Kecanduan Gadget? Tiada Hari Tanpa Gadget? Ini 7 Langkah Jitu Mengurangi Ketergantunganmu dengan Gadget

photo credit: washingtonpost

Kecanduan Gadget? Tiada Hari Tanpa Gadget? Ini 7 Langkah Jitu Mengurangi Ketergantunganmu dengan Gadget

3.9K
Kecanduan Gadget? Apakah kamu mengalaminya?

Kecanduan gadget mungkin terjadi pada banyak orang. Pernahkah kamu merasa ada sesuatu yang kurang jika tidak membawa gadget milikmu? Kebanyakan dari generasi kita saat ini seolah-olah tidak bisa lepas dari benda bernama smartphone walau satu menit pun. Di rumah, di jalan, di sekolah, dimanapun kini smartphone lebih sering kamu pegang daripada barang lainnya, seperti buku.

Memang ada banyak manfaat positif yang bisa kamu dapatkan dari smartphone, namun perlu kamu ketahui, segala sesuatu yang berlebihan dapat menyebabkan dampak negatif juga. Ketergantungan pada smartphone misalnya, saat kamu terus menerus menggunakan ponselmu, hal itu dapat menyebabkan gangguan pada mata dan bahaya radiasi lainnya. Jika tidak ingin ketergantungan ini merusak kualitas hidupmu, yuk simak tujuh tips yang dapat membantu mengurangi ketergantungan pada gadget.


1. Matikan notifikasi media sosial di ponselmu

photo credit: washingtonpost

Suara notifikasi dari social media atau messenger jelas dapat mempengaruhi fokusmu saat mengerjakan sesuatu karena kamu akan cenderung penasaran. Pekerjaan yang harusnya dapat kamu selesaikan dalam waktu satu jam bisa molor menjadi dua sampai tiga jam hanya karena kamu tidak sabaran melihat isi dari notifikasi tersebut. Bila memang tidak mendesak dan tidak terlalu penting, sebaiknya matikanlah notifikasinya sehingga kamu tidak kecanduan untuk selalu mengintip ponsel berkali-kali dalam sehari. Selain bisa lebih fokus pada pekerjaanmu, mematikan seluruh notifikasi pada smartphone akan menghemat baterai ponsel.


2. Sibukkan diri dengan aktivitas yang tidak berkaitan dengan gadget

photo credit: tango.

Kecanduan gadget biasanya diawali dengan rasa bosan karena tidak memiliki aktivitas lain. Memainkan ponsel akhirnya menjadi alternatif solusi untuk menghilangkan kejenuhamu. Namun kebiasaan tersebut secara tidak langsung juga ikut menghilangkan produktivitasmu. Untuk meredakan rasa jenuh, kamu bisa memilih aktivitas lain yang tidak mengharuskanmu melihat layar ponsel atau gadget lainnya. Misalnya, kamu bisa membaca koran atau buku untuk menikmati waktu kosong. Atau jika tidak terlalu suka membaca, kamu bisa melakukan hobi yang lain seperti berolahraga, jalan-jalan atau bahkan bersih-bersih. Kegiatan-kegiatan tersebut akan menyibukkanmu agar tidak menghabiskan waktu memandang -layar ponsel terus-menerus.


3. Nongkrong dengan teman-teman

photo credit: twimg

Tanpa kita sadari, smartphone membuat kita menarik diri dari dunia nyata. Bahkan ada pepatah’ yang mengatakan bahwa smartphone mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. Apakah Sahabat Trivia merasakan bahwa pepatah ini benar adanya? Agar kamu tidak lagi terkekang oleh ponsel, buatlah jadwal berkala untuk bertemu teman-teman. Pergilah untuk menonton film atau sekedar nongkrong dan menghabiskan waktu membicarakan hal-hal tidak penting. Akan tetapi perlu kamu ingat, jangan sekali-sekali membuka ponsel saat bersama mereka. Hidup di dunia nyata jauh lebih menyenangkan. Pesahabatanmu jauh lebih nyata dibandingkan sekedar like atau comment di media sosial.


