Kisah Haru Para Musisi yang Ikut Audisi dan Sukses Pada Akhirnya. Ikuti Jejaknya, Yuk! Siapa Tahu Kamu Bisa Seperti Mereka

Kisah Haru Para Musisi yang Ikut Audisi dan Sukses Pada Akhirnya. Ikuti Jejaknya, Yuk! Siapa Tahu Kamu Bisa Seperti Mereka

255
Perjuangan dan usaha yang tiada henti disertai dengan doa tentu akan membuahkan hasil yang memuaskan. Seperti yang dirasakan oleh para musisi yang berhasil lolos audisi nyanyi meski banyak rintangan yang harus dilewati.

Banyak cara untuk mencapai apa yang selama ini kamu cita-citakan. Jika kamu ingin menjadi penulis, maka rajinlah untuk menulis dan terus berlatih menulis serta hadir dalam kegiatan yang berkaitan dengan menulis. Jika kamu ingin menjadi seorang penyanyi, maka berlatihlah menyanyi sebanyak yang kamu mampu. Dengan begitu, kamu akan memiliki suara yang merdu. Selain berlatih, salah satu cara yang akan membuat kamu menjadi penyanyi yang diakui adalah dengan mengikuti audisi ajang pencarian bakat bernyanyi.

Ajang pencarian bakat bernyanyi ini menjadi populer mulai tahun 2000-an di Indonesia. Mulai dari AFI, KDI, Indonesian Idol, The Voice, dan lain sebagainya mulai bermunculan di layar kaca kamu. Menjadi penyanyi yang dikenal dan diakui kualitasnya tidaklah mudah. Kamu harus bersungguh-sungguh dan membuktikan pada dunia bahwa kamu memiliki bakat dan kemampuan bernyanyi yang mumpuni.

Apalagi jika sebelumya kamu bukanlah berasal dari keluarga yang serba ada, maka motivasi untuk memperbaiki kehidupan keluarga dan diri sendiri semakin besar. Nah, berikut ini kisah haru dari musisi yang mengikuti audisi hingga sukses pada akhirnya. Coba cek, mungkin idola kamu salah satunya!


1. Judika

Photo credit: Moviegoers Magazine

Cowok Batak yang memiliki suara lantang ini merupakan musisi yang namanya sangat terkenal di Indonesia. Kesuksesannya ini berawal dari perjuangannya mengikuti ajang Indonesian Idol yang ke-2. Ternyata perjuangannya untuk mengikuti audisi sangat tidak mudah. Agar bisa sampai ke lokasi audisi, Judika harus naik metromini. Sesampainya di lokasi audisi, Judika harus menunggu sekitar 12 jam demi golden ticket.

"Dari mulai kayak ngantre itu salah satu hal yang saya lewati. Dulu saya hampir 12 jam ngantre dari jam 7 pagi, jam 8 malam baru saya masuk ke ruangan, ketemu dewan juri, dan itu cuma lima menit," kenang Judika.

Namun, ketika akhirnya Judika menjadi runner up ajang pencarian bakat tersebut, ia harus menelan pil pahit karena uang yang harusnya menjadi haknya sebagai pemenang dibawa kabur oleh pihak panitia. Namun, kegigihan dan kerja kerasnya untuk terus mencapai mimpi-mimpinya kini membuahkan hasil.

Judika tidak sekadar jadi penyanyi, ia juga berbakat menciptakan lagu dan kini terlibat menjadi salah satu juri di ajang pencarian bakat yang dahulu ia ikuti juga. Cowok kelahiran 31 Agustus 1978 ini membuktikan bahwa hasil tidak akan membohongi kerja kerasnya selama ini.


2. Lesti Andryani

Photo credit: style tribunnews

Tidak hanya Judika, dara cantik bernama lengkap Lesti Andryani ini bahkan saat ingin audisi ia sempat diusir oleh petugas keamanan karena dianggap hanya ikut kakak atau tante yang ingin ikut audisi. Bersama ayahnya, Lesti menempuh perjalanan jauh dari kampung halaman di Cianjur menuju Bandung menggunakan motor dengan lama perjalanan 5 jam. Berdasar pada niatnya yang kuat untuk bisa jadi penyanyi, rintangan apa pun rela Lesti lewati. Modal nekat, meski usianya masih sangat muda bahkan usia Lesti sebenarnya di luar syarat audisi, namun ia tetap berangkat audisi.

"Awalnya Dede (panggilan untuk Lesti) pikir, "Ah, tapi harus 17 tahun, sedangkan waktu itu Dede usianya 14 tahun aja belum. Jadi, begitu libur sekolah ikut majikannya bapak ke Bandung (saat itu pekerjaan bapaknya Lesti adalah supir pribadi), ambil formulir ke salah satu radio. Kemudian beberapa minggu lagi ikut audisi dan antre dari jam 6 pagi sampai jam 7 malam." Kenang Lesti saat konsernya beberapa waktu lalu.

