Kekonsistenan dan Kesabaran J.K. Rowling dalam Menulis Akan Menginspirasimu untuk Mengikuti Jejaknya. Buat Sahabat Trivia yang Ingin Jadi Penulis, Perlu Belajar darinya Juga!

Azevedo's Reviews

Kekonsistenan dan Kesabaran J.K. Rowling dalam Menulis Akan Menginspirasimu untuk Mengikuti Jejaknya. Buat Sahabat Trivia yang Ingin Jadi Penulis, Perlu Belajar darinya Juga!

318
Sahabat Trivia, semua pasti sudah kenal banget sama J.K. Rowling, pengarang serial fantasi Harry Potter yang hingga kini - baik buku maupun filmnya - masih banyak dibicarakan orang. Kesuksesan pengarang dari Inggris ini mengingatkan saya kembali akan cita-cita yang dulu sempat saya lupakan, yaitu menjadi penulis novel.

Sahabat Trivia, semua pasti sudah kenal banget sama J.K. Rowling, pengarang serial fantasi Harry Potter yang hingga kini - baik buku maupun filmnya - masih banyak dibicarakan orang. Kesuksesan pengarang dari Inggris ini mengingatkan saya kembali akan cita-cita yang dulu sempat saya lupakan, yaitu menjadi penulis novel. Menulis memang bukan hal yang begitu rumit. Menulis hanya butuh kekonsistenan dan kesabaran. Namun, adakah di antara kamu yang tak jarang mudah menyerah dalam menulis? J.K. Rowling mengajarkan saya untuk tak pernah menyerah dalam menulis. Buat Sahabat Trivia yang juga ingin menjadi penulis, ada baiknya belajar dari J.K. Rowling juga. Simak ya!


Berawal dari kesukaan saya dalam membaca dan menulis

Ya, dari dulu saya memang paling hobi menulis setelah membaca. Bahkan, waktu SD saya lebih memilih duduk sendirian di kelas saat jam istirahat siang. Kalau nggak membaca buku yang saya pinjam dari perpustakaan sekolah, saya akan menulis cerpen atau puisi di buku tulis saya yang memang khusus itu. Kadang-kadang buku tulis itu juga bercampur dengan curhat di diary saya.


Awal mula saya menyukai J.K. Rowling

Business Insider

Mengapa saya sangat suka J.K. Rowling? Bagaimana perempuan yang pernah bekerja sebagai guru dan sekretaris ini akhirnya bisa sukses menulis novel serial fantasi Harry Potter? Sahabat Trivia tahu nggak, kalau Rowling juga menulis serial detektif Cormoran Strike namun dengan nama pena lain, yaitu Robert Galbraith? Keren ya! J.K. Rowling memang penulis yang jenius. Namun, bukan hanya kejeniusannya saja yang membuat saya menyukainya. Kisah perjuangan panjangnya dalam dunia kepenulisan sangat menginspirasi saya.


Keberanian J.K. Rowling memutuskan untuk menulis

Membaca perjuangan perempuan yang sempat jatuh miskin sampai harus menulis di atas lembaran tisu tebal membuat saya terkagum-kagum. Memang sih, dia masih berusaha realistis dengan mencoba pekerjaan lain dulu. Terutama saat naskah novel perdana miliknya berulangkali ditolak penerbit. Yang penting, dia dan anaknya harus makan agar tidak menderita kelaparan.

Apa daya, hati nurani nggak bisa berbohong. Dalam salah satu wawancaranya, J.K. Rowling pernah berujar bahwa di semua pekerjaan lainnya, beliau merasa bosan setengah mati. Bukannya menulis laporan, yang ada di malah mulai merangkai plot dan menciptakan karakter-karakter khayalan. Bahkan, ide cerita Harry Potter berawal dari perjalanannya naik kereta untuk urusan kantor. Sejak saat itulah dia memilih mengambil keputusan besar untuk konsisten menulis.


Kekonsistenan dan kesabaran J.K. Rowling yang patut ditiru

Azevedo's Reviews

Memang, jalan menuju sukses nggak pernah mulus. Banyak calon pengarang lain yang mungkin sudah lama menyerah bila menghadapi rentetan cobaan yang sama. Satu hal yang paling dikagumi dari J.K. Rowling adalah konsistensinya dalam mencapai cita-cita, meski sempat harus merana cukup lama. Berkat kerja keras dan kesabarannya, J.K. Rowling tetap rendah hati dan nggak lupa diri. Ini terlihat dari kegemarannya beramal, meski kisah Harry Potter dan kawan-kawan telah membuatnya kaya raya.

BACA JUGA


J.K. Rowling Terbitkan Dua Buku Baru 'Harry Potter'!  Novel Ini dan Deretan Buku Harry Potter Terdahulunya Pasti Bisa Obati Kerinduan Kamu Pada Dunia Sihir Beserta Keajaibanya

J.K. Rowling Terbitkan Dua Buku Baru 'Harry Potter'! Novel Ini dan Deretan Buku Harry Potter Terdahulunya Pasti Bisa Obati Kerinduan Kamu Pada Dunia Sihir Beserta Keajaibanya

Dua buku baru Harry Potter ini akan dirilis di Inggris bersamaan dengan dibukanya pameran Harry Potter di British Library pada 20 Oktober ...

Read more..

Semoga suatu saat saya bisa seperti J.K. Rowling. Bagaimana denganmu, Sahabat Trivia? Apa hobimu dan siapa yang menginspirasimu untuk terus maju menggapai cita-citamu?


#30DayWritingChallenge #UltahnyaTrivia




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kekonsistenan dan Kesabaran J.K. Rowling dalam Menulis Akan Menginspirasimu untuk Mengikuti Jejaknya. Buat Sahabat Trivia yang Ingin Jadi Penulis, Perlu Belajar darinya Juga!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ruby Astari | @rubyastari

Penulis "Reva's Tale" terbitan Ice Cube Publisher, pengajar Bahasa Inggris, penerjemah lepas, dan penulis lepas di beberapa media lain. Blog pribadinya: ruangbenakruby.com

Silahkan login untuk memberi komentar