Jika Kamu Suka Novel Hujan Bulan Juni, Tiga Buku Ini Juga Akan Jadi Favoritmu, Sahabat Trivia!

Photo credit: Selasar

Jika Kamu Suka Novel Hujan Bulan Juni, Tiga Buku Ini Juga Akan Jadi Favoritmu, Sahabat Trivia!

1.6K
Untuk kamu yang mengikuti kisah Sarwono, Pingkan, dan Katsuo dalam novel Hujan Bulan Juni, kamu mungkin juga akan suka membaca buku-buku ini, Sahabat Trivia.

Bisa dikatakan, Hujan Bulan Juni merupakan karya sastra Indonesia yang fenomenal. Pertama kali hadir dalam bentuk puisi pada tahun 1989, selanjutnya mengalami beberapa kali alih wahana, mulai dari lagu, drama teater, komik, hingga novel. Lalu kabarnya, tahun 2017 ini Hujan Bulan Juni akan hadir dalam bentuk film layar lebar. Sebagaimana yang dikonfirmasi oleh penulisnya, Sapardi Djoko Damono, melalui akun Twitter, film Hujan Bulan Juni dibintangi oleh Adipati Dolken sebagai Sarwono, Velove Vexia sebagai Pingkan, dan Koutaro Kakimoto sebagai Katsuo.


photo credit: adi.

Adapun kisahnya sendiri merupakan lika-liku cinta ketiga tokoh tersebut yang diliputi isu perbedaan suku, agama, dan ras. Sesuai novelnya yang terbit pertama kali pada Juni 2015 tersebut, film ini mengambil lokasi syuting di Manado, Solo, Jakarta, dan Jepang. Selain itu pengambilan gambar juga dilakukan di kota Tomohon dan Tonado yang sama-sama seperti Manado, ada di Sulawesi Utara. Nah, untuk kamu yang mengikuti kisah Sarwono, Pingkan, dan Katsuo, kamu mungkin juga akan suka membaca buku-buku ini, Sahabat Trivia.


1. Pingkan Melipat Jarak – Sapardi Djoko Damono

Photo credit: Getscoop.

Bagi sebagian orang, mungkin belum tahu bahwa Novel Hujan Bulan Juni merupakan novel trilogi. Pingkan Melipat Jarak ini merupakan buku kedua dari trilogi tersebut yang terbit bulan Maret lalu, saat Sapardi Djoko Damono berulang tahun yang ke-77. Kisah di dalam buku ini lebih fokus pada sudut pandang Pingkan yang mengalami pergulatan batin setelah tahu bahwa Sarwono mengidap penyakit serius.


2. Perempuan Patah Hati yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi – Eka Kurniawan

Photo credit: EkaKurniawan

Buku ini merupakan kumpulan cerita pendek Eka Kurniawan. Pada buku yang terbit pertama kali pada Maret 2015 ini terdapat lima belas cerita pendek. Adapun cerita Perempuan Patah Hati yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi mengisahkan perempuan yang gagal menikah karena pengkhianatan lantas mendapat mimpi yang sama berulang kali yaitu tentang seorang laki-laki dan hewan peliharaannya yang tinggal di pesisir.


3. Mata yang Enak Dipandang – Ahmad Tohari

Photo credit: Gramedia Pustaka Utama

Buku ini juga merupakan kumpulan cerita pendek. Sebanyak lima belas cerita pendek karya Ahmad Tohari yang sebelumnya tersebar di sejumlah media cetak antara tahun 1983 dan 1997. Adapun Mata yang Enak Dipandang berkisah tentang dua orang pengemis yang beradu pendapat tentang bagaimana ciri-ciri mata orang yang dermawan.

BACA JUGA


Rekomendasi Buku yang Bikin Rileks Sebelum Tidur. Baca Deh! Dijamin Lebih Tenang dan Tidur Nyenyak

Rekomendasi Buku yang Bikin Rileks Sebelum Tidur. Baca Deh! Dijamin Lebih Tenang dan Tidur Nyenyak

Buku yang baik dibaca sebelum tidur adalah buku biografi atau novel karena buku-buku genre ini menampilkan cerita yang mengalir sehingga ...

Read more..

Bagaimana, Sahabat Trivia pembaca novel Hujan Bulan Juni, tertarik untuk membaca ketiga buku ini? Segera ke toko buku atau perpustakaan terdekat untuk menambah bacaan kamu di waktu luang nanti, ya. Selamat membaca!





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Jika Kamu Suka Novel Hujan Bulan Juni, Tiga Buku Ini Juga Akan Jadi Favoritmu, Sahabat Trivia!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Henny Alifah | @hennyalifah

Writer and Knitter

Silahkan login untuk memberi komentar