Meski bermodalkan nekat dan keyakinan, akhirnya Lesti berangkat audisi dan mengerahkan seluruh kemampuan bernyanyinya hingga membuat para juri terharu dan memberikan tiket untuk lanjut ke babak berikutnya.


3. Mandy Harvey

Photo credit: Ruderman Family Foundation

Selain dari dalam negeri, ada juga peserta audisi salah satu ajang pencarian bakat di luar negeri yang tak kalah membuat terharu. Namanya Mandy Harvey, lolos dalam audisi America’s Got Talent dengan predikat golden buzzer yang merupakan predikat prestisius dan memungkinkan ia untuk langsung berada di sesi live show yang mana ia tidak perlu mengikuti audisi selanjutnya.

Mandy merupakan seorang tuli yang mulai kehilangan pendengarannya secara menyeluruh pada usia 18 tahun. Mandy memang memiliki kelainan serat-serat saraf yang menopang fungsi pendengaran. Secara bertahap pendengaran Mandy menjadi lumpuh dan berujung pada ketulian. Awalnya, Mandy sempat putus asa pada dirinya sendiri, namun tampaknya ia merasa akan makin terpuruk jika ia menyerah begitu saja.

“After I lost my hearing, I gave up. But I want to do more with my life than just gave up,” pungkasnya.

Semangatnya untuk tidak pantang menyerah serta pengalamannya untuk dapat menjadi seorang penyanyi ia tuangkan dalam sebuah lagu ciptaannya yang berjudul Try. Perjuangannya melawan keterbatasan, keterpurukan, dan ketidakpastian akan masa depannya yang berbuah manis ini memang sungguh menginspirasi banyak orang.

Pada dasarnya sifat manusia adalah menghindari yang namanya kesulitan. Maka, tidak heran jika dalam keterpurukan seseorang justru akan semakin menunjukkan potensi mereka. Kisah Mandy ini mengingatkan pada seorang komposer klasik bernama Beethoven yang menciptakan baha karya bertajuk Symphony no. 9 saat ia juga mulai mengalami ketulian.


4. Fatin Shidqia Lubis

Photo credit: metrolyrics

Perjuangan Fatin dalam mengikuti ajang pencarian bakat X Factor juga tidak mudah. Orang tua Fatin saat itu tidak mengetahui bahwa sang anak mengikuti audisi. Fatin harus menunggu selama kurang lebih 18 jam untuk bisa tampil di hadapan para juri yang menilai penampilannya. Saat audisi, Fatin juga masih mengenakan rok abu-abunya yang menandakan bahwa dirinya masih seorang pelajar SMA.

Untuk bisa hadir ke lokasi audisi, Fatin sempat mendapatkan kesulitan karena dirinya tidak memiliki uang. Akhirnya, ia meminjam uang pada temannya bernama Puspa sebesar Rp20.000. Dengan uang yang dipinjamkan oleh temannya tersebut, akhirnya mengantarkan Fatin pada kemenangannya di ajang pencarian bakat tersebut. Pantang menyerah bukanlah sifat seorang juara, dan Fatin tidak memiliki sifat pantang menyerah jadi tidak heran kalau Fatin kini sukses dengan karya-karyanya.

BACA JUGA


Kumpulan Lagu Unik Para Peserta Audisi Indonesian Idol. Ada yang Ciptaan Sendiri Lho!

Kumpulan Lagu Unik Para Peserta Audisi Indonesian Idol. Ada yang Ciptaan Sendiri Lho!

Video audisi para peserta dengan tingkah yang lucu itu pun viral di media sosial. Belum lagi ada juga yang sampai menciptakan lagu unik ...

Read more..

Untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan sejak lama, membutuhkan perjuangan yang terkadang membuat kamu nyaris menyerah. Seperti yang dilakukan oleh para musisi yang mengawali kariernya dengan mengikuti audisi yang penuh rintangan di atas. Meski harus tertatih pada awalnya, kini mereka dapat menyesap manisnya hasil perjuangan tersebut.

Keren banget ya, Sahabat Trivia? Semoga kisah para musisi ini dapat menginspirasi kamu, terutama untuk kamu yang kini sedang menghadapi rintangan untuk mencapai cita-citamu. Semangat terus ya, Sahabat Trivia!


Mau tahu topik-topik kekinian yang diulas secara mendalam? Cari tahu di Tahu Banget!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kisah Haru Para Musisi yang Ikut Audisi dan Sukses Pada Akhirnya. Ikuti Jejaknya, Yuk! Siapa Tahu Kamu Bisa Seperti Mereka". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Trivia | @triviaid

Real stories of real life people

Silahkan login untuk memberi komentar