Kobarkan Semangat di Hari Pahlawan dengan Traveling ke Tempat Bersejarah. Museum dan Monumen di Jakarta Ini Bisa jadi Pilihan

picture source: szaktudas

Kobarkan Semangat di Hari Pahlawan dengan Traveling ke Tempat Bersejarah. Museum dan Monumen di Jakarta Ini Bisa jadi Pilihan

1.7K
Ada banyak cara untuk mengisi hari Pahlawan, salah satunya berwisata ke tempat bersejarah bisa menjadi ide untuk memperIngati hari Pahlawan.

Tepat pada tanggal 10 November 1945, pidato Bung Tomo membakar semangat anak bangsa untuk bersatu melawan penjajah. Demi selalu mengingat akan peristiwa hebat tersebut, setiap tahunnya di tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan. Kita sebagai penerus bangsa menghargai, mengapresiasi dan juga meneruskan semangat para pahlawan kita dengan melihat bukti-bukti perjuangan mereka yang masih ada saat ini melalui bangunan bersejarah, monumen dan benda-benda bersejarah lainnya yang berada di berbagai museum. Berikut adalah pilihan destinasi wisata museum dan tempat bersejarah lainnya yang berada di Jakarta yang bisa kamu datangi.


Melihat sejarah perjuangan tentara nasional Indonesia di Museum Satria Mandala

Melihat Sejarah Perjuangan Tentara Nasional Indonesia Di Museum Satria Mandala - picture source: indonesiaexplorer
picture source: indonesiaexplorer

Terletak di Jalan Gatot Subroto No.14 dan dapat mudah diakses karena dekat dengan halte busway Gatot Subroto Jamsostek. Museum ini mengajak kita untuk mengenal sejarah perkembangan Tentara Nasional Indonesia dari zaman perjuangan hingga reformasi. Di dalamnya terdapat pesawat tempur tank, aneka jenis senjata, diorama, lambang-lambang kemiliteran serta masih banyak lagi.


Museum MH. Thamrin

Museum MH. Thamrin - picture source: liburanjakarta
picture source: liburanjakarta

Museum ini terletak di Jalan Kenari Dua, nomor 15, Jakarta Pusat. Di dalam museum kita bisa melihat foto-foto bersejarah perjuangan pahlawan nasional Muhammad Husni Thamrin. Di halaman depan kita akan disambut oleh patung emas MH Thamrin yang berukuran besar. Tiket masuknya sangat terjangkau yaitu Rp 5.000 untuk pengunjung dewasa dan Rp. 2.000 untuk anak dan pelajar.


Monumen Nasional atau yang populer disingkat dengan Monas

Monumen Nasional Atau Yang Populer Disingkat Dengan Monas - picture source: miner8
picture source: miner8

Monas adalah destinasi wajib bagi siapapun yang berkunjung ke Jakarta. Tidak hanya untuk seru-seruan berkunjung ke museum ini juga dapat menambah wawasan kita tentang sejarah perjuangan pahlawan di Indonesia. Di ruang bawah monumen ini terdapat museum diorama yang menggambarkan perjalanan sejarah bangsa Indonesia dari masa perjuangan kemerdekaan sampai masa orde baru. Serta ada juga ruangan dimana kita bisa mendengar rekaman suara Bung Karno saat membaca teks proklamasi.


Arsitektur Gedung Joeang 45 yang membuat kita seperti kembali ke masa lalu

Arsitektur Gedung Joeang 45 Yang Membuat Kita Seperti Kembali Ke Masa Lalu - picture source: museumsejarahjakarta
picture source: museumsejarahjakarta

Bangunan yang terletak di Menteng Raya nomor 31 ini dulunya merupakan hotel pada zaman Belanda. Setelah beberapa kali di alih fungsikan, akhirnya gedung ini dijadikan museum. Bangunan yang dibangun pada tahun 1939 ini menampilkan beberapa benda-benda seperti atribut dan seragam tentara di masa lalu, benda-benda yang dipakai untuk bergerilya, serta foto dan lukisan yang menggambarkan perjuangan para pahlawan merebut kemerdekaan dulu. Berminat untuk mengunjunginya? Museum ini buka dari jam 9 pagi sampai dengan jam 3 sore.


Rumah tempat perumusan Teks Proklamasi

Rumah Tempat Perumusan Teks Proklamasi - picture source: indonesiakaya.com
picture source: indonesiakaya.com

Rumah dengan arsitektur zaman dulu ini menjadi saksi peristiwa besar Kemerdekaan Indonesia. Terletak di daerah Menteng tepatnya di Jalan Imam Bonjol, nomor 1 Jakarta Pusat. Di dalamnya terdapat ruangan yang dulu pernah terjadi diplomasi antara Indonesia pasca kemerdekaan RI. Di dekat pintu masuk terdapat ruangan di mana Bung Karno menulis rancangan teks proklamasi. Selain itu juga ada tempat Sayuti Melik mengetik Naskah Proklamasi. Museum ini buka setiap hari kecuali pada hari Senin.


Yuk tunggu apa lagi, selamat jalan-jalan.

#triviawriterscamp



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kobarkan Semangat di Hari Pahlawan dengan Traveling ke Tempat Bersejarah. Museum dan Monumen di Jakarta Ini Bisa jadi Pilihan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Marta Marselina | @martamarselina

Part time traveler.Proud to be volunteer. Pecinta kuliner, seni dan fotografi. Rekam jejaknya bisa diintip melalui nonaseli.my.id

Silahkan login untuk memberi komentar