Jogja, Selain Destinasi Wisata, 8 Grup Musik Asal Jogja Juga Memikat Banyak Orang

photo credit: lensa remaja

Jogja, Selain Destinasi Wisata, 8 Grup Musik Asal Jogja Juga Memikat Banyak Orang

1.1K
Hal yang selalu melekat dengan kota Yogyakarta, yaitu seni budayanya. Kental dengan nuansa seni, Jogja adalah rumah bagi berbagi seniman, yang mengusung genrenya masing-masing.

Apa yang terlintas di benakmu saat mendengar kata, Yogyakarta? Malioboro, gudeg, atau seni budaya Jawa? Hal itu tidak sepenuhnya salah. Namun, ada hal yang juga mewakili Jogja beberapa tahun terakhir, yaitu seni budayanya. Kental dengan nuansa seni, Jogja adalah rumah bagi berbagi seniman, yang mengusung genrenya masing-masing. Tak terkecuali grup musik, tak semua musisi berbakat berasal dari Jakarta lho. Delapan grup musik di bawah ini sudah pasti sering kamu dengar, bahkan mungkin kamu mengidolakan, mereka ternyata berasal dari Yogyakarta. Simak yuk!


1. Sheila on 7


Siapa sih yang tidak kenal dengan Sheila on 7? Band yang juga mempunyai nama julukan sebagai "Band Satu Juta Copy" karena mampu menjual album fisik sebanyak lebih dari satu juta copy untuk tiga album berturut-turut. Terbentuk pada tanggal 6 Mei 1996, Sheila on 7 yang awalnya bernama Sheila Genk ini dulunya merupakan kumpulan lima anak sekolah dari beberapa SMA di Yogyakarta. Selama 20 tahun terbentuk, mereka sudah sepuluh kali merilis album, yang lagu-lagunya sangat akrab di telinga masyarakat Indonesia. Sekarang, Sheila On 7 mempunyai empat orang personel, yaitu Duta sebagai vokalis, Eross sebagai gitaris, Adam sebagai bassis dan Brian sebagai drummer. Coba sebut judul lagu favoritmu dari Sheila on 7, pasti lebih dari satu kan?


2. Letto


Grup musik yang terbentuk tahun 2004 ini, mempunyai empat personel yaitu Noe pada vokal, Patub pada gitar, Arian pada bass dan Dhedot pada drum. Mereka semua berasal dari Yogyakarta. Awalnya, mereka dipertemukan di SMA yang sama, lalu saat kuliah mereka berpisah, tetapi setelah itu mereka bertemu kembali dan memutuskan untuk membuat karya bersama. Sampai saat ini, Letto sudah memiliki empat album. Lagu-lagu mereka sempat merajai tangga lagu Indonesia, misalnya Sebelum Cahaya, Ruang Rindu, dan Sandaran Hati.


3. Jikustik


Jikustik terbentuk tanggal 26 Februari 1996, dengan personelnya yaitu Pongki Barata (vokal, gitar), Icha (bass, vokal), Dadi (gitar, vokal), Adhit (keyboard) dan Carlo (drum). Awalnya, grup musik ini bernama G-Coustic, huruf G diambil dari nama Geronimo FM, sebuah radio di Yogyakarta yang berperan dalam berdirinya Jikustik. Namun, setelah bergabung di bawah label Warner Music Indonesia, pada tahun 2000 dan bersamaan dengan peluncuran album pertama, band ini berganti nama menjadi Jikustik. Uniknya, Jikustik mengusung konsep trilogi, pada nama album mereka. Misalnya tiga album yang bertemakan hari, sehingga judul albumnya ada Pagi, Siang, dan Malam. Saat ini, kedudukan Icha dalam band sudah digantikan oleh Bayu. Sedangkan Pongki digantikan oleh Brian, Pongki kini berkarier solo dan lebih sering mengisi acara off-air.