4. Buang aplikasi yang adiktif

photo credit: ichef-1

Kamu sebaiknya uninstall beberapa aplikasi yang kamu rasa membuatmu tidak bisa sedetikpun melepaskan ponsel. Seperti game facebook, media social yang telalu adiktif, dan aplikasi lainnya yang membuatmu harus selalu memegang ponsel kapanpun dan di manapun. Kamu tidak perlu menghabiskan setiap waktu untuk mengintip aplikasi tersebut. Kamu harus bisa memilah mana aplikasi yang pantas dan tidak untuk kamu gunakan. Ada banyak hal yang lebih menyenangkan untuk dilakukan, dan lebih menarik daripada sekedar berkutat bersama alat-alat elektronik tersebut.


5. Etika menggunakan smartphone

photo credit: antiketombe

Saking ketergantungan, kamu bahkan menggunakan ponsel saat berkendara, atau sedang rapat di kantor. Pada kegiatan yang memang membutuhkan konsentrasi dan perhatian, kamu harus bisa menahan diri untuk tidak menggunakan ponsel. Tentu hal ini untuk keamananmu sendiri. Kamu akan dicap tidak profesional jika ketahuan mempost status saat sedang rapat. Sementara menggunakan smartphone saat sedang menyetir akan membuatmu kehilangan fokus terhadap situasi jalan. Bisa-bisa kamu merugikan pengendara lainnya!


6. Puasa gadget

photo credit:budiawandwisantoso

Tidak hanya puasa makan, sesekali kamu perlu untuk melakukan puasa gadget. Hal ini akan membuatmu melatih kebiasaan untuk tidak bergantung pada ponsel. Kamu bisa mulai dengan perlahan-lahan, misalnya ketika makan bersama keluarga usahakan untuk fokus pada makananmu, tinggalkan sekejap ponsel atau letakkan didalam kamar agar tidak mengganggu. Ketika berolahraga, jangan malah menghabiskan waktu untuk selfie atau update media sosial. Usahakan untuk benar-benar berolahraga, lebih baik lagi jika kamu tidak membawa ponselmu saat berolahraga. Seorang pakar psikologi di California State University, Dr. Larry Rosen, memberikan tips untuk mengurangi pemakaian ponsel. Caranya, mulailah puasa ponsel selama 1 menit, kemudian coba selama 5 menit. Lalu perpanjang waktu puasa ini menjadi 2 jam atau lebih. Maka perlahan-lahan kamu akan bisa mengatasi rasa kecanduan dengan gadget.


7. Redakan stres dengan aktivitas lain, bukan main game

photo credit: statik

Bermain game memang sangat menyenangkan untuk meredakan kepenatan atau stres karena pekerjaan yang menumpuk. Namun sayangnya, menjadikan game sebagai penghilang stres bisa jadi malah membuatmu semakin kecanduan dengan gadget. Selain game, ada banyak aktivitas lain yang bisa kamu lakukan. Misalnya menata ulang kamarmu. Usahakan untuk menjauhkan ponsel ketika kamu sedang stres, karena secara tidak langsung ponsel malah bisa membuatmu semakin stres. Apalagi jika kamu tergoda untuk mengupdate status dan membuat banyak orang memperhatikan masalahmu.


Semakin dewasa, kamu harus bisa lebih bijak dalam memanfaatkan gadget. Jangan sampai alat-alat elektronik membuatmu melupakan kehidupan di dunia yang nyata yang jauh lebih indah. Semoga tips diatas bisa membantumu mengurangi kecanduan terhadap gadget.

Baca Juga: Pernah Merasa Iri dengan Kehidupan Selebgram yang Tampak Sempurna? Ketahui Dulu 7 Rahasia di Baliknya





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kecanduan Gadget? Tiada Hari Tanpa Gadget? Ini 7 Langkah Jitu Mengurangi Ketergantunganmu dengan Gadget". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Andina Titra | @andinatitra

Full time skripsier | part time content writer

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week