenanya, anak filsafat juga akan pandai memecahkan berbagai masalah hidup. Anak jurusan filsafat pasti bisa kamu mintai pendapat dan solusi pada masalah yang kadangkala sering menimpa hidupmu.


5. Pemberani

extrem

Anak filsafat pasti mempelajari banyak tokoh-tokoh filsafat dunia. Salah satunya adalah filsuf terkenal jerman bernama Friedich Nietzche. Nietzche dikenal sebagai seorang filsuf keras yang pemberani. Baginya, hidup ini harus dijalani dengan keberanian. Prinsip ini dikenal sebagai kredo amor fati, yaitu prinsip untuk menghadapi kehidupan beserta segala risikonya dengan berani.


6. Kharismatik dan cool!

bintang

Kharismatik dan cool adalah persona yang juga melekat pada anak filsafat. Anak filsafat memang dikenal lebih suka berpikir ketimbang melakukan obrolan yang tak bermanfaat. Oleh sebab itu, secara otomatis kharisma dan kesan cool itu muncul dari pribadi mereka ini.

BACA JUGA


Laki-Laki yang Cerdas dan Humoris Bisa Membuat Perempuan Jatuh Cinta. Iya Nggak Sih, Sahabat Trivia?

Laki-Laki yang Cerdas dan Humoris Bisa Membuat Perempuan Jatuh Cinta. Iya Nggak Sih, Sahabat Trivia?

Bagi saya, laki-laki yang cerdas dan humoris itu mempunyai daya tarik luar biasa. Jadi orang seperti ini akan sangat mudah membuat saya ...

Read more..

Nah, ternyata jurusan filsafat bukan jurusan nggak jelas ya. Jurusan ini justru memberikan banyak pelajaran hidup yang penting. Jadi, jangan takut pacaran sama anak jurusan filsafat ya, Sahabat Trivia!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Jangan Pernah Remehkan Anak Filsafat. Ini Nih 6 Alasan Anak Jurusan Filsafat Layak Dijadikan Teman Hidup!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rakhmad Permana | @rahmadmercy

Domisili di Subang. Kegiatan sehari-harinya adalah bermain dengan ikan-ikan di kolam milik kakeknya.

Silahkan login untuk memberi komentar