Kenalkan, Musa Izzanardi Wijanarko, Anak 14 Tahun yang Lulus SBMPTN di ITB Ini Adalah Seorang Autis yang Jenius

Photo credit: Isi Saku

Kenalkan, Musa Izzanardi Wijanarko, Anak 14 Tahun yang Lulus SBMPTN di ITB Ini Adalah Seorang Autis yang Jenius

24.4K
Lebih kenal Musa Izzanardi Wijanarko ini lebih jauh yuk, Sahabat Trivia. Temukan semangat dari dirinya yang bisa menginspirasi kamu!

Indonesia nampaknya harus kembali bangga karena memiliki sosok Izzan atau Musa Izzanardi Wijanarko yang berhasil lolos dalam SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan diterima di ITB (Institut Teknologi Bandung). Pengumuman lolosnya Izzan pertama kali didengar oleh sang ibu melalui sambungan telepon pada Selasa, 13 Juni 2017 lalu. Hal ini tentu saja membuat bangga sang ibu, Yanti dan juga Izzan sebagai anak yang melewati ujian tersebut. Usia Izzan kini baru saja memasuki 14 tahun lebih 6 bulan. Dengan kecerdasan yang ia miliki, di usianya tersebut ia mampu bersaing dengan para calon mahasiswa lainya yang mengikuti ujian tersebut.

Sejak kecil, ternyata Izzan memang dikenal sebagai anak yang cerdas dibandingkan anak-anak seusianya. Maka tidak heran jika diusianya yang masih sangat muda, bahkan seharusnya ia masih duduk di bangku SMP namun kini sudah diterima di salah satu perguruan tinggi yang sangat terkenal di Bandung. Lebih kenal Musa Izzanardi Wijanarko ini lebih jauh yuk, Sahabat Trivia. Temukan semangat dari dirinya yang bisa menginspirasi kamu!


Musa Izzanardi Wijanarko kecil dikenal sebagai anak yang sangat aktif

Photo credit: Vemale

Sejak kecil, Izzan memang dikenal sebagai anak yang sangat aktif dan tak mau diam. Hal ini diakui oleh ibunya, kalau Izzan memang didiagnosa mengalami Autism Spectrum Disorder (ASD) atau gangguan perkembangan saraf yang mempengaruhi kemampuan IQ. Namun, Izzan kecil memang sangat menyenangkan dan membuat orang tuanya tidak pernah merasa sepi karena kehadirannya.


Sejak kecil sudah tertarik pada dunia sains

Photo credit: bintang

Karena keaktifannya dan memang tidak bisa diam ini juga sering kali merusak mainan bahkan barang-barang yang ada di rumah. Namun, hal ini tentu aja dimaklumi oleh sang ibu. Tapi, sejak kecil, Izzan juga dikenal sebagai anak yang cerdas dan memiliki ketertarikan pada sains sejak ia kecil. Izzan sempat melakukan terapi dalam kurun waktu tertentu, namun ia merasa tertekan hingga akhirnya menghentikan terapi tersebut. Tidak hanya berhenti melakukan terapi, Izzan juga berhenti dari sekolah dan belajar di rumah.

Selama belajar di rumah, Izzan pernah sekali waktu bertanya kepada ibunya, siapakah Sir Isaac Newton? Mengapa Newton bisa menghitung pergerakan planet? dan lain sebagainya. Sang ibu hanya menjawab kalau Isaac Newton menghitung dengan menggunakan rumus matematika.

Sejak itulah Yanti, sang ibu merasa anaknya mulai tertarik dengan hitung berhitung dan sains.


Izzan ingin menjadi ilmuwan fisika dan ahli nuklir

Photo credit: Tabloid Bintang

Keinginannya untuk menjadi ilmuwan fisika dan ahli nuklir ini memang pernah diungkapkan oleh ibunya. Izzan kecil sering sekali minta diajari matematika dan sains oleh sang ibu. Sejak ketertarikannya mengenal Sir Isaac Newton ia mulai terdorong untuk mengenal dan mengetahui serta belajar matematika dan sains. Kini, sudah nyaris 14 tahun Yanti mengajarkan anaknya matematika dan sains yang ternyata mengantarkan Izzan menjadi anak yang jenius dan berhasil lolos ujian SBMPTN di usianya yang masih sangat muda.


Tidak ada program khusus yang dilakukan sang ibu, hanya menuruti apa yang menjadi ketertarikan dari Izzan

Photo credit: news detik

Tidak ada program khusus yang dengan sengaja dilakukan oleh sang ibu. Yanti mengaku hanya melakukan atau menuruti apa yang menjadi ketertarikan dari sang anak. Mulai dari mengikuti organisasi pramuka, olahraga kungfu, dan taekwondo. Dukungan penuh dari sang ibu memang salah satu kunci keberhasilan dari kesuksesan sanga anak ya, Sahabat Trivia!


Meski belum memulai proses perkuliahan, Izzan ingin dirinya cepat lulus dengan nilai yang bisa melampaui sang kakak yang sudah lulus terlebih dahulu

Photo credit: Isi Saku

Semangat dan kegigihan Izzan memang patut diacungi jempol. Bahkan saat dirinya kini belum memulai proses perkuliahan, Izzan sudah berniat untuk segera lulus dan memiliki nilai yang lebih tinggi dari sang kakak yang usianya terlapau 5 tahun dan sudah terdaftar sebaga mahasiswa sejak 2 tahun lalu. Izzan sangat ingin lulus dengan cepat dengan indeks prestasi 3,9.

BACA JUGA


Kisah Carson Huey, Si Jenius Asal Texas yang Berhasil Jadi Ilmuwan Fisika di Usia 14 Tahun

Kisah Carson Huey, Si Jenius Asal Texas yang Berhasil Jadi Ilmuwan Fisika di Usia 14 Tahun

Carson Huey menjadi seorang ilmuwan fisika termuda yang pernah lulus dari Texas Christian University, Amerika Serikat

Read more..

Sosoknya yang sangat aktif dan cenderung tidak bisa diam, hingga saat masih kecil dulu ia sering kali merusak barang-barang di rumah ternyata kini sikapnya yang aktif ini membawanya pada kesuksesan melalui ujian SBMPTN 2017. Selamat untuk diterimanya Izzan di Fakultas MIPA ITB.




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kenalkan, Musa Izzanardi Wijanarko, Anak 14 Tahun yang Lulus SBMPTN di ITB Ini Adalah Seorang Autis yang Jenius". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rezita Rani | @rezitarani

Silahkan login untuk memberi komentar