Ketika Barang Bekas Menjadi Berkah: Sebuah Kisah Inspiratif yang Berawal dari Baju Bekas Menjadi Sebuah Pameran Foto

photo credit: reader's digest

Ketika Barang Bekas Menjadi Berkah: Sebuah Kisah Inspiratif yang Berawal dari Baju Bekas Menjadi Sebuah Pameran Foto

2.4K
Tak selalu barang bekas adalah barang yang tak bernilai. Barang bekas masih memiliki 'nilai' meski tak terpakai lagi.

Apa yang pertama kali kamu pikirkan mengenai barang bekas? Barang bekas adalah sampah? Ataukah barang bekas menjadi sebuah kenangan bagimu? Tahukah kamu bahwa ada beberapa cara orang dalam menyikapi barang bekas yang mereka miliki. Misalnya, membuang barang bekas tersebut dan menggantinya dengan yang baru. Bisa juga mereka lebih suka menimbun barang bekas tersebut karena masih terasa berat untuk membuangnya.

Baca juga: Ini Alasan Melepas atau Menjual Barang Bekas Bisa Membuat Hidupmu Jauh Lebih Sehat dan Bahagia


photo credit: reader's digest

Sebagai perempuan, mungkin kamu memang sering sekali merasa berat untuk membuang barang-barang yang sudah tidak terpakai. Apalagi jika barang tersebut merupakan barang kesayangan. Menurut psikologi, perempuan kerap menyimpan bagian-bagian kecil dari dirinya di setiap barang yang ia miliki. Oleh sebab itu, tak jarang perempuan sulit untuk membuang barang-barang yang ia miliki meskipun sudah tak terpakai lama. Tapi, hal tersebut tidak berlaku untuk komunitas yang satu ini. Mereka menjadikan barang bekas untuk pameran rutinnya dan menjadi berkah untuk anak-anak sebuah panti asuhan. Penasaran? Yuk, simak kisah inspiratifnya!


Unit Kegiatan Mahasiswa atau yang biasa disebut dengan UKM di sebuah Universitas Katolik Swasta Jakarta ini mempunyai kegiatan pameran foto rutin yang diadakan setiap tahunnya. Singkat cerita, mereka kehabisan akal untuk mendapatkan dana selain dari sponsorship yang sudah mereka dapatkan. Akhirnya, terciptalah sebuah ide untuk menggelar garage sale pada bulan Juni lalu. UKM yang diberi nama "Photography Club Studio 51" itu membuat garage sale selama 2 minggu berturut-turut dari pukul 17:00 - 20:00 WIB. Di depan sebuah ruko kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, mereka menjual baju-baju lama mereka yang sudah tak terpakai. Baju-baju tersebut dijual dengan harga Rp 25.000 - Rp. 100.000. Garage sale mendapatkan respon positif dari warga sekitar dan mereka berinisiatif membantu mahasiswa untuk menyelenggarakan acara tersebut.


Tidak hanya dapat menjalankan Pameran foto, tetapi dari hasil penjualan baju-baju bekas tersebut UKM Studio 51 mengadakan charity. Charity ini bertujuan untuk syukuran pameran yang telah selesai diselenggarakan. Di Panti Asuhan Sayap Ibu, Bintaro, mereka berbagi kasih serta berkah kepada anak-anak yatim piatu serta penghuni panti lainnya. Anak-anak yang ada di sana sangat antusias dan senang karena kehadiran mereka pada hari itu.



Dari kisah inspiratif tersebut, kamu dapat belajar beberapa hal melalui barang bekas. Meski sudah tidak merupakan barang baru, barang bekas memiliki 'nilai' tersendiri yang bisa kamu ambil. Berikut beberapa hal yang bisa kamu pelajari dari barang bekas.


Meski Terkesan 'Tua', Barang Bekas Bisa Menjadi Modal

photo credit: shutterstock

Barang bekas merupakan modal. Tidak percaya? Jika kamu sedang ingin mencari uang tambahan atau memerlukan dana untuk hal apapun, cobalah jual barang-barang yang sudah tidak terpakai di rumahmu. Setiap barang bekas masih mempunyai 'nilai' meski 'nilai'nya sudah tidak sebesar saat dia masih menjadi barang baru. Jadi, barang bekas mempunyai manfaat sebagai pemmberi modal untuk kamu.


Melalui Barang Bekas, Kamu Bisa Berbagi Berkah dengan Orang Lain

photo credit: shutterstock

Menjual barang bekas merupakan berkah untukmu dan orang lain. Bagi kamu, barang bekas atau barang yang sudah tidak terpakai adalah sampah. Tapi, untuk mereka yang kurang beruntung, barang tersebut merupakan berkah dan rezeki untuknya. Baik dalam bentuk barang itu sendiri ataupun sejumlah uang dari penjualan barang itu. Jadi, barang bekas dapat menjadi berkah untuk orang lain juga.


Kamu Belajar Indahnya Berbagi Melalui Barang Bekas

photo credit: brio zone

Dengan memberikan barang bekasmu kepada orang yang membutuhkan, kamu telah berbagi kebahagiaan dengan sesama. Kebahagian mereka adalah pahala. Percayalah, jika kalian memberikan barang apapun dengan tulus dan ikhlas, Tuhan pasti membalas kebaikanmu tadi. Jadi, tak perlu ragu berbuat kebaikan melalui barang bekas, ya!


Siapa Tahu, Barang Bekas Menjadi Jalan Menuju Impianmu

photo credit: shutterstock

Kamu pasti mempunyai sebuah mimpi. Mungkin kamu sulit mewujudkan mimpimu karena ada kendala di keuangan. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, barang bekas dapat menjadi modal untukmu. Meski tak bernilai uang yang besar, tak ada salahnya memanfaatkan barang bekas sebagai modal awal untukmu. Maka dari itu, wujudkan mimpimu sekarang juga. Bisa jadi mimpimu berasal dari barang tak layak pakai.

Pengalaman dari UKM tadi mengajarkanmu bahwa begitu manfaat dari barang bekas? Apakah kamu tertarik mengikuti jejak mereka? Cobalah lihat barang-barang milikmu yang sudah tak terpakai. Mulailah untuk mengubahnya menjadi berkah!

#NulisTiapHari #TriviaWritersCamp #OLX #BekasJadiApapun





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ketika Barang Bekas Menjadi Berkah: Sebuah Kisah Inspiratif yang Berawal dari Baju Bekas Menjadi Sebuah Pameran Foto". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Erlita Bebby Aprilianti | @erlitabebby

20th. Writer. Accountant to be. Know more about me on erlitabebbyaprilianti.blogspot.com. Contact me on erlitta(dot)bebby(at)gmail(dot)com

Silahkan login untuk memberi komentar