Kenali 7 Tanda Kelebihan Asupan Kafein. Jangan Sampai Mengganggu Kesehatan Ya, Sahabat Trivia!

photo credit: kanayasakyla

Kenali 7 Tanda Kelebihan Asupan Kafein. Jangan Sampai Mengganggu Kesehatan Ya, Sahabat Trivia!

425
Mungkin beberapa dari Sahabat Trivia ada yang merasa jantung berdebar-debar setelah minum segelas kopi, atau bahkan ada yang migrain meski hanya meminum seteguk minuman berkafein tersebut.

Suka atau tidak, kadang karena didesak oleh begitu banyaknya tugas yang harus diselesaikan maka Sahabat Trivia tidak punya pilihan lain selain minum kopi. Tentu tujuannya untuk mencegah rasa kantuk sehingga Sahabat Trivia bisa lebih lama mengerjakan tugas-tugas tersebut. Namun setiap orang memiliki kadar asupan kafein yang berbeda-beda. Mungkin beberapa dari Sahabat Trivia ada yang merasa jantung berdebar-debar setelah minum segelas kopi, atau bahkan ada yang migrain meski hanya meminum seteguk minuman berkafein tersebut. Hal ini bisa saja disebabkan karena Sahabat Trivia mulai overdosis kafein, loh. Sebenarnya apa saja ya tanda-tanda kalau tubuh kita sudah kelebihan asupan kafein? Simak 5 poin berikut yuk, Sahabat Trivia!


1. Gemetar di tangan atau bahkan di seluruh tubuh

photo credit: deherba

Kemampuan kafein untuk merangsang pikiran agar lebih fokus juga berefek pada sistem saraf pusat. Kafein akan mengirimkan sinyal untuk bekerja lebih keras sehingga dari sistem saraf pusat, otot-otot akan lebih gigih berkontraksi bahkan sampai bergerak diluar kendali Sahabat Trivia. Gemetaran ini bisa berlangsung dalam waktu singkat, bisa juga dalam waktu berjam-jam. Tergantung kemampuan pencernaan Sahabat Trivia dalam mencerna kafein tersebut.


2. Jantung berdebar-debar

photo credit: kanayasakyla

Sama halnya ketika bertemu gebetan, Sahabat Trivia juga bisa merasakan jantung yang berpacu lebih cepat dari biasanya ketika kelebihan dosis kafein. Hal ini disebabkan oleh kafein yang memiliki stimulan untuk memicu kelenjar adrenal dalam memproduksi hormon adrenalin sehingga denyut jantung pun menjadi lebih cepat.


3. Sering merasa sakit kepala atau migrain setelah meminum kopi

photo credit: sinopsisdramamu

Sinyal lain yang dapat Sahabat Trivia rasakan ketika tubuh sudah kelebihan asupan kafein adalah seringkali migrain setelah meminum minuman yang mengandung kafein. Hal tersebut dapat disebabkan oleh kafein yang Sahabat Trivia minum memperlambat aliran darah dan juga menyempitkan pembuluh darah diotak sehingga Sahabat Trivia jadi merasa pusing atau bahkan sampai sakit kepala. Bukannya menunjang aktivitas, kafein yang berlebihan justru dapat merusak harimu loh, Sahabat Trivia!


4. Gelisah tak menentu dan mudah khawatir

photo credit: Drama Korea Healer

Poin ini ada hubungannya dengan jantung yang berdebar-debar. Ketika kafein melancarkan produksi hormon adrenalin secara cepat, maka Sahabat Trivia akan mudah merasa gelisah dan khawatir. Respon tersebut diberikan tubuh karena tubuh terlalu banyak mendapatkan pasokan hormon adrenalin.


5. Sistem pencernaan jadi tidak terkontrol sehingga sering buang air kecil

photo credit: kapanlagi

Kafein yang berlebih juga dapat menyebabkan Sahabat Trivia bolak-balik toilet untuk buang air kecil. Sebab, kafein memiliki kemampuan untuk meningkatkan jumlah pengeluaran urine yang menyebabkan Sahabat Trivia banyak kehilangan cairan tubuh, sehingga jadi mudah merasa haus. Ketika siklus tersebut berlanjut maka sistem pencernaan jadi tidak terkontrol dan menyebabkan Sahabat Trivia jadi sering buang air kecil.


6. Mudah diserang sakit perut

photo credit: kheartbeat

Bagi sebagian orang, kopi yang mengandung kafein dapat memicu sakit perut atau bahkan mulas. Hal ini dipicu oleh besarnya sifat asam dan juga adanya kandungan chlorogenic acid yang ikut meningkatkan keasaman pada lambung sehingga dapat menyebabkan sakit perut.


7. Kesulitan tidur di waktu istirahat dan malah mengantuk saat waktu kerja

photo credit: f2fcdn

Kafein juga dapat merusak siklus tidur Sahabat Trivia loh. Meski memang tujuan mengkonsumsi kafein biasanya adalah mencegah rasa kantuk datang, namun seringkali kafein malah 'bekerja berlebihan' dan pada akhirnya merusak siklus tidur yang baik. Hal ini dapat disebabkan oleh kafein yang pada dasarnya membutuhkan waktu sekitar 45 menit sampai 1 jam untuk dapat diserap oleh tubuh. Sehingga Sahabat Trivia jadi kesulitan tidur meski sudah waktunya istirahat.

BACA JUGA


Kedai Kopi Take Away Enak di Jakarta. Bisa Dipesan Lewat Ojek Online Juga Lho Sahabat Trivia

Kedai Kopi Take Away Enak di Jakarta. Bisa Dipesan Lewat Ojek Online Juga Lho Sahabat Trivia

Dengan jasa ojek online, kamu pun bisa menikmati kopi tanpa harus keluar rumah dan berjibaku dengan riuhnya jalanan. Atau kamu yang tidak ...

Read more..

Ayo jaga kesehatan Sahabat Trivia, jangan sampai minuman favorit ini menjadi penyebab dari gangguan kesehatan Sahabat Trivia ya!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kenali 7 Tanda Kelebihan Asupan Kafein. Jangan Sampai Mengganggu Kesehatan Ya, Sahabat Trivia!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Kartini K | @kartini

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week