Karakter yang Harus Kamu Miliki untuk Menjadi Sosok Perempuan Hebat Masa Kini dan Ibu Tangguh di Masa Depan

Karakter yang Harus Kamu Miliki untuk Menjadi Sosok Perempuan Hebat Masa Kini dan Ibu Tangguh di Masa Depan

2.4K
Setinggi-tingginya pendidikan seorang perempuan, pada hakikatnya tugas utama seorang ibu adalah berbakti pada keluarga. Lalu, bagaimana sosok ibu masa kini yang harus kamu persiapkan mulai dari sekarang?

Kegigihan Kartini dalam memperjuangkan emansipasi perempuan telah menginspirasi banyak orang. Hari kelahirannya pun kemudian diperingati sebagai Hari Kartini. Sosok Kartini identik dengan dengan perempuan yang cerdas, tabah, dan berbakti pada keluarga. Perjuangannya tak pernah padam meski ditentang banyak pihak, bahkan keluarganya sendiri. Mungkin kini kamu adalah sosok ibu muda yang tengah berjuang juga dalam keluargamu.

Kamu pasti memiliki mimpi-mimpi yang belum terwujud dan tetap harus mengabdi untuk keluarga kecilmu. Lalu, apakah kamu berpikir nanti kalau sudah menikah akan banyak halangan untukmu agar tetap maju? Menjadi seorang ibu memang bukanlah hal mudah. Berikut tujuh karakter yang harus kamu miliki untuk menjadi sosok ibu masa kini. Semoga kelak berguna buat kamu di masa depan ya.


Menyadari pentingnya pendidikan dalam keluarga


Meski kamu hanya akan menjadi ibu rumah tangga, kamu harus tetap mengutamakan pendidikan. Jangan berhenti untuk terus belajar. Bekal pendidikan yang kamu miliki sangat berguna untuk mendidik anak-anakmu. Ingatlah bahwa pendidikan pertama yang diperoleh seorang anak adalah dari keluarga. Maka, jadilah guru yang baik untuk anakmu. Dari sekarang nggak boleh malas belajar agar besok kelak bisa jadi ibu yang pintar dan hebat.


Menjadi sosok penolong bagi pasangan


Pasanganmu bukanlah orang yang selalu kuat setiap saat, meskipun dia adalah laki-laki. Tugas seorang perempuan adalah menjadi sosok penolong bagi pasangannya. Memang, kadang perempuan memiliki naluri alami untuk ingin disayang. Namun, dalam keadaan tertentu tetaplah menjadi perempuan kuat yang bisa menjadi penolong bagi pasanganmu. Bukankah di balik kesuksesan laki-laki ada peran perempuan hebat di baliknya?


Menjadi sahabat bagi anak-anak


Yang tak kalah penting adalah menjadi sahabat bagi anak-anak. Jangan membuat suatu benteng atau jarak dengan anak. Jadilah teman bagi anak-anak. Biasakan untuk selalu mengajak anak berbagi cerita sedari kecil. Dengan begitu, kamu bisa membangun hubungan ibu dan anak yang mengasyikkan.


Tidak lupa untuk tetap "tangguh" dalam berbagai situasi


Mungkin akan ada waktu ketika sebuah bencana menimpa keluarga kecilmu. Tetaplah tangguh dalam kondisi tersebut. Jangan biarkan masalah membuatmu galau. Ingatlah bahwa kamu memiliki pasangan yang harus kamu support dan anak yang membutuhkan kasih sayangmu.


Tak harus bekerja kantoran, banyak pekerjaan bisa kamu lakukan sambil di rumah


Kini, menjadi ibu rumah tangga bukanlah hal yang tabu. Dulu banyak perempuan berlomba berkarier demi membantu kebutuhan ekonomi keluarga. Banyak pekerjaan yang bisa kamu lakukan selama di rumah. Kamu tak perlu mengikuti jam kerja kantoran yang mungkin akan lebih banyak menyita waktumu bersama keluarga. Kamu bisa membuka usaha online shop, menjadi freelance writer, dan masih banyak lagi. Selain tetap berkreativitas, kamu juga masih bisa melakukan tanggung jawabmu sebagai ibu.


Jangan pernah berhenti bermimpi dan jangan sekali-kali berputus asa untuk meraihnya


Jangan berpikir bahwa dengan menikah maka semua mimpimu tertutup. Tetaplah bermimpi dan berusahalah untuk meraihnya. Jadilah contoh buat anakmu agar mereka juga tidak menyerah dalam meraih mimpi.


Bagikan cerita kehidupanmu untuk anak-anakmu sebagai bekal mereka di masa depan


Jika Kartini berjuang melalui tulisan-tulisannya, ada baiknya kamu mencontoh beliau. Kamu tentu memiliki banyak cerita di hidupmu yang bisa kamu bagikan untuk anak-anakmu. Didiklah mereka melalui pelajaran-pelajaran hidup yang kamu petik sepanjang hidupmu. Dengan begitu, anakmu memiliki bekal untuk melangkah di masa depan.

BACA JUGA


Sebagai Sosok Kartini Sekarang dan Masa Depan, Kamu Wajib Punya 7 Sifat Ini

Sebagai Sosok Kartini Sekarang dan Masa Depan, Kamu Wajib Punya 7 Sifat Ini

Sahabat Trivia, Hari Kartini selalu diperingati setiap tanggal 21 April. Selama ini kita hanya mengenang Kartini dengan memakai kebaya. ...

Read more..

So, sudah siapkah Sahabat Trivia untuk menjadi perempuan hebat dan jadi sosok ibu keren di masa depan? Perempuan yang hebat tak harus memiliki karier yang gemilang. Sosok ibu yang tangguh harus kamu miliki untuk membangun keluarga kecilmu, bukan? Semoga kamu kelak bisa jadi ibu hebat dan tangguh di masa depan.


#TriviaWritingCompetition






Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Karakter yang Harus Kamu Miliki untuk Menjadi Sosok Perempuan Hebat Masa Kini dan Ibu Tangguh di Masa Depan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Jessica Dima | @jessicadima

Supervisor QC yang demen nulis sejak SD. Penikmat buku, musik, dan film. Masih demen nulis di sela-sela rutinitas di kantor dan pabrik. Kunjungi segala tulisan randomnya di www.agensherlockholmes.com

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week