Keberadaan 7 Transportasi Unik di Daerah Ini Tidak Boleh Kamu Lupakan Meskipun Transportasi Berbasis Online Kini Menjadi Tren

photo credit: industribisnis

Keberadaan 7 Transportasi Unik di Daerah Ini Tidak Boleh Kamu Lupakan Meskipun Transportasi Berbasis Online Kini Menjadi Tren

1.1K
Transportasi online sedang jadi tren saat ini. Namun, tahukah kamu banyak juga transportasi unik di Indonesia?

Kamu merasa sangat terbantu sejak adanya layanan transportasi berbasis online? Saya juga! Sekarang yang bepergian semakin mudah, efisien, dan hemat. Seiring perkembangan zaman, keberadaan transportasi berbasis online ini makin digemari masyarakat kota-kota besar di Indonesia. Bahkan transportasi umum seperti angkutan kota, bus, bahkan taksi pun perlahan mulai ditinggalkan masyarakat. Kenyamanan menjadi faktor utama bergesernya pilihan masyarakat dalam hal transportasi.

Baca juga: Inilah Harapan Seorang Pengemudi Taksi Blue Bird untuk Indonesia

Jika masyarakat di kota-kota besar sudah bisa menikmati layanan transportasi berbasis online, bagaimana dengan masyarakat di daerah? Mereka tentu belum mengenal transportasi yang biasa kamu pakai tersebut. Mereka biasa mengandalkan transportasi daerah untuk membantu kegiatan sehari-hari. Yuk, intip beberapa transportasi unik di Indonesia yang perlu kamu tahu.


Cidomo

photo credit: gilimenomojo

Cidomo adalah alat transportasi yang khas di pulau Lombok. Alat transportasi ini mirip dengan delman atau andong yang ada di pulau Jawa. Perbedaannya adalah penggunaan roda mobil bekas sebagai roda di cidomo. Cidomo masih mudah dijumpai di sekitar pasar-pasar tradisional di Lombok atau di daerah-daerah yang tidak terdapat angkutan umum. Penasaran bagaimana rasanya naik Cidomo? Sesekali cobalah menggunakan transportasi tersebut saat berlibur ke Lombok!


Pete-Pete

photo credit: thesulawesiproject

Mendegar kata pete pasti yang ada di benak kamu adalah makanan yang memiliki aroma yang sangat khas. Namun, bukanlah pete itu yang dimaksud di sini. Pete-Pete adalah alat transportasi khas Makasar. Mungkin kamu merasa asing dengan namanya dan tidak bisa membayangkan bagaimana bentuk transportasi ini. Pete-Pete merupakan angkutan kota yang biasa kamu temui. Kamu tidak akan mengalami kesulitan untuk menemukan Pete-Pete di Makasar karena jumlahnya yang cukup banyak. Bahkan, hampir semua jalan di Makasar dilalui oleh angkutan ini.


Klotok

photo credit: Kalimantanexplorer

Alat transportasi ini merupakan salah satu alat transportasi sungai yang ada di Indonesia. Masyarakat menyebutnya klotok karena perahu ini mengeluarkan bunyi “tok tok tok”. Bentuk klotok tidak jauh beda dengan kapal kecil. Klotok memiliki dua bagian kapal, yaitu di atas dan di bagian bawah. Tempat untuk penumpang adalah di bagian bawah. Akan tetapi, jika ingin menikmati pemandangan dari atas kapal, tak ada salahnya juga duduk di bagian atas kapal. Kamu bisa menjumpai klotok di Banjarmasin dan Jambi.


Cikar

Photo credit flickr

Alat trasportasi ini bisa dijumpai di daerah-daerah seperti di Pulau Sumatera, Pulau Jawa, dan Lombok. Karena bentuk dan alat penariknya adalah sapi, tak jarang jika Cikar disebut juga gerobak sapi. Cikar pada umumnya ditarik oleh dua ekor sapi. Meski di kota-kota sudah susah untuk menemukannya, jika kita berjalan-jalan di pedesaan kita mungkin dapat melihatnya.

Baca juga : 7 Tempat Paling Instagrammable di Sumatra Barat yang Traveler Perlu Tahu


Kuda Bendi

photo credit: traveldetik

Kuda bendi adalah salah satu alat transportasi yang khas dari Sumatera Barat. Dulu, kuda bendi juga dipakai oleh orang-orang Belanda. Bentuknya juga mirip dengan delman atau andong. Seiring semakin berkembangnya transportasi membuat kuda bendi jarang ditemukan lagi. Tapi, kamu masih bisa sesekali melihatnya di pasar saat sedang banyak pengunjung. Kuda bendi sempat dijadikan sebagai transportasi angkutan wisata di kota Solok, Sumatera Barat. Hanya saja, sekarang keberadaan kuda bendi sebagai angkutan wisata sudah tidak dapat kamu rasakan lagi.


Jukung

photo credit: shutterstock

Jukung adalah sebutan perahu tradisional khas suku Banjar di Kalimantan Selatan. Biasanya jukung digunakan untuk alat transportasi penghubung dari satu daerah ke daerah yang lain. Jukung dimanfaatkan sebagai transportasi perdagangan daerah atau untuk menangkap ikan di sungai. Kini, semakin banyak orang-orang beralih ke kendaraan yang menggunakan mesin. Padahal jukung terhitung ramah lingkungan sebab tidak menggunakan bahan bakar minyak. Tapi, tenang saja, kamu masih bisa menemukan jukung di Pasar Terapung Muara Kuin.


Pedati

photo credit: Kidnesia

Bentuk pedati mirip dengan kuda bendi. Bedanya, pedati dapat ditarik oleh hewan lain, seperti sapi, kambing, atau kerbau. Salah satu daerah yang memiliki transpotasi khas ini adalah Minang. Pedati ini pun masih mudah dijumpai di desa-desa untuk alat transportasi orang maupun barang. Pedati merupakan alat transportasi yang lambat karena ditarik oleh tenaga binatang. Akan tetapi, akan lebih mengasyikkan kalau kamu menaikinya sambil berjalan-jalan menikmati pemandangan sehingga lebih leluasa untuk foto-foto!


Jika kamu sedang berlibur dan menemukan beberapa alat transportasi tradisional, tak ada salahnya kamu mencoba menaikinya. Jadi, kamu bisa sejenak meninggalkan kenyamanan menggunakan transportasi berbasis online yang biasa kamu pakai. Memang, dengan semakin berkembangnya teknologi membuat transportasi tradisional tadi perlahan akan mulai tersingkir. Namun, selama keberadaan transportasi tadi masih bisa dipertahankan, tak ada salahnya bukan untuk tetap melesatarikannya?

Baca juga: Ini 9 Upacara Adat yang Harus Kamu Tahu Jika Ingin Lebih Mengenal Budaya Indonesia





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Keberadaan 7 Transportasi Unik di Daerah Ini Tidak Boleh Kamu Lupakan Meskipun Transportasi Berbasis Online Kini Menjadi Tren". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rika Novita | @rikahnh

A girl who loves to listen to music, love the word, and has a priority.

Silahkan login untuk memberi komentar

Juju Tri | @jujutri

transportasi memang akan sangat membantu dan pastinya akan sangat menyenangkan jika kendaraan tersebut sesuai dengan kebutuhan dan keinginan yang diharapkan Cerita Dewasa Terupdate informasi usaha Budidaya Berita Terhangat Gosip Terupdate novel Paling Update