Kenangan Masa Kecil yang Penuh Warna dan Kebahagiaan, Walau Penuh dengan Keterbatasan

photo credit: laskar pelangi

Kenangan Masa Kecil yang Penuh Warna dan Kebahagiaan, Walau Penuh dengan Keterbatasan

136
Ada yang bilang masa kecil adalah masa paling membahagiakan. Ketika anak-anak, begitu banyak hal sederhana yang bisa dilakukan.

Ada yang bilang masa kecil adalah masa paling membahagiakan. Ketika anak-anak, begitu banyak hal sederhana yang bisa dilakukan. Bahkan, saat saya berusia 13 tahun saja masih senang berlari–larian dan petak umpet, main sapintrong atau ular tangga, dan congklak. Kesenangan dan kebahagiaan masa kecil itu di antaranya adalah kita sebagai anak-anak bisa bermain–main apa saja tanpa ada perasaan sungkan dan malu. Inilah kisah masa kecil saya yang selalu indah untuk dikenang.


Permainan masa kecil

photo credit: laskar pelangi

Saya masih ingat kok beberapa permainan lokal yang biasa kami lakukan dengan ceria dan berlari–lari riang tanpa beban. Misalnya, sondagh, petak umpet, galah ulung, gatrik, hingga permainan loncat karet. Bahkan, saya sempat mencoba beberapa kali menerbangkan layang–layang bersama adik laki-laki. Selain itu, kamu juga menerbangkan merpati milik adik laki-laki saya yang dipelihara dengan telaten.


Bahagia dalam kesederhanaan

photo credit: laskar pelangi

Ketika saya masih kecil, Mamah dan Bapak saat itu masa awal merintis kehidupan berumah tangga sehingga belum memiliki rumah pribadi. Kami harus tinggal dengan mengontrak pondok mungil dua kamar tidur, satu dapur, dan kamar mandi beserta ruang tengah. Seingat saya rumah kontrakan itu kecil sekali dan memang layak saja bagi keluarga beranak dua. Meski begitu, kami tetap berbahagia.


Tak jarang hinaan pun muncul karena keterbatasan hidup keluarga

photo credit: laskar pelangi

Ada masa bahagia kemudian berganti muncul kesedihan. Keluarga kami yang hidup sengsara menyebabkan muncul banyak penghinaan dengan cara memanggil nama dengan memberi awalan ujaran kebencian. Panggilan penghinaan dan kebencian itu terekam melekat hingga akhir zaman. Bagi saya itu menjadi semacam kenangan menyedihkan di masa kecil.

BACA JUGA


Bahagia Itu Sederhana. Begini Caranya Bahagia dengan Cara yang Sederhana

Bahagia Itu Sederhana. Begini Caranya Bahagia dengan Cara yang Sederhana

Alex Korb, seorang peneliti neuroscience di UCLA menemukan apa yang benar-benar berhasil membuat kita lebih bahagia. Beberapa langkah untuk ...

Read more..

Itulah sedikit kenangan masa kecil saya. Meski tak selalu tentang kebahagiaan, kenangan tersebut tetaplah indah buat saya. Apa kenangan masa kecilmu, Sahabat Trivia?

#30DayWritingChallenge






Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kenangan Masa Kecil yang Penuh Warna dan Kebahagiaan, Walau Penuh dengan Keterbatasan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Intan Rosmadewi | @intanrosmadewi

dunia hanya persinggahan, tiada yang kekal keabadian ada disana . . . .

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week