Kisah Liz Murray, Gadis Tunawisma yang Menjadi Lulusan Harvard University, Buktikan Bahwa Siapa pun Bisa Mewujudkan Mimpi!

photo credit: Twitter

Kisah Liz Murray, Gadis Tunawisma yang Menjadi Lulusan Harvard University, Buktikan Bahwa Siapa pun Bisa Mewujudkan Mimpi!

1.2K
Liz Murray membuktikan pada dunia, bahwa impiannya jauh lebih besar daripada masalah yang tiada henti menderanya.

Reputasi Harvard University sebagai universitas unggulan dunia sudah tidak terelakkan. Hanya kandidat terbaik dari berbagai negara yang bisa mendapatkan kesempatan langka mengenyam pendidikan di Harvard University. Tak heran, banyak dari anak-anak tokoh dunia mulai dari presiden, menteri, tokoh politik hingga miliarder dunia yang bersekolah di sana. Siapa sangka seorang Liz Murray yang notabenenya adalah seorang tunawisma, gadis miskin yang bahkan tidak memiliki rumah, bisa menembus seleksi beasiswa Harvard yang sangat amat ketat? Kisah nyata perjuangan hidupnya sangatlah luar biasa inspiratif dan emosional serta banyak hal yang patut kita teladani darinya dalam menaklukkan dunia.


Memiliki orang tua pecandu narkoba

photo credit: BBC

Kedua orang tua Liz adalah pecandu narkoba akut sejak dia berusia 3 tahun. Menurut pengakuan Liz, kedua orang tuanya sebenarnya cerdas namun kecanduan mereka sudah memasuki tahapan yang tidak tertolong lagi sehingga membuat kehidupan orang tuanya begitu berantakan. Mereka tidak memiliki pekerjaan tetap dan terus-menerus menggunakan uang tunjangan negara untuk membeli narkoba, sehingga ia dan adik perempuannya hidup dengan keadaan sangat terlantar dan mengenaskan. Ketika sedang tidak mabuk, ibunya sering berjanji kepadanya untuk berubah. Sayang, janji itu hanyalah sekadar janji yang tak pernah ia tepati.


Memakan pasta gigi demi bertahan hidup

photo credit: Quotes

Saking miskinnya, Liz kecil pernah makan pasta gigi untuk makan malam agar bisa bertahan hidup. Kasihan sekali ya, Sahabat Trivia? Buat kita yang masih suka mengeluh, mari kita belajar lebih sering bersyukur. Cobalah tengok masa kecil Liz Murray yang jauh dari kata bahagia. Saya sendiri langsung menangis membaca kisahnya ini, saya tidak menyangka ada anak kecil yang harus mengalami hal sepahit itu.


Hidup tak terurus, Liz pun harus putus sekolah

photo credit: fanpop

Karena tidak terurus, Liz kecil sering datang ke sekolah dengan baju kumal yang dipakai selama beberapa hari, bau badan yang menyengat dan rambut penuh kutu. Dia menjadi bahan ejekan dan memutuskan untuk putus sekolah. Saya jadi belajar bahwa kita tidak boleh gampang menghakimi dan menghina seseorang karena bisa jadi mereka memiliki kehidupan yang luar biasa berat dan kita tidak mengetahuinya. Berusahalah baik kepada semua orang.

Orang tua liz pun memutuskan untuk bercerai

photo credit: fanpop

Kepedihan hidup Liz benar-benar kompleks. Ketika umur 11 tahun, Ibu Liz didiagnosa dengan penyakit AIDS. Setahun setelahnya, orang tuanya berpisah. Adiknya tinggal bersama ibu dan pacar baru ibunya, sedangkan Liz tinggal bersama Ayahnya.


Hidup sebagai tunawisma

photo credit: findperspective

Tak lama, ibunya pun meninggal karena AIDS. Cobaan tidak hanya berhenti di situ, ayahnya gagal membayar sewa dan pindah ke penampungan tunawisma. Sejak itulah ia mulai hidup sebagai gelandangan dan kadang bekerja paruh waktu untuk mencuci piring.


Menjadi pemenang lomba esai beasiswa dari New York Times dan mendapat beasiswa di Harvard


Liz memutuskan untuk menyelesaikan pendidikannya untuk mengubah nasib. Dia memutuskan untuk mengikuti kelas persamaan bagi orang tidak mampu dan menyelesaikan SMA hanya dalam 2 tahun dengan nilai A. Ketika mengikuti study tour ke Harvard, Liz sadar Harvard adalah impian terbesarnya. Didukung oleh seorang mentor dari sekolah persamaannya, Liz mengikuti program beasiswa dari New York Times bagi pemenang lomba esai dengan topik kesulitan hidup apa yang telah diatasi peserta untuk berjuang secara akademik. Kehidupannya pun berubah selamanya setelah ia diumumkan sebagai salah satu penerima beasiswa untuk bersekolah di Harvard. Sayangnya, tak lama setelah kabar baik ini, Ayahnya pun meninggal karena AIDS di akhir tahun 2006.

Kisah hidupnya yang ditulis ke dalam buku Breaking A Night: Memoir of Forgiveness, Survival and My Journey from Homeless to Harvard menjadi bestseller dan telah difilmkan. Kini ia menjadi motivator untuk membantu banyak orang menemukan tujuan hidup mereka.

BACA JUGA


Film Mengharukan dan Inspiratif tentang Ibu Ini Wajib Kamu Tonton. Siap-Siap Nangis Ya!

Film Mengharukan dan Inspiratif tentang Ibu Ini Wajib Kamu Tonton. Siap-Siap Nangis Ya!

Tanggal 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu. Meskipun Hari Ibu cuma ada sekali dalam setahun, namun cinta kita pada ibu setiap saat dan ...

Read more..

Pesan berharga yang saya dapatkan adalah meskipun Liz memiliki kisah kehidupan yang sangat tragis, dia tidak pernah menyalahkan orang tuanya. Liz menolak merasa menjadi korban walaupun dia memang sesungguhnya korban dari kelalaian orang tuanya. Ia mengubah penderitaannya menjadi tenaga untuk mencapai hal yang mustahil. Liz juga tetap menyayangi orang tuanya dan belajar dari kesalahan mereka. Dan yang paling penting nih, Sahabat Trivia, jauh-jauh deh sama yang namanya narkoba. Bukannya keren malah bikin hidup sengsara!

Jika Liz saja mampu menghadapi kehidupan sesulit itu, bagaimana dengan kita? Malu dong jika kita menyerah karena hal-hal sepele. Liz saja bisa, jadi kita juga pasti bisa! Keep chasing your dream, Sahabat Trivia.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kisah Liz Murray, Gadis Tunawisma yang Menjadi Lulusan Harvard University, Buktikan Bahwa Siapa pun Bisa Mewujudkan Mimpi!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Alya Devi | @AlyaBirzanaDevi

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week