4. Seventeen


Seventeen merupakan grup band bergenre pop rock yang terbentuk , pada tanggal 17 Januari 1999. Dinamakan Seventeen, karena pada saat terbentuknya band ini, semua personel masih berumur 17 tahun, dan merupakan siswa SMA di Yogyakarta. Sampai tahun 2016, grup musik ini telah meluncurkan enam album, dengan single seperti Jaga Slalu Hatimu, Untuk Mencintaimu dan Selalu Mengalah. Saat ini, Seventeen digawangi oleh Bani pada bass, Herman pada gitar, Andi pada drum, dan Ifan pada vokal.


5. The Finest Tree


Grup musik ini, merupakan duo yang beranggotakan kakak beradik, Elang Nuraga dan Cakka Nuraga. Dulunya, Cakka merupakan salah satu finalis ajang pencarian bakat untuk anak-anak, Idola Cilik 2. Sedangkan, Elang mengawali jalannya di dunia musik melalui beberapa festival musik, yang ada di Yogyakarta. Karena bakat bermusik yang luar biasa dari keduanya, membuat Eross Chandra, gitaris dari Sheila on 7 tertarik untuk turun tangan memproduseri mereka. Duo yang terbentuk tanggal 20 Maret 2012 ini sudah sering wara-wiri di televisi, dengan membawakan hits single mereka seperti, Lupa Bawa Nyali, Kau dan Aku, dan Sedikit Waktu.


6. The Rain


Band asal Yogyakarta yang terbentuk sejak Oktober 2001 ini, digawangi oleh Indra pada vokal dan gitar, Aang pada drum, Ipul pada bass, dan Iwan sebagai gitaris. Sampai saat ini, The Rain sudah meluncurkan lima album yang lagunya beberapa kali, masuk nominasi dalam acara penghargaan bergengsi. Uniknya, The Rain mempunyai "Trilogi 18 November" yaitu perilisan lagu setiap tanggal 18 November pada tahun 2013-2015. Tahun 2013 mereka mengeluarkan lagu, “Terlatih Patah Hati”, tahun selanjutnya dirilis lagu “Gagal Bersembunyi”, dan tahun 2015 The Rain merilis lagu “Penawar Letih”.


7. Shaggydog


Shaggydog adalah sebuah band bergenre Ska Reggae dan Jazz yang terbentuk pada 1 Juni 1997, berasal dari sebuah kampung yang terletak di pinggir sungai, di tengah kota Yogyakarta. Selain musiknya diterima oleh penikmat musik Indonesia, karya Shaggydog juga sudah mendunia. Hal ini ditandai dengan didapatkannya kontrak dari Festival Mundial Production untuk menjalani tur di Belanda. Selain itu, Shaggydog juga pernah diundang untuk tampil, di acara Darwin Festival. Dari awal terbentuk sampai sekarang, Shaggydog mempunyai enam personel yang tidak berubah, yaitu Heru pada vocal, Richard dan Raymond pada gitar, Bandizt pada bass, Lilik di keyboard, dan Yoyo pada drum.


8. Endank Soekamti


Grup musik yang berdiri pada bulan Januari 2001 ini , mengawali kariernya dengan manggung dari satu panggung ke panggung lainnya di sekitar Yogyakarta, terutama di acara-acara mahasiswa. Endank Soekamti bergenre Pop Punk, lirik-lirik lagunya terkesan "semaunya", kadang-kadang kasar, dan juga "nyeleneh". Dari awal terbentuk sampai saat ini, grup musik ini beranggotakan Ari pada drum, Dory pada gitar, dan Erix pada bass sekaligus vokal.

BACA JUGA


Nostalgia Masa Remaja dengan Musisi Berikut Yuk! Setuju Kan Kalau Karya Mereka Setia Menemani Hari-Harimu Hingga Sekarang?

Nostalgia Masa Remaja dengan Musisi Berikut Yuk! Setuju Kan Kalau Karya Mereka Setia Menemani Hari-Harimu Hingga Sekarang?

Begitu banyak kenangan remaja yang erat hubungannya dengan lirik-lirik yang indah dari lagu di masa itu. Coba ingat kembali, musik apa saja ...

Read more..

Jadi, yang mana saja grup musik asal Yogyakarta yang menjadi idolamu, Sahabat Trivia?




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Jogja, Selain Destinasi Wisata, 8 Grup Musik Asal Jogja Juga Memikat Banyak Orang". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Amalia Larasanty | @ayashamalia

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week