Kerusakan Terumbu Karang di Raja Ampat Sangat Disesalkan. Traveller Sejati Pasti Lakukan 7 Aksi Nyata Ini Saat Wisata Bahari!

Photo Credit: more-sky

Kerusakan Terumbu Karang di Raja Ampat Sangat Disesalkan. Traveller Sejati Pasti Lakukan 7 Aksi Nyata Ini Saat Wisata Bahari!

2.6K
Sebagai masyarakat yang cinta lingkungan, yuk lakukan tujuh hal ini untuk turut berperan aktif menjaga kelestarian terumbu karang di laut Indonesia!

Dunia pariwisata Indonesia sedang berduka. Hal ini dikarenakan rusaknya terumbu karang di Raja Ampat yang disebabkan oleh kapal pesiar MV Caledonian Sky. Kapal berbendera Bahama dan dinahkodai oleh Kapten Keith Michael Taylor tersebut merusak terumbu karang di Raja Ampat dengan luas mencapai 1.600 meter persegi.

Ternyata, kerusakan terumbu karang tidak selalu disebabkan oleh kecelakaan kapal loh. Kegiatan wisata bahari seperti snorkeling dan diving, serta kebiasaan buruk masyarakat di daratan dapat memberikan dampak pada perusakan terumbu karang di lautan. Hal ini disebabkan karena terumbu karang pada dasarnya adalah makhluk hidup yang sensitif dan rentan oleh pengaruh lingkungan sekitarnya. Maka, dia harus dijaga agar tetap tumbuh dengan baik.

Sebagai masyarakat yang cinta lingkungan, yuk lakukan tujuh hal ini untuk turut berperan aktif menjaga kelestarian terumbu karang di laut Indonesia! Ini saatnya kamu melakukan aksi nyata. Jangan hanya mengecam kejadian di Raja Ampat tanpa berkontribusi secara riil ya!


Tidak menyentuh terumbu karang

Photo Credit: tripcrfater

Terumbu karang dengan aneka warna dan bentuk adalah salah satu daya tariknya. Keindahan terumbu karang lantas membuat orang ingin menyentuhnya. Sebagai wisatawan yang cinta lingkungan, jangan pernah menyentuh terumbu karang, apalagi mematahkan dan mengambil sebagian dari terumbu karang! Sentuhan tangan manusia dapat menganggu pertumbuhan terumbu karang atau bahkan membuatnya mati.

Foto di atas jangan ditiru ya!


Snorkeling di tempat yang tidak terlalu dangkal

Photo Credit: National Geographic

Wisata bahari sedang menjadi primadona saat ini karena mampu menyuguhkan pemandangan bawah laut yang sangat menakjubkan. Salah satu kegiatan yang populer adalah snorkeling. Bagi kamu yang gemar snorkeling, pastikan kamu tidak melakukannya di laut yang terlalu dangkal ya!Apabila kedalaman laut masih dangkal, kemungkinan kamu merusak terumbu karang akan semakin besar karena kontak langsung dengan terumbu karang lebih tinggi.


Berenang dengan outfit ramah lingkungan

Photo Credit: xelha

Apabila kamu berenang di laut, usahakan untuk mengenakan pakaian renang yang ringkas dan tidak perlu membawa perlengkapan yang terlalu lebay ya! Hal ini bertujuan agar pakaian yang kamu kenakan serta benda-benda yang kamu bawa tidak merusak terumbu karang. Misalnya, kamu berenang dengan baju renang berumbai-rumbai demi tampil penuh gaya. Kainnya justru tersangkut di terumbu karang dan mematahkannya saat kamu mencoba melepaskannya. Nggak banget deh, Sahabat Trivia!


Satu kapal ramai-ramai

Photo Credit: divecompare

Saat kamu akan snorkeling, kapal yang membawamu ke spot snorkeling akan berhenti dan menurunkan jangkarnya agar tidak terbawa arus. Ternyata, jangkar kapal turut berperan dalam perusakan terumbu karang loh! Oleh sebab itu, selalu usahakan untuk menggunakan satu kapal untuk banyak orang agar mengurangi jumlah jangkar yang tertambat pada terumbu karang. Selain menjaga lingkungan, kamu dapat berhemat serta berkenalan dengan teman-teman baru juga kan.


Tidak memberi makan ikan

Photo Credit: trover

Berfoto dengan ikan-ikan memang menjadi hal paling menarik saat kita snorkeling di lautan. Oleh sebab itu, banyak orang mempersiapkan remahan biskuit atau roti untuk diberikan pada ikan-ikan. Ternyata, kebiasaan ini dapat menganggu ekosistem laut loh! Selain kandungan dalam makanan manusia yang tidak cocok diberikan kepada ikan, kandungan makanan tersebut tidak sesuai dengan habitat asli terumbu karang sehingga dapat merusaknya. Perlu diingat bahwa terumbu karang adalah organisme yang sangat sensitif terhadap lingkungannya. Benda asing sekalipun kecil dapat membuat terumbu karang stres dan akhirnya mati.


Tidak membuang sampah sembarangan

Photo Credit: gobroadreach

Bagi kamu yang suka wisata bahari, pemandangan sampah plastik mengapung di tengah laut tentu sudah sering kamu lihat. Sampah plastik dan sampah lainnya ternyata berdampak negatif pada kelangsungan hidup terumbu karang loh. Maka, di mana pun kamu berada, yuk jangan buang sampah sembarangan. Meski kamu sedang tidak berada di laut, sampahmu dapat berakhir di laut dan membuat terumbu karang mati.


Tidak membeli suvenir dari terumbu karang

Photo Credit: flickr

Banyak terumbu karang serta biota laut memiliki bentuk unik dan menarik. Alhasil, banyak orang menjadikannya sebagai komoditi ekonomi. Mereka mengambil terumbu karang serta biota laut dari lautan dan menjadikannya suvenir untuk dijual pada para wisatawan. Jangan pernah membelinya ya, Sahabat Trivia! Karena membeli berarti mendukung perusakan terumbu karang serta ekosistemnya.

BACA JUGA


Sebagai traveller sejati, apakah kamu sudah melakukan hal-hal tersebut, Sahabat Trivia? Salut banget kalau kamu sudah melakukannya! Bagi yang belum, tidak ada kata terlambat loh. Yuk mulai lakukan aksi nyata untuk lingkungan dan menjaga kelestarian terumbu karang di laut Indonesia!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kerusakan Terumbu Karang di Raja Ampat Sangat Disesalkan. Traveller Sejati Pasti Lakukan 7 Aksi Nyata Ini Saat Wisata Bahari!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Yoana WK | @YoanaWida

In love with stars, sea, and woods. Addicted to exchange currency with experience. Full time traveler, part time social worker. Follow my journey on Instagram: yoana.widkris

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week