Kisah Carson Huey, Si Jenius Asal Texas yang Berhasil Jadi Ilmuwan Fisika di Usia 14 Tahun

Photo credit: New Canaan News

Kisah Carson Huey, Si Jenius Asal Texas yang Berhasil Jadi Ilmuwan Fisika di Usia 14 Tahun

967
Carson Huey menjadi seorang ilmuwan fisika termuda yang pernah lulus dari Texas Christian University, Amerika Serikat.

Menjadi seseorang yang super cerdas alias jenius mungkin menjadi dambaan bagi beberapa orang. Tak jarang kita harus mencapai keinginan tersebut dengan susah payah demi benar-benar bisa meluncur dengan sempurna ke puncak. Begitu juga dengan yang lakukan oleh seorang jenius yang bernama Carson Huey. Siapa sangka kalau dirinya menjadi seorang ilmuwan fisika termuda yang pernah lulus dari Texas Christian University (TCU), Amerika Serikat. Usianya baru saja menapaki 14 tahun, namun tidak seperti anak seusianya yang baru saja akan masuk ke sekolah menengah atas, dirinya justru dengan cepat melesat menyusul teman-temannya dan berhasil menjadi seorang ilmuwan yang terbilang masih sangat muda.

Bagaimanakah kisahnya hingga bisa menjadi sosok yang kini bisa jadi dikagumi sekaligus disegani berkat kejeniusan yang ia miliki? Berikut ini bagaimana sosok Carson Huey erhasil menjadi seorang ilmuwan fisika diusianya yang masih sangat belia.


Mendaftar pada usia 10 tahun dan memulai pendidikannya pada usia 11 tahun

Photo credit: New Canaan News

Carson Huey menjadi salah satu dari 2.000 orang mahasiswa yang diwisuda pada Sabtu, 13 Mei 2017 lalu. Carson mendaftar untuk menjadi mahasiswa di Texas Christian University (TCU), Amerika Serikat saat usianya masih 10 tahun dan memulai pendidikannya pada usia 14 tahun kemudian dijadwalkan untuk bisa lulus dalam waktu yang dekat.

Ibunya, Claretta Kimp mengatakan bakatnya di bidang matematika ternyata sudah ia dapatkan sejak usianya masih balita. Saat itu ibunya menyadari bahwa sang anak tertarik dan mampu memahami soal untuk siswa kelas delapan. Akhirnya Carson mendapatkan pendidikan lanjutan dan membuatnya berhasil lulus SMA saat usianya baru saja menjajaki 10 tahun. Setelah lulus dari SMA itulah ia mulai mendaftarkan diri di kampus yang sudah membesarkan namanya tesebut.


Pada usia 3 tahun Carson sudah belajar kalkulus

Photo credit: Newsmax

Bagaimana seorang anak yang baru saja berusia 2 tahun bisa memahami dan belajar kalkulus? Ibunya bahkan sangat bangga saat Carson masih berusia 2 tahun dan sudah bisa menbaca dengan baik. ia suka sekalu membaca buku, hingga pada usianya yang ketiga tahun, Carson pun sudah belajar kalkulus dan mampu memahaminya. Di usianya yang masih balita pun Carson telah memiliki kemampuan untuk berhitung layaknya anak kelas 8.

Carson mengawali pendidikannya dengan sistem home schooling, ini merupakan inisiatif Klim, sebagai orang tua tunggalnya saat itu untuk bisa memberikan pendidikan yang ia minati. Carson pun belajar dengan baik dan melompati beberapa kelas yang membuatnya dapat lulus 8 tahun lebih cepat dari siswa SMA kebanyakan.


Saat kuliah ia dibimbing oleh seorang profesor yang kompeten di bidangnya


Memasuki masa-masa perkuliahan, Carson beruntung dapat dibimbing oleh seorang profesor yang kompeten di bidangnya yakni profesor fisika Magnus Rittby. Ia mengakui bahkan Carson tamak menonjol dan lebih pintar dari mahasiswa lain yang 10 tahun lebih dewasa dari Carson.

Namun, Prof. Rittby mengatakan bahwa mahasiswanya yang satu ini bahkan bukan anak yang sombong dan merasa lebih pintar dari orang lain. Meski pada kenyataannya ia memang lebih pintar dari yang lainnya.


Mengambil 2 studi pendidikan sekaligus

Photo credit: New Canaan News

Mungkin Carson memang menjadi salah satu anak yang sangat beruntung di usianya. Selain karena dirinya memang sudah jenius sejak balita, namun dirinya juga berhasil menjalani kesukaanya yaitu menempuh pendidikan pada 2 studi pendidikan berbeda yang memang ia dambakan. Selama menjalani masa perkuliahan, selain belajar tentang segala kerumitan yang ada di matematika, fisika dan mata kuliah berhitung lainnya, ternyata si jenius Carson juga mengambil studi sastra China.

Meski kerepotan, namun ia menjalani kedua bidang pendidikan yang berbeda tersebut dengan baik. Bahkan ia juga pernah mengungkapkan betapa tertariknya ia dengan fisika.

Carson tertarik pada fisika sejak dari SMA, tapi fisika kuantum yang paling membuatnya lebih tertarik, karena sangat abstrak. Ia mengatakan kalau kita tidak bisa melihat apa yang terjadi, jadi kita harus bergantung pada matematika untuk menyelesaikan semuanya.


Kejeniusan Carson ternyata menurun ke adiknya, Cannan


Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, kalau itu ungkapan yang pas jika kecerdasan orang tua menurun ke anaknya. Namun, bagaimana dengan Cannan, adik dari Carson menjadi seorang yang sama cerdasnya dengan Carson? Jelas hal ini membuat sang ibu sangat bangga, karena Carson bukanlah satu-satunya putra Klimp yang jenius. Adik Carson yang bernama Cannan juga sama cerdasnya dengan Carson. Kini Cannan berusia 10 tahun dan sudah mendaftarkan diri ke universitas yang sama untuk melanjutkan pendidikannya tahun depan.

Meski mereka sangat cemerlang pada usia muda namun ternyata ketertarikan antara keduanya berbeda. Sejak kecil Cannan bercita-cita ingin menjadi astronot, sehingga pada musim gugur di Amerika nanti yang mana usianya baru 11 tahun, ia akan menjalani pendidikannya sebagai mahasiswa jurusan astrofisika dan teknik.

BACA JUGA


Indiana Raven Osborne, Remaja yang Dianggap Tak Mampu Belajar Secara Normal Ini Berhasil Lulus Kuliah Sebelum Lulus SMA!

Indiana Raven Osborne, Remaja yang Dianggap Tak Mampu Belajar Secara Normal Ini Berhasil Lulus Kuliah Sebelum Lulus SMA!

Ibunya selalu mengatakan kepada Raven Osborne, bahwa ia dapat melakukan apa pun yang ia ingin lakukan dalam hidup. Perkataan sang ibu inilah ...

Read more..

Sungguh anak-anak yang cerdas dan pastnya menjadi inspirasi juga untuk kita ya. Teruslah bermimpi dan kejar mimpimu semampu yang kau bisa. Semangat belajar dan kejar mimpimu seperti Carson dan Cannan ya, Sahabat Trivia. Semangat!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kisah Carson Huey, Si Jenius Asal Texas yang Berhasil Jadi Ilmuwan Fisika di Usia 14 Tahun". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rezita Rani | @rezitarani

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week