Lego, Mainan Masa Kecil yang Ternyata Punya Banyak Manfaat yang Nggak Disangka-Sangka

Lego, Mainan Masa Kecil yang Ternyata Punya Banyak Manfaat yang Nggak Disangka-Sangka

661
Ternyata, lego tidak hanya bermanfaaat bagi anak-anak saja lho, tapi juga untuk usia remaja dan dewasa. Ingin tahu apa saja manfaatnya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Pertengahan bulan lalu, di Mall Kota Kasablanka, Jakarta, lego mengajak anak Indonesia untuk merayakan hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-72 dengan bermain Lego di kegiatan #BuildingArchipeLEGO. Siapa sih yang nggak tahu mainan anak-anak yang bernama lego? Lego berasal dari Denmark. Mainan ini awalnya dibuat dari kayu dan terus berkembang hingga sekarang, dibuat dari plastik.

Rizka Sucianty Gunawan, selaku Trade Marketing Lego Indonesia, menginformasikan bahwa kali ini lego membawa slogan #BuildingArchipeLEGO untuk meriahkan hari Kemerdekaan Indonesia. Adapun maksud dari slogan tersebut mengajak seluruh anak Indonesia untuk mengasah kreativitas dan berkreasi penuh imajinasi dengan kepingan bricks lego yang menggambarkan keberagaman khas Indonesia yang tidak ada di negara lainnya.

Tak hanya menjelaskan tentang slogan baru dari lego saja, Rizka juga menjelaskan bahwa misi lego, yaitu Build The Builders for Tomorrow. Pada opening acara ini, Trivia dan teman-teman media juga diajak untuk sama-sama menyaksikan Display Lego 3D dalam bentuk Lambang Negara Indonesia, yaitu Burung Garuda Pancasila yang dibuat dari 3500 kepingan bricks oleh teman-teman (2 orang) dari PT ALJ Trading Indonesia (Perwakilan Resmi Lego Group Indonesia) selama 7 hari.


Selain, menyaksikan lego dalam bentuk burung garuda, Trivia juga menyimak presentasi dari Psikolog Klinis Liza Marielly Djaprie M.Psi,CH. Beliau memaparkan bahwa lego sangat bagus untuk semua kalangan, baik kalangan anak-anak sampai dewasa untuk meningkatkan kreativitas dan imajinasi. Bermain lego sejak kecil juga bagus untuk mengasah motorik halus dan presistensi, melatih kemampuan memecahkan masalah dan bermain kooperatif, menumbuhkan rasa percaya diri, dan belajar teknologi, ilmu pegetahuan, teknik dan matematika, juga merangsang kreativitas anak.

Siapa sih yang nggak tahu mainan yang bernama lego? Mainan yang satu ini tidak hanya bermanfaaat jika dimainkan oleh anak-anak saja lho, tapi juga untuk usia remaja dan dewasa. Mainan ini awalnya dibuat dari kayu dan terus berkembang hingga sekarang, dibuat dari plastik. Nah, mainan ini seiring perkemangan zaman, semakin berkembang baik dalam segi bentuk dan jenisnya. Sampai saat ini, lego bisa dimainkan oleh anak usia pre school sampai usia 99 tahun lho.

Ternyata, lego tidak hanya bermanfaaat bagi anak-anak saja lho, tapi juga untuk usia remaja dan dewasa. Ingin tahu apa saja manfaatnya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!


Manajemen stres

photo credit: warnaunyu

Stres banget dengan kerjaan di kantor atau tugas kuliah menumpuk dan mentok banget rasanya? Nah, bermain lego adalah solusi untuk lepas stres yang membelenggu kamu. Pada remaja dan dewasa, berdasarkan penelitian, bermain lego dapat mengurangi stres. Jadi, dengan bermain lego kamu akan merasa bahagia dan bisa jadi sarana refreshing. Nggak perlu jalan-jalan keluar kota, cukup main lego aja di rumah.


Menjadi wacana komunikasi sosial


Bermain lego sendiri memang menyenangkan, tapi akan lebih asyik lagi kalau kamu main lego bersama dengan teman atau keluarga. Pastinya lebih heboh dan bisa jadi sarana kamu untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar. Komunikasi yang baik akan menghasilkan hubungan yang baik dengan sesama.


Mengasah kemampuan untuk mendengarkan berbicara dan empati


Saat bermain lego, kamu akan memberikan perhatian penuh pada teman bermain melalui kontak mata. Berbeda kalau saat main gadget. Saat kita berbicara dan kontak mata ketika berkomunikasi adalah wujud menghargai yang pada akhirnya akan mengasah rasa empatimu.


Berkontribusi positif terhadap kesehatan mental


Martin L. Seligman menjelaskan bahwa "Hidup itu harus seimbang antara love, work and play." Terkadang kata 'play' yang orang lupa lakukan, khususnya orang dewasa yang sibuk bekerja. Bermain akan membuat hidup jadi seimbang dan menghilangkan stres dan emosi negatif lain yang akhirnya jika terus menumpuk bisa saja berbahaya pada kesehatan mental.


Membantu untuk meningkatkan produktivitas belajar serta bekerja


Mengutip kata Diane Ackerman, "Play is our brain's favorite way of learning." Bermain adalah cara yang menyenangkan untuk belajar. Dengan bermain lego, kamu bisa sekaligus bersenang-senang dan mengasah otakmu. Saat bermain lego, kamu akan menjalankan fungsi-fungsi otak seperti analisis, logika, imajinasi, dan menyelesaikan masalah.


Menjadi media untuk menyalurkan hobi


Untuk kamu yang suka dengan dunia fotografi, lego bisa jadi objek foto yang keren lho. Karena bentuk lego yang unik, banyak yang mencoba untuk mengambil foto lego. Wah, wajib kamu coba nih, Sahabat Trivia. Kalau kamu puas dengan hasil foto lego, kamu bisa join dengan Legographied, Komunitas Penggemar Fotografi Lego. Buat kamu yang penasaran seperti apa Komunitas Fotografi Lego, bisa cek akun media sosialnya.

BACA JUGA


Usir Rasa Bosan dan Jenuhmu dengan 10 Games Ini. Dijamin Bikin Waktu Kosongmu Jadi Lebih Asyik!

Usir Rasa Bosan dan Jenuhmu dengan 10 Games Ini. Dijamin Bikin Waktu Kosongmu Jadi Lebih Asyik!

Berikut ada 10 games yang akan mengisi kekosongan dan rasa bosanmu. Tenang, games ini tidak terlalu rumit dan tidak seberat game mobile ...

Read more..

Nah, banyak banget kan manfaatnya lego buat kamu? Jadi, kapan nih kamu mau main lego bareng?


Penulis: Tri Harto dan Marta Marselina




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Lego, Mainan Masa Kecil yang Ternyata Punya Banyak Manfaat yang Nggak Disangka-Sangka". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Trivia | @triviaid

Real stories of real life people

Silahkan login untuk memberi komentar