Kuliner Khas Medan yang Lezatnya Tiada Tara. Siap-Siap Ngiler Yah, Sahabat Trivia!

Photo credit: Kumpulan Resep

Kuliner Khas Medan yang Lezatnya Tiada Tara. Siap-Siap Ngiler Yah, Sahabat Trivia!

1.2K
Sampai di Medan, tak lengkap rasanya kalau tidak cicipi 7 makanan khas yang hanya ada di kota Medan ini.

Mendengar kata Medan, sepertinya yang terbesit di benak kita adalah cara bicara lantang dan khas. Namun, ternyata Medan tidak hanya dikenal dengan orang-orangnya yang cantik dan tampan namun memiliki karisma lewat ketegasan mereka dalam berbicara, namun Medan juga menjadi salah satu kota di Indonesia yang memiliki segudang kuliner khas yang enak-enak dan pastinya harus kita cicipi meski hanya sekali seumur hidup.

Mampir ke kota Medan, memang wajib rasanya untuk menghampiri destinasi wisata yang sarat dengan sejarah nenek moyang. Tapi, yang tidak kalah wajib disambangi adalah kuliner-kuliner khas Medan yang hanya bisa kamu temukan di kota tersebut.

Kuliner khas kota Medan juga sangat mampu bersaing dengan kelezatan kuliner-kuliner khas kota lain di seluruh belahan Indonesia. Nah, kalau Sahabat Trivia sedang mampir ke kota Medan, kamu wajib untuk cicipi 7 jenis kuliner khas Medan yang memang hanya ada di kota Medan ini nih. Apa saja? Berikut ini daftar panganan khas Medan yang wajib kamu kunjungi saat sedang melancong ke sana.


1. Arsik ikan mas

Photo credit: Kumpulan Resep

Makanan yang satu ini adalah khas dari Batak Toba. Memiliki rasa yang sedikit getir dan asam karena adanya andaliman dan asam glugur sebagai bumbu dan rempahnya. Kalau mampir ke Medan, panganan ini cukup mudah ditemukan karena sudah banyak rumah makan di Medan yang menyajikan menu ini.


2. Durian Medan

Photo credit: pinterest

Durian mungkin bukanlah buah yang sulit juga ditemukan di Jakarta. Tapi percayalah Sahabat Trivia, durian Medan berbeda dari durian yang kita temui di Jakarta dan memang terkenal dengan kualitas dan rasanya yang luar biasa nikmat. Rasanya yang manis, berkulit tipis, daging tebal dan bijinya yang tidak terlalu besar inilah yang embuat durian Medan menjadi salah satu buah yang paling diincar saat mampir ke Medan. Tentu saja tidak sulit untuk menemukan durian di kota Medan, karena setiap malam, sepanjang jalan kota Medan pasti kita bisa menemukan penjual durian. Salah satu gerai durian yang paling sering dikunjungi adalah Gerai Ucok Durian.


3. Mi gomak

Photo credit: Resep Masakan

Tidak hanya di Italia, inilah spageti dari tanah Batak. Berasal dari daerah Balige, Tepian Danau Toba, mi ini berhasil mencuri selera makan dan menjadi santapan khas orang Medan. Salah satu yang membuatnya unik dan menjadi khas adalah rempah yang digunakan untuk memasak panganan ini hanya dijual di Sumatera Utara. Mi gomak juga biasa disebut dengan mi lidi karena bentuknya yang seperti lidi. Mi gomak akan lebih sedap lagi jika dimakan bersama kuah lontong dan bumbu kacang.


4. Lontong Medan

Photo credit: Indonesian Medan Food

Kalau biasanya kamu menyantap lontong sayur yang campuran dan rasanya sudah sangat familiar di lidah, jika mampir ke Medan, kamu akan menemukan lontong dengan berbagai campuran yang membuat lidah kamu bergoyang dan merasakan cita rasa yang tidak biasanya. Tidak berbeda jauh dengan Jakarta, lontong inilah yang biasanya menjadi menu sarapan orang-orang Medan. Campuran pada lontong Medan itu sendii adalah sambal teri kacang, tauco, mie, bumbu kacang, kuah sayur dan yang paling penting adalah tambahan kerupuknya.


5. Kerang rebus

Photo credit: MHM ASIA

Malam-malam merasa lapar di Medan? Keluar dan jalan-jalanlah Sahabat Trivia. Karena semakin malam, kuliner-kuliner enak dan unik kota Medan ini justru semakin bermunculan. Salah satu makanan yang menjadi idaman para pelancong saat ke Medan adalah mencicipi kerang rebus khas Tanjung Balai. Eits, ini bukan kerang rebus biasa, karena yang membuatnya berbeda adalah saus kacang bumbu nanas dengan racikan khusus yang membuat makanan ini memiliki rasa yang khas dan pastinya hanya ada di Medan.


6. Daun ubi tumbuk

Photo credit: Katalog Kuliner

Inilah sayuran khas yang dimiliki oleh kota Medan. Kamu yang berminat untuk mencicipinya saat mampir ke kota Meda, panganan ini dapat kamu temukan hampir di seluruh warung makan khas Mandailing, Medan. Biasanya, makanan ini akan lebih sedap lagi jika disandingkan dengan sambal terasi atau gulai ikan lele asap. Terdapat campuran khusus yang membuat makanan satu ini memiliki rasa yang berbeda adalah adanya buah cempoka atau buah rimbang dan kincong yang menjadi campuran utama pada masakan yang super enak ini. Jadi, kalau sudah sampai Meda, sempatkanlah makan paganan khas Batak yang satu ini ya.


7. Es krim tip-top

Photo credit: Panduan Wisata Medan

Restoran Tip-Top ini juga merupakan destinasi kuliner yang wajib dikunjungi oleh kamu yang sedang ada di Medan. Berdiri sejak tahun 1934 dan diyakini masih mewarisi resep dari nenek moyang secara turun temurun ini membuat menu makanan di sini tidak akan kamu temukan di daerah lainnya. Di restoran ini, kamu bisa cicipi es krim ala zaman Belanda. Rasa es krim yang khas dan beberapa menu makanan lain yang tidak kalah enak membuat kita selalu rindu ingin kembali mencicipi menu-menu yang ada di restoran satu ini.

BACA JUGA


Medan Menyimpan Banyak Pesona. Berikut Pesona Medan yang Perlu Kamu Tahu

Medan Menyimpan Banyak Pesona. Berikut Pesona Medan yang Perlu Kamu Tahu

Bosan ke Bandung, Jogjakarta atau Surabaya? Coba dong terbang lebih jauh lagi, Medan bisa banget lho kamu jadikan destinasi liburanmu ...

Read more..

Pesona kota Medan ternyata memang diimbangi dengan kuliner khasnya yang sangat menggugah selera. Duh, jadi pengin makan, makanan khas Medan ini ya, Sahabat Trivia!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kuliner Khas Medan yang Lezatnya Tiada Tara. Siap-Siap Ngiler Yah, Sahabat Trivia!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rezita Rani | @rezitarani

Silahkan login untuk memberi komentar