Jelang Ramadan Bersihkan Tubuh dan Kesehatan Agar Puasamu Lebih Maksimal. Begini Caranya, Sahabat Trivia!

photo credit: Keluarga Harmonis

Jelang Ramadan Bersihkan Tubuh dan Kesehatan Agar Puasamu Lebih Maksimal. Begini Caranya, Sahabat Trivia!

633
Biar nantinya tubuh tidak kaget dengan pola makan juga rutinitas kita selama puasa, ada baiknya dari sekarang kamu mulai mempersiapkannya.

Kamu mau kan saat bulan puasa nanti, badan selalu dalam kondisi terbaiknya. Selalu prima dan bugar, sehingga ibadah dan kegiatan yang kita lakukan bisa dijalani dengan sebaik-sebaiknya. Puasa bukan berarti harus lemas dong! Biar nantinya tubuh tidak kaget dengan pola makan juga rutinitas kita selama puasa, ada baiknya dari sekarang kamu mulai mempersiapkannya. Menjaga kesehatan dan mengurangi hal-hal yang kurang baik, merupakan faktor yang akan buat puasamu semakin berkualitas. Sebelum datangnya bulan Ramadan penting untuk menjaga kesehatan, apalagi kamu yang punya segudang aktivitas. Kalau dari sekarang sudah mulai dicoba untuk dijaga dan diatur pola hidupnya, saat bulan puasa nanti semuanya bisa berjalan dengan lancar dan makin mantap puasanya. Jangan baju baru saja yang dipersiapkan, kualitas ibadahmu pun harus!!


Atur makanan yang dikonsumsi

photo credit: Keluarga Harmonis

Mendekati bulan Ramadan, makanlah makanan yang sehat dan juga tidak berlebihan. Sayur-sayuran dan buah, itu harus kamu lebih banyak konsumsi agar tubuh lebih segar. Pastikan apa yang kamu santap sehat, bergizi dan cukup. Jangan lupa rutin selalu mengonsumsi air putih agar tidak dehidrasi. Hindari goreng-gorengan, makanan cepat saji dan minum yang bersoda.


Olahraga. Jangan kasih kendor!

photo credit: Soulmate Bali

Sebelum bulan puasa imbangi pola hidup sehat kamu dengan berolahraga. Jantung, pernapasan dan peredaran pun akan lancar, stabil dan akan membuat kamu tidak menjadi gampang capek. Dengan begitu, stamina kamu pun tetap terjaga, Sahabat Trivia.


Kurangi kebiasan buruk

photo credit: Functional Medical Institute

Salah satu yang juga sudah mulai harus kamu siapkan adalah mengurangi kebiasan yang buruk, misalnya merokok. Pada saat bulan puasa nanti kamu yang merokok, mau tidak mau, suka tidak suka harus berhenti merokok. Aktivitas yang kurang penting seperti begadang pun harus dikurangi karena bisa mempengaruhi kesehatanmu. Pokoknya Sahabat Trivia harus menimbang-nimbang mana yang baik untukmu dan mana yang kurang baik. Momen bulan puasa ini datangnya hanya sebulan sekali lho, jangan sampai kamu terus-terusan membawa hal kurang baik dan menghalangi ibadah puasa.


Atur waktu sebaik mungkin

photo credit: Qerja

Nah, ini adalah hal yang juga harus kamu garis bawahi, Sahabat Trivia. Agar puasamu nanti bisa dengan tenang dan maksimal dijalani, selesaikanlah pekerjaan yang bisa dilakukan saat ini agar nantinya tidak menumpuk. Mulai cicil satu persatu, jangan sampai deadline menumpuk dan dibebankan saat bulan Ramadan nanti. Wah, bisa-bisa kamu malah begadang dan jadi ngga fokus ibadahnya.


Mulai biasakan melakukan ibadah sunah secara rutin

photo credit: U must b lucky

Di bulan Ramadan, saat semua pahala dilipat gandakan akan terasa sayang kalau kamu melewatkannya begitu saja tanpa menambah kualitas ibadah. Mulai sekarang perbaiki kewajiban shalat 5 waktumu, tambah juga dengan ibadah di malam hari. Kalau misalnya di hari-hari biasa kamu jarang melakukan ibadah malam, bulan puasa nanti kenapa tidak kamu rutin melakukannya, Sahabat Trivia. Pasti kualitas hidup dan ibadahmu pun akan semakin berarti dan bermakna. Nah, daripada begadang yang nggak penting, lebih baik kamu sudah mulai latihan bangun malam untuk ibadah malam, biar badanmu pun nggak kaget lagi.


Biasakan tidur yang cukup

photo credit: iu-jjang

Dengan kegiatan yang tetap full selama puasa, itu berarti kualitas tidurmu pun harus tetap terjaga. Jangan sampai lupa dengan waktu tidurmu, biasakan tidur yang cukup agar bangun nanti badanmu pun akan bugar dan bersemangat.


Bersih itu sehat!

photo credit: Merdeka

Jagalah kebersihan tubuhmu karena tubuh yang bersih adalah cerminan kalau dirimu pun sehat. Selain itu, mempersiapkan kebersihan rumah menjelang puasa pun penting untuk dilakukan, agar saat Ramadan nanti kondisi rumahmu pun akan nyaman dan bersih. Kalau sudah bersih, maka beribadahmu pun akan semakin tenang dan fokus. Oh iya, jangan lupa juga mulai persiapkan bahan makanan yang sehat untuk amunisi puasa nanti.

BACA JUGA


Makanan Sehat Ini Wajib Dikonsumsi Selama Puasa Agar Kesehatanmu Tetap Terjaga. Puasa Harus Tetap Prima!

Makanan Sehat Ini Wajib Dikonsumsi Selama Puasa Agar Kesehatanmu Tetap Terjaga. Puasa Harus Tetap Prima!

Karena selama satu hari berpuasa, kita harus menyiapkan amunisi yang baik dan cukup untuk tubuh kita

Read more..

Semoga setelah kamu praktikan tipsnya, kesehatan tubuhmu pun bisa selalu prima dan bugar ya selama puasa. Selamat menjaga kesehatan dan menjalankan ibadah puasa, Sahabat Trivia.




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Jelang Ramadan Bersihkan Tubuh dan Kesehatan Agar Puasamu Lebih Maksimal. Begini Caranya, Sahabat Trivia!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Qiqi NurIndahSari | @qiqinurindahsari

Hi,Q! www.qiqinurindahsari.com

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week