Kenali 9 Siklus Haid dan Pengaruhnya Bagi Tubuh Perempuan. Bisa Jadi Referensi Aktivitas Selama Haid Juga Loh!

photo credit: YouTube Glamour

Kenali 9 Siklus Haid dan Pengaruhnya Bagi Tubuh Perempuan. Bisa Jadi Referensi Aktivitas Selama Haid Juga Loh!

312
Meski datang tiap bulan, masih banyak perempuan yang kurang mengenal siklus haidnya sendiri. Yuk, kita pelajari untuk diri kita sendiri maupun perempuan terkasih.

Sahabat Trivia, khususnya yang perempuan, pasti sudah akrab dengan rasa nyeri atau tidak nyaman yang dialami selama siklus 28 hari ini. Buat yang laki-laki, pasti sering dengar keluhan atau malah kena semprotan perempuan yang mengaku sedang PMS, kan? Nah, Sahabat Trivia, meski sudah jadi tamu bulanan, nyatanya banyak perempuan yang masih mengeluhkan rasa tidak nyaman secara fisik dan perasaan juga saat sedang haid. Tak hanya perempuan yang sedang mengalami haid saja yang jadi tidak nyaman, lingkungan sekitarnya juga.

Sebenarnya, bagaimana siklus haid itu sendiri dan aktivitas apa yang cocok dilakukan selama fase-fase tersebut? Yuk, kita bahas satu persatu!


1. Hari ke 1-2

photo credit: YouTube Glamour

Di awal haid, pasti banyak orang yang mengeluhkan rasa tidak nyaman. Hal ini dikarenakan level estrogen dalam tubuh menurun. Alhasil, tubuh merasa mudah kelelahan. Tak hanya itu, kontraksi pada rahim saat dinding-dindingnya meluruh menyebabkan banyak perempuan mengeluhkan sakit perut bahkan hingga kram. Saat-saat seperti ini, tepat sekali untuk melakukan latihan fisik ringan seperti peregangan. Hal ini untuk menjaga tubuh tetap fit dan menghindarkan kram.


2. Hari ke 3-5

photo credit: YouTube Glamour

Menuju akhir masa haid, level hormon estrogen dalam tubuh meningkat. Karena itu, fase kelelahan pun mulai berakhir dan energi dalam tubuh meningkat. Di fase ini, para perempuan umumnya merasa ‘senang’ dan bertenaga. Ini adalah saat yang tepat untuk melakukan hal-hal yang membutuhkan tenaga besar. Misalnya olahraga bela diri.


3. Hari ke 6-9

photo credit: YouTube Glamour

Karena level estrogen yang sudah naik ini, ada beberapa hal yang terjadi pada tubuh. Misalnya, para perempuan merasa wajahnya lebih simetris. Selain itu, kulit terlihat lebih bercahaya. Selain itu, level hormon testosteron perempuan dalam tubuh juga meningkat. Hal ini menyebabkan naiknya kepercayaan diri. Biasanya perempuan merasa lebih yakin dalam membuat keputusan dan juga cekatan. Di saat-saat seperti ini, sangat baik untukmu atau untuk teman perempuanmu berdiskusi dan menentukan keputusan-keputusan penting. Tak hanya itu, para perempuan dalam fase ini biasanya lebih inisiatif.


4. Hari ke 10-13

photo credit: YouTube Glamour

Estrogen yang memuncak membuat seorang perempuan merasa lebih atraktif dan lebih seksi dari biasanya lho, Sahabat Trivia. Memang, di fase ini, karena pengaruh estrogen, kesuburan perempuan juga mencapai puncaknya. Aktivitas seksual pada fase ini juga akan jauh lebih baik dibanding fase lain. Dalam fase ini, kepercayaan diri juga akan meningkat sehingga rasa optimis seorang perempuan ikut meningkat. Keinginan untuk beraktivitas sosial juga naik seiring dengan masuknya perempuan ke fase ini. Karena itu, aktivitas luar ruang dan bertemu orang banyak sangat disarankan untuk perempuan dalam fase ini.


5. Hari ke-14

photo credit: YouTube Glamour

Berbanding terbalik dengan hari kemarin, di hari ke-14 ini, seluruh mood akan turun. Hal ini disebabkan karena tubuh mengalami ovulasi. Ovulasi adalah saat di mana ovarium melepaskan sel telur yang, jika tidak dibuahi, akan luruh bersama dinding rahim yang menebal.


6. Hari ke 15-18

photo credit: YouTube Glamour

Tiba-tiba, dunia seakan menjadi runtuh. Hal ini disebabkan karena level hormon yang mendadak berubah. Fase ini sering disebut juga PMS, atau Pre-Menstruation Syndrome. Level hormon yang mendadak berubah ini membuat emosi perempuan lebih sensitif dan terasa berlebihan. Selain itu, para perempuan akan merasa lebih cepat lelah.


7. Hari ke 19-22

photo credit: YouTube Glamour

Level estrogen yang turun dan naiknya testosteron dan progesteron menyebabkan tahap baru dari rasa tidak nyaman yang dirasakan perempuan. Yang paling jadi keluhan adalah meningkatnya minyak dari wajah hingga menyebabkan jerawat. Belum lagi kulit yang jadi lebih sensitif. Nah, di saat-saat seperti ini, yang paling baik dilakukan adalah perbanyak makan makanan sehat.


8. Hari ke 23-25

photo credit: YouTube Glamour

Level progesteron yang tinggi pada tubuh bisa jadi membuat perut merasa kembung. Tak hanya itu, dalam fase ini perempuan kerap merasa tidak ingin beraktivitas apapun. Tak jarang perempuan dalam fase ini lebh sering memilih untuk bermalas-malasan saja. Yang dibutuhkan para perempuan dalam fase ini adalah meningkatkan level serotonin. Serotonin dapat ditingkatkan dengan melakukan latihan-latihan fisik.


9. Hari ke 26-28

photo credit: YouTube Glamour

Melakukan olahraga akan sangat membantu menghadapi PMS. Selain itu, banyak pula keluhan sakit pada dada selama fase ini. Untuk itu, para perempuan harus diingatkan untuk tidak mengonsumsi kafein terlebih dahulu. Tak hanya itu, asupan gula selama fase ini juga harus banyak dikurangi. Minum air putih juga jadi keharusan untuk mempersiapkan diri untuk hiklus haid baru selanjutnya.

BACA JUGA


Nyeri Kram Saat Haid? Para Perempuan, Lakukan 7 Kebiasaan Baik Ini Agar Tetap Nyaman Saat Datang Bulan

Nyeri Kram Saat Haid? Para Perempuan, Lakukan 7 Kebiasaan Baik Ini Agar Tetap Nyaman Saat Datang Bulan

Nyeri di bagian bawah perut, saat menjelang dan saat haid memang akan sangat mengganggu kondisi psikis seorang perempuan. Jangan heran, ...

Read more..

Nah, Sahabat Trivia, dengan mengenal lebih baik siklus haid, kita bisa lebih baik mengenal tubuh kita pula. Kita juga jadi lebih tahu apa sih yang diperlukan perempuan pada fase tertentu sehingga tidak akan merasa tidak nyaman karena ketidaktahuan kita. Semoga bermanfaat ya, Sahabat Trivia!





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kenali 9 Siklus Haid dan Pengaruhnya Bagi Tubuh Perempuan. Bisa Jadi Referensi Aktivitas Selama Haid Juga Loh!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Natasha Adelina | @natashey

Silahkan login untuk memberi komentar