Kereta ke Bandara Soekarno Hatta Akan Mulai Beroperasi. Ketahui Fakta-Faktanya di Sini, Yuk!

Kereta ke Bandara Soekarno Hatta Akan Mulai Beroperasi. Ketahui Fakta-Faktanya di Sini, Yuk!

1.6K
Ke Bandara nggak perlu bingung lagi, apalagi kalau sedang dikejar waktu. Sudah ada transportasi tambahan yang aman dan nyaman menuju ke sana nih. Ke bandara sekarang bisa naik kereta nih, Sahabat Trivia!

Bandara Soekarno Hatta nampaknya akan menjadi bandara ke-3 setelah Bandara Kualanamu di Medan dan Bandara Adi Sucipto di Yogyakarta yang akan ada jalur keretanya. Meski selama beberapa tahun lalu kabar ini hanya menjadi isapan jempol saja, kini nampaknya pemerintah fokus untuk mengembangkan dan akan segera mengoperasikan jalur kereta menuju Bandara Soekarno Hatta. PT. Railink yang merupakan anak perusahaan PT. Kereta Api Indonesia baru saja mengadakan demo tentang fasilitas publik baru yang sudah sejak lama dinantikan oleh masyarakat luas.

Sahabat Trivia pasti sudah paham betul kalau masalah yang sering kali dirasakan orang-orang saat perjalanan ke bandara adalah ketika berhadapan dengan kemacetan menuju bandara yang kadang sulit banget untuk diprediksi. Nah, ternyata dalam beberapa bulan ini bandara sedang sibuk-sibuknya mengobati penyakit mecet menuju ke bandara. Jadi, semakin penasaran ya akan seperti apa kereta yang akan beroperasi untuk bandara ini. Supaya tidak makin penasaran, kepoin faktanya di bawah ini, yuk!


Ada 2 kereta yang akan beroperasi untuk bandara

Photo credit: parliamentmagazine

Nantinya akan ada 2 jenis kereta yang beroperasi di Bandara Soetta, yaitu kereta api railink Bandara Soetta dan sky train Soetta. Nah, apa sih bedanya kedua kereta api ini? Pada dasarnya kedua kereta ini memiliki fungsi yang berbeda. Kalau kereta api railink Bandara Soetta adalah kereta menuju Bandara Soetta yang berangkat dari Stasiun Manggarai dan melewati jalur Commuterline (Stasiun Manggarai melewati Sudirman Baru, Stasiun Duri, Stasiun Batu Ceper, dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta) yang akan dibuat jalur barunya menuju Bandara Soetta. Sedangkan sky train Soetta adalah kereta yang akan mengantarkan kamu dari terminal satu ke terminal lainnya. Kereta ini hanya akan beroperasi di Bandara Soetta saja.


Fasilitas yang ada di dalam kedua kereta ini sangat nyaman

Photo credit: blogspot @HEYDEERAHMA

Nampaknya sudah banyak yang membayangkan akan semewah dan senyaman apa kereta bandara ini. Nah, jawabannya, kereta ini memang didesain secara nyaman disertai beberapa fasilitas pendukung di dalamnya. Mulai dari toilet, bagasi untuk menyimpan atau meletakan beberapa barang, jarak antara kursi yang cukup lebar sehingga membuat penumpang menjadi nyaman, koneksi wifi yang cukup baik, serta beberapa fasilitas lainnya yang tentu akan memudahkan kamu sebagai penumpang.


Kapasitas penumpang dan jumlah kereta

Photo credit: BeritaTrans

Rencananya setiap kereta akan memiliki 6 gerbong dan kapasitasnya cukup hingga 272 penumpang. Lalu, akan ada berapa nih kereta yang beroperasi untuk ke bandara? Nah, nantinya akan ada 10 kereta yang akan beroperasi dan siap mengantarkan kamu ke bandara.


Waktu yang ditempuh dari Manggarai ke Bandara Soetta

Photo credit: Senayanpost

Seperti layaknya saat kamu naik kereta dan naik kendaraan umum lainnya saat menuju ke satu tempat. Beberapa orang mungkin sepakat bahwa naik kereta lebih cepat ketimbang naik kendaraan umum lainnya. Begitu pula dengan waktu tempuh yang kamu lalui ke Bandara Soetta menggunakan kereta dan menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi lainnya. Tentu jarak dan waktu tempuh bisa sangat kamu pangkas. Biasanya mungkin kamu akan membutuhkan waktu 2-3 jam perjalanan dari pusat kota menuju bandara, kalau dengan kereta railink Bandara Soetta, kamu hanya membutuhkan waktu 1 jam saja loh! Lumayan memangkas waktu kamu banget kan? Jadi nggak takut ditinggal pesawat lagi deh!


Harga tiket kereta

Photo credit: Tribunnews

Harga tiket sendiri sebenarnya belum dirilis nih, Sahabat Trivia. Namun, banyak orang berharap harga tiket ini bisa murah, atau paling tidak di bawah Rp 150.000,-. Namun, banyak orang yang beranggapan, harga mahal sepertinya tidak menjadi masalah kalau fasilitas yang disediakan oleh kereta sekeren yang disebutkan sebelumnya. Nah, semoga pada awal tahun depan, kereta menuju Bandara Soetta ini bisa secara lancar mulai beroperasi ya, Sahabat Trivia!

BACA JUGA


Saat Kereta Anjlok, Kamu Bisa Ikuti 7 Hal Ini Biar Tetap Nyaman Lho!

Saat Kereta Anjlok, Kamu Bisa Ikuti 7 Hal Ini Biar Tetap Nyaman Lho!

Para pengguna setia KRL Commuter Line, perjalanannya pun jadi terganggu karena gangguan ini. Kamu ikut mengalami juga nggak, Sahabat Trivia

Read more..

Nah, jadi nggak sabar nih cobain kereta menuju Bandara Soetta ini ya, Sahabat Trivia!


Mau tahu topik-topik kekinian yang diulas secara mendalam? Cari tahu di Tahu Banget!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kereta ke Bandara Soekarno Hatta Akan Mulai Beroperasi. Ketahui Fakta-Faktanya di Sini, Yuk!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rezita Rani | @rezitarani

Silahkan login untuk memberi komentar