Kisah Sukses Brilliant Yotenega Membangun Startup Nulisbuku.com. Berikut 3 Kunci yang Membuatnya Sukses

photo credit: kompasmuda

Kisah Sukses Brilliant Yotenega Membangun Startup Nulisbuku.com. Berikut 3 Kunci yang Membuatnya Sukses

2K
Karena kehilangan kesempatan untuk menikmati hal-hal baik hari ini karena pikiran kita tidak sedang berada di ‘saat ini’.

Kamu pasti tidak asing saat mendengar Nulisbuku.com? Sebuah wadah bagi kamu yang suka menulis dan yang ingin membukukan tulisanmu secara mudah. Di balik kesuksesan Nulisbuku.com tersebut, terdapat sosok founder yang luar biasa, Brilliant Yotenega.

Tentunya kamu sudah tahu kisah perjuangan Mas Ega –kerap ia disapa- dalam artikel Trivia sebelumnya, perjuangan dari nol hingga menjadi sukses hari ini. Nah, kali ini, Trivia akan membocorkan 3 hal terpenting di balik semua kesuksesan Mas Ega. 3 hal yang membuat Brilliant Yotenega sukses dengan startup-nya yang bisa kamu contoh untuk memulai startup ya! Check this out!


1. Tujuan

Photo credit: TriviaID

Bagi kamu yang ingin mendirikan sebuah startup, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan tujuanmu dalam mendirikan startup atau mungkin jenis usaha lainnya. Mengapa hal ini menjadi hal yang penting? Kamu akan terarah dan tetap pada rencana awal jika kamu memiliki tujuan yang jelas. Bahkan, saat kamu lapar, kamu tahu kamu harus pergi ke mana dan mencari apa, bukan? Jadi, tujuan itu penting, loh!

Jika mungkin kamu bertanya-tanya tentang, “Tapi, kalau besok startup kami gagal gimana?” atau “Jika besok ternyata tidak ada investor atau jika nanti segmen pasar tidak terpenuhi, startup kami mau dibawa ke mana?” Nah, jika kamu masih berpikir seperti itu, itu adalah hal yang harus kamu buang jauh-jauh. Karena menurut Mas Ega, “Kita kehilangan kesempatan untuk menikmati hal-hal baik yang terjadi hari ini karena pikiran kita tidak sedang berada di ‘saat ini’, kita gagal mengendalikan pikiran kita untuk tidak mengkhawatirkan di ‘masa esok’. Akibatnya, kita tidak pernah merasa bahagia. Kapan pun itu karena pikiran kita selalu ada di ‘masa esok’ yang kita tidak pernah tahu apa jadinya.”

Jadi sudah jelas, bukan? Bahwa usahlah kamu mengkhawatirkan atau bertanya-tanya tentang hari esok. Esok bagaimana? investor ada atau tidak? Segmen sesuai atau jangan-jangan salah pangsa pasar? Dan semua pertanyaan yang kamu atau bahkan siapa pun tidak ada yang tahu akan terjadi apa esok hari.

Tetap terus berjuang dan tetap pada tujuanmu mendirikan sebuah startup atau hal lainnya ya.


2. Passion

Photo credit: kompastv

Setelah tujuan yang jelas, hal kedua yang harus kamu ketahui sebelum memulai startup atau usaha lainnya adalah kamu sudah harus tahu di mana minat dan semangatmu saat menjalaninya. Tidakkah kamu kesal jika kamu diminta menyanyi, sedangkan kamu lebih suka berolahraga? Begitupun dengan usaha yang akan kamu rintis.

Menurut Mas Ega, “Impian kita sangat getas, mudah runtuh. Impian kita akan diserang dari semua sisi. Oleh karena itu, impian tersebut harus dipasok dengan kekuatan ekstra dari kepercayaan diri.”

Mulai sekarang, yuk cari dan tentukan passion dan kepercayaan dirimu!


3. Integritas

Photo crredit: Twitter

Hal lain yang menjadi perhatian saat kamu ingin memulai startup adalah tentang sebuah integritas. Integritas dalam semua hal. Tanpa terkecuali. Perlu juga untuk memulainya dari sebuah kejujuran paling kecil sekalipun. Karena jika sedikit saja kita menutupi sebuah kesalahan dan tidak jujur akan hal itu, maka tinggal menunggu waktu, semua kebohongan-kebohongan akan datang untuk menutupi kesalahan kecilmu tadi. Mulai untuk jujur yuk!


Demikian 3 hal terpenting yang membuat Brilliant Yotenega sukses membangun startup Nulisbuku.com. Jadi, kamu harus memiliki tujuan, passion, dan sebuah kejujuran untuk mencapai kesuksesanmu.

“Pejuang itu adalah kita, yang setiap pagi berlutut, berdoa dan mengucapkan kata-kata pengharapan karena sebuah keyakinan. Pejuang kehidupan yang terus-menerus mengharapkan adanya keajaiban. Setiap pagi." (Brilliant Yotenega)

#NulisTiapHari #TriviaWritersCamps




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kisah Sukses Brilliant Yotenega Membangun Startup Nulisbuku.com. Berikut 3 Kunci yang Membuatnya Sukses". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Hairul Anam | @hairul

Bagiku, yang sejak kecil menginjakkan tanah dan beratapkan langit Indonesia, makan dan minum dari hasil Tanah Air bangsa ini, memutuskan menjadi Pengajar Muda dari Gerakan Indonesia Mengajar adalah keharusan.

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week