Kopi Indonesia Terbaik yang Diburu Penikmat Kopi Dunia. Suka Nongkrong di Coffee Shop, Harus Tahu Dong!

Photo credit: brightandearlycoffee

Kopi Indonesia Terbaik yang Diburu Penikmat Kopi Dunia. Suka Nongkrong di Coffee Shop, Harus Tahu Dong!

462
Mungkin tidak kamu sadari bahwa salah satu kopi termahal di dunia berasal dari Indonesia, apa saja sih kopi yang diburu para penikmat kopi dunia?

Banyak sekali yang bisa kamu banggakan dari Indonesia, keberagaman suku dan bahasa, tarian, alat musik, makanan khas daerah sampai pada minumannya. Berbicara mengenai minuman, apakah kamu termasuk penikmat kopi? Kopi memiliki rasa pahit namun menenangkan ini ternyata banyak digemari oleh penduduk Indonesia dan luar negeri lainnya.

Kopi Indonesia juga bisa kamu banggakan loh, Sahabat Trivia. Banyak macam kopi Indonesia yang banyak disukai dan diburu oleh penikmat kopi dunia. Mungkin tidak kamu sadari bahwa salah satu kopi termahal di dunia berasal dari Indonesia, apa saja sih kopi yang diburu para penikmat kopi dunia?


Kopi Jawa

Photo credit: blogspot

Kopi Jawa atau Java ini merupakan salah satu kopi yang paling berpengaruh di dunia. Diproduksi pada abad ke-17 oleh pemerintah kolonial Belanda dan Jawa yang pada akhirnya menjadi salah satu produsen kopi terbesar.


Kopi Toraja

Photo credit: Vebma

Berasal dari Tana Toraja di sekitar daerah Kalosi. Kopi ini memiliki kandungan asam rendah dan badan yang berat. Kopi yang memiliki rasa khas hutan dan tanah ini, sudah dipatenkan di Jepang dan Amerika Serikat oleh pengusaha lokal.


Kopi Wamena

Photo credit: blogspot

Kopi Wamena terkenal sebagai kopi organik dengan kualitas terbaik. Seperti namanya, kopi ini berasal dari Wamena, Papua. Menghasilkan kualitas terbaik dengan aroma yang harus, tekstur yang lembut, dan rasa yang manis ini dikarenakan kopi tersebut ditaman di daratan Papua yang memiliki kesuburan tanah yang sangat baik.


Kopi Gayo

Photo credit: Lintas Gayo

Sejak tahun 1908, kopi yang berasal dari Gayo, Aceh ini dikenal dengan aroma dan rasa yang khas. Menurut beberapa ahli dan pecinta kopi dunia, Kopi Gayo memiliki cita rasa kopi di seluruh dunia. Hal ini membuktikan bahwa beberapa kali Kopi Gayo mendapatkan penghargaan kopi terbaik dan termahal di dunia dalam acara yang diselenggarakan organisasi Specialty Cofee Association of America (SCAA) di Portland, Oregon Convention Center, Amerika Serikat.


Kopi Kintamani

Photo credit: rumahmesin

Penggemar kopi di Bali pasti sudah tidak asing lagi dengan kopi yang satu ini, sesuai dengan namanya Kintamani berasal dari Bali ini juga terkenal sampai ke negeri sakura, Jepang. Kopi ini juga merupakan kopi organik yang masih menggunakan sistem pengairan tradisional sehingga menciptakan tekstur dan rasa yang lembut.


Kopi Sidikalang

Photo credit: blogspot

Ayo tebak, kopi yang satu ini berasal darimana? Mungkin kamu masih cukup asing dengan nama kopi yang satu ini. Kopi Sidikalang berasal dari Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Dikenal sebagai icon kopinya Sumatera, siapa sangka, kopi ini sudah populer dan bersaing dengan kopi di negara Brazil.


Kopi Preanger

Photo credit: bukalapak

Kopi Jawa ternyata juga memiliki banyak jenis loh, salah satunya Kopi Preanger ini. Kopi Preanger sudah eksis dari zaman pendudukan Belanda di Indonesia. Sekarang, kopi ini sudah terkenal di Eropa dan penikmat kopi di Eropa menyebutnya a cup of Java untuk mengartikan secangkir kopi.


Kopi Lanang

Photo credit: blogspot

Kalau kamu berasal dari suku Jawa, pasti tahu dong apa itu arti lanang? Lanang dalam bahasa Jawa berarti laki-laki. Kopi yang kebanyakan diproduksi di daerah Jawa Timur ini, diyakini dapat menambah vitalitas para anak laki-laki yang masih bujang, loh. Kopi ini bisa menjadi pilihan untuk kamu yang suka begadang mengerjakan tugas dikarenakan kadar caffeinnya yang sangat tinggi.


Kopi Arang

Photo credit: brewminate

Kopi Arang berasal dari Jember ini memiliki proses pembuatan unik tersendiri dengan cara digosokkan sehingga melahirkan nama arang tersebut. Walaupun namanya Kopi Arang, rasanya tidak sepahit Arang kok, Sahabat Trivia. Kopi ini menjadi salah satu kopi terbaik di Jawa dan disebut sebagai ‘Java Jampit’ karena mempunyai aroma mirip cabai.


Kopi Luwak

Photo credit: look4ward

Paling banyak disukai dan diburu, tentu saja kopi yang satu ini tidak asing lagi ditelingamu. Kopi Luwak merupakan kopi paling populer bukan hanya di Indonesia, melainkan sampai luar negeri. Kepopulerannya ini dinilai bukan hanya dari harganya saja yang merupakan kopi termahal di dunia, melainkan cita rasanya yang sebanding dengan harga dijamin tidak akan membuatmu kecewa. Kopi Luwak didapatkan dari proses fermentasi yang unik yang langsung dilakukan dalam tubuh luwak.

BACA JUGA


Yuk, Kenali Jenis Kopi, Cara Pembuatannya, dan Macam-Macam Penyajiannya. Sahabat Trivia yang Suka Ngopi, Wajib Tahu Nih!

Yuk, Kenali Jenis Kopi, Cara Pembuatannya, dan Macam-Macam Penyajiannya. Sahabat Trivia yang Suka Ngopi, Wajib Tahu Nih!

Kopi merupakan minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan digiling menjadi bubuk. Di Indonesia sendiri, kopi merupakan minuman ...

Read more..

Produksi kopi Indonesia tentu membanggakan yah. Jenis kopi apa yang sudah pernah kamu coba, Sahabat Trivia?




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kopi Indonesia Terbaik yang Diburu Penikmat Kopi Dunia. Suka Nongkrong di Coffee Shop, Harus Tahu Dong!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Nadia Umara | @nadiaumara

Silahkan login untuk memberi komentar